Pemeriksaan Telinga Di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu pemeriksaan telinga di rumah?

Pemeriksaan telinga di rumah adalah inspeksi saluran telinga dan gendang telinga dengan alat bernama otoskop. Otoskop adalah instrumen genggam dengan lampu, kaca pembesar, dan tempat mengamati berbentuk corong dengan ujung yang sempit dan runcing yang disebut spekulum. Pemeriksaan telinga di rumah dapat membantu mendeteksi banyak masalah telinga, misalnya infeksi telinga, kotoran telinga berlebihan, atau benda dalam saluran telinga.

Setelah menerima instruksi dan latihan dari dokter, pemeriksaan telinga di rumah bisa berguna bagi orangtua yang memiliki anak kecil yang sering terkena infeksi telinga dan sakit telinga. Anak kadang-kadang mungkin memiliki infeksi telinga yang gejala luarnya mungkin rewel, demam, atau menarik-narik telinga. Pemeriksaan telinga di rumah mungkin membantu menemukan penyebab gejala ini. Namun, bisa sulit belajar menggunakan otoskop, dan beberapa otoskop berkualitas buruk. Pemeriksaan dengan dokter seringkali diperlukan.

Kapan saya harus menjalani pemeriksaan telinga di rumah?

Pemeriksaan telinga di rumah dapat dilakukan untuk:

  • melihat tanda infeksi saat orang mengalami sakit telinga atau anak kecil memiliki gejala yang samar-samar
  • memeriksa benda asing dalam telinga seperti serangga atau kacang
  • memeriksa tumpukan kotoran telinga jika orang mengeluhkan kehilangan pendengaran atau telinga tersumbat atau tertekan

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani pemeriksaan telinga di rumah?

Beberapa otoskop di rumah menggunakan gelombang suara yang memantul di dalam gendang telinga untuk mendeteksi otitis media dengan efusi (cairan dalam telinga tengah). Kotoran telinga adalah sekresi normal yang melindungi saluran telinga. Kotoran telinga biasanya mengering dengan sendirinya, dan Anda hanya perlu membersihkan bagian luar telinga. Jangan pernah membersihkan saluran telinga dengan cotton bud, jepit rambut, klip kertas, atau kuku jari, yang mungkin merusak saluran atau gendang telinga dan bisa mendorong kotoran lebih jauh ke dalam saluran telinga.

Apapun yang Anda lihat dengan otoskop, hubungi dokter jika Anda atau anak Anda mengalami:

  • sakit telinga parah, terutama jika anak demam
  • mendadak kehilangan pendengaran
  • pusing
  • tidak bisa menggerakkan otot pada salah satu sisi wajah (kelumpuhan saraf wajah)
  • salah satu atau kedua telinga terus berdenging
  • keluar cairan dari salah satu atau kedua telinga

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani pemeriksaan telinga di rumah?

Tidak ada persiapan khusus yang diperlukan sebelum melakukan tes ini. Selalu ingat membersihkan spekulum telinga dengan air sabun hangat sebelum menggunakannya.

Bagaimana proses pemeriksaan telinga di rumah?

Jika Anda akan memeriksa anak kecil, suruh anak berbaring dengan kepala menyamping, atau duduk di pangkuan orang dewasa dan mengistirahatkan kepala di atas dada orang dewasa. Anak yang lebih tua atau orang dewasa bisa duduk dengan kepala sedikit dimiringkan ke arah bahu yang berlawanan. Duduk adalah posisi terbaik untuk mengidentifikasi otitis media dengan efusi (cairan di belakang gendang telinga). Pilih ukuran alat pengamatan terbesar yang bisa muat ke dalam saluran saluran telinga. Jika hanya salah satu telinga yang bermasalah, tetap periksa telinga satunya lagi untuk mempermudah dalam menentukan apa yang berbeda dari telinga yang sakit.

Jika memeriksa telinga anak di atas 12 bulan atau orang dewasa, pegang otoskop dengan satu tangan dan gunakan tangan satunya lagi untuk menarik telinga luar atas dan belakang dengan lembut. Ini akan meluruskan saluran telinga dan memudahkan Anda melihat bagian dalamnya. Pada bayi di bawah 12 bulan, tarik telinga luar ke bawah dan ke belakang dengan lembut. Sekarang, perlahan masukkan ujung yang runcing pada alat pengamat ke dalam saluran telinga sambil melihat ke dalam otoskop. Sisi saluran telinga bisa sangat sensitif, sehingga jangan mencoba menekan saluran telinga. Tumpukan tangan Anda di atas wajah orang yang diperiksa, sehingga tangan Anda ikut bergerak bersama kepala mereka kalau mereka bergerak dengan cepat.

Jangan menggerakkan otoskop ke depan tanpa melihat ke dalamnya. Pastikan Anda dapat melihat jalur melalui saluran telinga. Anda tidak perlu memasukkan alat pengamat sangat jauh ke dalam telinga karena cahaya lampu bisa menyebar sampai ke ujung. Arahkan ujung alat pengamat sedikit menuju hidung orang untuk mengikuti sudut saluran yang normal. Saat melihat melalui otoskop, pindahkan dengan lembut pada sudut yang berbeda-beda sehingga Anda bisa melihat dinding saluran dan gendang telinga. Hentikan jika penderita merasakan sakit yang makin meningkat.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani pemeriksaan telinga di rumah?

Tanyakan dokter untuk mengulas kembali teknik ini dengan Anda dan untuk mengamati Anda melakukan pemeriksaan. Kemudian, praktekkan pada orang dewasa yang sehat dan memiliki kemauan sehingga Anda bisa belajar seperti apa saluran dan gendang telinga yang normal. Jangan kecewa bila Anda tidak dapat melihat gendang telinga awalnya karena hal ini membutuhkan praktek dan pengalaman.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Saluran telinga

Normal: saluran telinga bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan warna. Saluran telinga berwarna seperti kulit dan mengandung rambut halus dan biasanya sejumlah kotoran telinga berwarna coklat kekuningan atau kemerahan.

Abnormal: muncul rasa sakit sata telinga luar ditarik atau digoyangkan. Saluran telinga berwarna merah, lunak, membengkak, atau berisi nanah.

Gendang telinga

Normal: gendang telinga berwarna putih seperti mutiara atau abu-abu muda, dan Anda bisa melihatnya. Anda bisa melihat tulang kecil telinga tengah yang mendorong gendang telinga. Anda melihat cahaya berbentuk kerucut, disebut “refleks cahaya”, memantulkan permukaan gendang telinga. Kerucut cahaya ini berada di posisi pukul 5 di telinga kanan dan pukul 7 di telinga kiri.

Abnormal: cahaya yang memantul di gendang telinga terlihat memudar atau absen. Gendang telinga berwarna merah dan menggembung. Anda mungkin melihat gelembung atau cairan berwarna kuning di belakang gendang telinga, lubang dalam gendang telinga (perforasi), dan jaringan parut berwarna putih di permukaan gendang telinga. Jika anak Anda telah dipasangkan selang di dalam telinga, Anda mungkin juga melihat selang plastik kecil yang biasanya berwarna biru atau hijau. Gendang telinga tersumbat oleh kotoran telinga atau benda, seperti kacang atau manik.

Catatan: jika Anda melihat saluran yang meradang, nanah, atau gendang telinga yang berwarna pudar atau memerah, cairan di belakang gendang telinga, lubang dalam gendang telinga, atau benda asing dalam telinga, hubungi dokter.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber