Mata Tetap Sehat Meskipun Sering Menggunakan Komputer dengan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 21 September 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Terlalu sering melihat layar komputer atau layar elektronik akan membuat mata Anda bekerja lebih keras. Akibatnya, fungsi penglihatan bisa semakin menurun sampai akhirnya mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata bagi para pengguna komputer sangat penting agar kegiatan harian Anda tak terhalang. 

Tips menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer

Seperti yang dilansir dari Harvard Health, layar komputer dan layar digital lainnya dapat menyebabkan dua hal, yaitu mata kering akibat jarang berkedip dan mata terasa lelah

Hal tersebut disebabkan oleh sumber cahaya dari layar barang elektronik yang membuat mata Anda terasa tidak nyaman. Akibatnya, Anda kesulitan mengamati teks dan gambar pada layar komputer, sehingga mengganggu pekerjaan Anda. 

Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, terutama bagi para pengguna komputer. Mulai dari mengatur posisi layar hingga memakai kacamata anti-radiasi. 

1. Menggunakan kacamata anti-radiasi

kacamata anti radiasi komputer
Sumber: https://www.verywell.com/contacts-for-people-over-40-3421627

Menurut American Optometric Association, para pengguna komputer disarankan memakai kacamata anti-radiasi yang dibuat khusus untuk melihat layar komputer. Hal ini dikarenakan cahaya dari layar mengandung radiasi yang dapat mengganggu indra penglihatan Anda.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah menggunakan kacamata, coba periksa kembali apakah kacamata Anda telah memiliki fitur anti-radiasi. Bagi yang tidak menggunakan kacamata untuk kegiatan sehari-hari, Anda bisa memakainya hanya ketika beraktivitas di depan komputer.

2. Mengubah posisi tubuh dan komputer

terlalu lama depan komputer

Selain kacamata anti-radiasi, para pengguna komputer juga dapat menjaga kesehatan mata mereka dengan mengubah posisi tubuh saat berhadapan dengan komputer.

Ada beberapa faktor yang berasal dari komputer dan posisi tubuh Anda yang mengakibatkan masalah penglihatan. Mulai dari pencahayaan, letak monitor, posisi kursi, hingga durasi istirahat. 

  • Posisi layar komputer sebenarnya direkomendasikan harus 15-20° di bawah mata Anda, yaitu sekitar 10-13 cm yang diukur dari tengah layar dan 50-70 cm dari mata Anda. 
  • Menutupi sumber cahaya dari luar dengan gorden atau tirai dan memakai lampu meja agar terhindar dari silau. 
  • Posisi duduk pun harus senyaman mungkin dengan mengatur tinggi kursi agar Anda bisa menjejakkan kaki di lantai. Selain itu, mengubah posisi lengan kursi agar Anda tidak menyentuh keyboard ketika mengetik. 
  • Mengistirahatkan mata selama 15 menit setelah menatap layar komputer lebih dari dua jam tanpa istirahat. Setiap 20 menit sekali, usahakan untuk menatap ke arah selain layar selama 20 detik agar mata Anda berganti fokus. 
  • Jangan lupa untuk sering berkedip untuk menjaga permukaan bola mata tetap lembap. 

3. Konsumsi makanan sehat

makanan untuk mata

Supaya mata Anda tetap sehat meskipun sering menggunakan komputer, biasakan mengonsumsi makanan yang sehat. 

Menurut American Academy of Ophthalmology, terdapat empat jenis makanan yang bisa membantu menjaga mata tetap sehat, yaitu:

  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kubis yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang tinggi. Keduanya berguna untuk menurunkan berbagai risiko penyakit mata. 
  • Buah-buahan citrus, seperti jeruk dan lemon karena memiliki vitamin C yang berperan sebagai antioksidan pada kesehatan mata Anda. 
  • Kacang-kacangan dan tiram yang mengandung seng, senyawa mineral yang penting untuk kesehatan mata karena membantu Anda melindungi mata dari cahaya. 
  • Jenis ikan yang tinggal di air dingin, seperit salmon, tuna, dan sarden karena mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit mata di kemudian hari. 

4. Rutin memeriksakan mata ke dokter

Tidak hanya memperhatikan asupan makan dan posisi tubuh, Anda pun dianjurkan untuk rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter. Mungkin Anda merasa mata Anda baik-baik saja karena gejala yang terlihat belum terlalu mengganggu. 

Akan tetapi, bisa saja tanpa Anda sadari mata Anda mulai rusak. Oleh karena itu, disarankan bagi para pengguna komputer untuk rutin memeriksakan diri demi menjaga kesehatan mata mereka. 

Hal ini bertujuan agar komplikasi dan penyakit mata lainnya dapat dicegah karena terlalu sering menghadap layar komputer dan digital lainnya.

Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang cukup penting untuk semua orang, terutama para pengguna komputer sehari-harinya. Jika Anda sudah mulai merasakan gejala-gejala yang membuat penglihatan Anda terganggu, segera periksakan mata Anda ke dokter agar Anda tahu apa penyebab dan cara penanganannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Kacamata Anti Radiasi Komputer Efektif untuk Melindungi Mata?

Untuk mengurangi pancaran radiasi layar komputer, banyak orang pakai kacamata anti radiasi. Namun, apa kacamata ini benar efektif melindungi mata?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 9 Maret 2018 . Waktu baca 5 menit

Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gadget Dengan Teknik 20-20-20

Setiap hari menghadap layar gadget? Hati-hati, kebiasaan ini bisa membuat mata cepat lelah dan rusak. Yuk, cegah mata lelah dengan teknik 20-20-20.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 5 Februari 2018 . Waktu baca 4 menit

Mencegah Blefaritis, Infeksi Kelopak Mata Akibat Makeup Mata

Kalau Anda sering pakai maskara, eyeliner, atau eyeshadow, ada aturan yang wajib dipatuhi supaya Anda tak terkena infeksi kelopak mata atau blefaritis.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Penyakit Infeksi, Infeksi Bakteri 8 Agustus 2017 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Mata Anda Mengalami Diplopia (Penglihatan Ganda)

Jika Anda melihat satu benda tapi tampak sebagai dua benda, Anda mungkin mengalami diplopia. Simak penyebab diplopia dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 2 Juli 2017 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

risiko kesehatan akibat terlalu lama menatap layar komputer

Risiko Kesehatan Setelah Menatap Layar Komputer Terlalu Lama

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
meeting online melelahkan

Fenomena Zoom Fatigue, Meeting Online yang Melelahkan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit
menjaga kesehatan mata

4 Kiat Manjur Menjaga Kesehatan Mata Buat Generasi Milenial (Usia 20-30an)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2018 . Waktu baca 3 menit
periksa mata anak

Kapan Sebaiknya Anak Mulai Periksa Mata?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 6 April 2018 . Waktu baca 4 menit