home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Kepribadian dan Profesi yang Sesuai untuk ENFP, Sang Komunikator yang Andal

Mengenal Kepribadian dan Profesi yang Sesuai untuk ENFP, Sang Komunikator yang Andal

ENFP adalah satu dari 16 tipe kepribadian yang dihasilkan dari tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini dibuat untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. ENFP cukup banyak dimiliki oleh masyarakat di dunia, yaitu setidaknya sekitar 8,1 persen. Lantas, seperti apa sih karakteristik orang dengan kepribadian ENFP? Apa kekuatan dan kelemahannya, dan karir apa yang cocok dengannya?

Apa arti dari ENFP?

Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs mengembangkan tes MBTI berdasarkan teori tipe kepribadian yang dicetuskan oleh Carl G. Jung. Mereka mengembangkan bentuk tes ini agar teori Carl Jung mudah dimengerti dan berguna dalam kehidupan masyarakat.

Untuk memudahkan pemahaman masyarakat tersebut, tipe kepribadian dalam MBTI diidentifikasi berdasarkan empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P). Dari empat skala tersebut, tipe kepribadian digambarkan dengan kode empat huruf, seperti INTJ, ENTP, dan 14 tipe lainnya, termasuk ENFP.

Berdasarkan penjelasan tersebut, ENFP adalah singkatan dari Extraversion (E), Intuition (N), Feeling (F), dan Perceiving (P). Untuk lebih jelasnya, berikut adalah arti dari masing-masing karakter tersebut:

  • Extraversion berarti seseorang dengan kepribadian ini senang berinteraksi dengan banyak orang. Ia akan merasa berenergi dan bersemangat jika bersosialisasi atau menghabiskan waktunya bersama orang lain. Orang seperti ini disebut juga memiliki kepribadian ekstrovert.
  • Intuition atau intuisi berarti fokus pada ide dan konsep, berpikir secara abstrak atau melihat gambaran besar daripada melihat detail yang kecil, serta fokus pada masa depan.
  • Feeling berarti ia membuat keputusan berdasarkan emosi atau perasaan dan nilai, daripada logika dan kriteria objektif. Orang ini cenderung mengikuti kata hatinya dan berempati pada orang lain.
  • Perceiving berarti ENFP cenderung bersikap spontan dan fleksibel. Ia lebih suka membiarkan opsinya tetap terbuka saat membuat keputusan, dan mudah beradaptasi dengan perubahan. Orang ini juga tidak menyukai rutinitas atau sesuatu yang terorganisir.

Psikolog David Keirsey, sebagaimana dilansir dari Online Personality Test, menyebut seseorang dengan kepribadian ENFP mendapat julukan The Champion atau The Campaigner (juru kampanye) karena kepiawaiannya dalam bicara. Ia sangat antusias ketika berbicara dengan orang lain dalam menyampaikan ide-idenya, mengungkap kebenaran, dan memotivasi orang lain.

Kelebihan yang dimiliki kepribadian ENFP

berkomunikasi dengan orang tuli

Seseorang dengan ENFP personality memiliki tanda-tanda atau karakteristik yang khas, baik secara positif dan negatif. Berikut adalah karakteristik positif atau kekuatan seseorang dengan kepribadian ENFP yang menonjol:

  • Komunikator yang baik

Seseorang dengan kepribadian ini memiliki kemampuan luar biasa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun lewat tulisan. Ia responsif terhadap perasaan orang lain, sehingga mampu menyelesaikan dan menyampaikan solusi serta ide-ide yang menyentuh dan menginspirasi orang lain dengan cara yang sangat alami dan tanpa paksaan.

  • Hangat dan antusias

Saat ENFP memiliki minat yang kuat pada sesuatu, ia cenderung melakukannya dengan baik dan bersemangat. Kemudian, saat menemukan ide-ide baru dari hal yang digelutinya tersebut, ia secara antusias menyampaikannya kepada orang lain. Ini dilakukan untuk dapat memotivasi dan menginspirasi orang tersebut.

  • Peduli pada orang lain

Seseorang dengan kepribadian ENFP memahami perasaan orang lain dengan cepat. Sebab itulah, ia memiliki empati yang tinggi serta sangat peduli pada orang. Bahkan, tak jarang, kepedulian dan pemahamannya itulah yang membuat ia kerap membantu menyelesaikan masalah orang lain.

  • Pribadi yang menyenangkan

Ia memiliki sifat spontan atau mudah beradaptasi dalam berbagai situasi. Selain itu, tidak seperti individu yang introvert, ia pun cenderung lebih suka bersosialisasi dan berkumpul bersama orang lain agar lebih bersemangat. Sebab itulah, ia bisa menjadi orang yang sangat menyenangkan agar bisa diterima oleh orang lain.

  • Pemimpin yang baik

Orang dengan kepribadian ini pun terkenal memiliki karisma karena mampu menginspirasi dan memiliki kepedulian terhadap orang lain. Ia pun cenderung kreatif dan imajinatif dalam mengeksplorasi segala ide yang muncul di benaknya. Sifat karismatik ditambah dengan kreativitas yang tinggi serta kemampuan komunikasi yang mumpuni tersebut membuat orang dengan kepribadian ini cenderung dapat menjadi pemimpin yang baik.

Kekurangan dari orang kepribadian ENFP

Di sisi lain, orang dengan kepribadian ini pun memiliki karakteristik secara negatif atau kekurangan (kelemahan). Berikut adalah beberapa kelemahan seseorang dengan kepribadian ENFP:

  • Tidak terorganisir dan mudah bosan

Seseorang dengan kepribadian ini tidak suka dengan segala sesuatu yang diatur dan diorganisir. Ia lebih bersifat fleksibel dengan segala kemungkinan. Oleh karena itu, ia cenderung mudah bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja dan mudah terdistraksi pada sesuatu yang baru yang dianggap lebih menarik.

  • Kurang disiplin

Sifat tidak terorganisir yang dimilikinya seringkali membuat ia menunda pekerjaan. Oleh karena itu, meski antusias, ia cenderung kurang disiplin dalam melakukan sesuatu.

  • Butuh pengakuan orang lain

Tak hanya untuk menginspirasi, orang dengan kepribadian ini pun membutuhkan pendapat orang lain tentang ide-ide yang disampaikannya. Pendapat orang lain ini kerap dibutuhkan untuk menyesuaikan dengan ide-idenya, dan karena sifat fleksibilitasnya dalam membuat keputusan.

Tidak hanya itu, orang ini pun cenderung berupaya untuk membuat dirinya berkesan di depan mata orang lain. Ini dilakukan agar ia dapat menjalin hubungan sosial lebih banyak.

Pekerjaan atau aktivitas yang cocok dengan kepribadian ENFP

memilih terapis seks

Berdasarkan karakteristik di atas, seseorang dengan kepribadian ENFP tidak menyukai jenis pekerjaan yang melibatkan tugas-tugas rutin.

Ia cenderung berhasil pada pekerjaan yang bersifat fleksibel. Selain itu, karena empatinya pada orang lain, ia pun seringkali memilih pekerjaan yang berorientasi pada layanan.

Berikut adalah beberapa jenis karir yang umumnya cocok dengan kepribadian ENFP:

  • Psikolog
  • Jurnalis
  • Aktor
  • Pekerja sosial
  • Konselor
  • Politisi
  • Praktisi humas
  • Penulis
  • Perawat
  • Ahli gizi

Cek Kadar Alkohol Dalam Darah

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Myers & Briggs Foundation – MBTI® Basics. Myersbriggs.org. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/.

The Myers & Briggs Foundation – The 16 MBTI® Types. Myersbriggs.org. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/the-16-mbti-types.htm.

ENFP. Cpp.edu. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.cpp.edu/~career/mbti/enfp.html.

How ENFP Relationships Work Out With Each Meyers Briggs Type. Lifehack. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.lifehack.org/789027/enfp-relationships.

Kennerly, A. (2021). ENFP “The Campaigner” Personality Type – Meaning, Traits, Functions. The Career Project. Retrieved 8 February 2021, from https://www.thecareerproject.org/blog/enfp/.

I’m a ‘Champion’ – What Careers and Majors Work Well with Your Personality Type?. Bsu.edu. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.bsu.edu/about/administrativeoffices/careercenter/tools-resources/personality-types/enfp#accordion_careers.

ENFP Personality Type: Traits and Characteristics. Online Personality Tests. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.onlinepersonalitytests.org/personality-test/enfp/.

Your ENFP Personality Type – CAPT.org. Capt.org. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.capt.org/type-for-life/mbti-type-enfp.htm.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 05/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x