Aglutinin Dingin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu aglutinin dingin?

Tes darah aglutinin dingin merupakan tes untuk memeriksa suatu kondisi ketika tubuh membentuk beberapa jenis antibodi yang disebut aglutinin dingin. Pada umumnya, aglutinin dingin diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respon terhadap infeksi. Jenis antibodi ini menyebabkan sel-sel darah merah menggumpal (aglutinasi) pada suhu rendah.

Darah orang sehat umumnya mengandung tingkat aglutinin dingin yang rendah. Tapi limfoma atau infeksi, seperti mycoplasma pneumonia, dapat membuat produksi aglutinin dingin meningkat.

Tingkat aglutinin dingin di atas batas normal umumnya bukan merupakan masalah serius. Sebagai respon terhadap dingin, tingkat aglutinin dingin yang tinggi menyebabkan darah menggumpal di pembuluh darah bawah kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi pucat dan membuat tangan dan kaki mati rasa. Namun, kulit akan kembali normal setelah dihangatkan. Dalam beberapa kasus, gumpalan sel darah dapat menghentikan aliran darah ke ujung jemari, jari kaki, telinga, atau hidung. Kasus ini serupa dengan frostbite atau radang dingin yang berdampak pada kerusakan jaringan tubuh. Dalam kasus yang jarang terjadi, gumpalan sel darah dapat menyebabkan gangren.

Terkadang, tingkat aglutinin dingin yang tinggi dapat menghancurkan sel-sel darah merah di seluruh tubuh. Kondisi ini disebut autoimmune hemolytic anemia (atau anemia hemolitik autoimun).

Kapan saya harus menjalani aglutinin dingin?

Tes ini diberikan kepada seseorang yang sensitif terhadap temperatur dingin dan  menunjukkan gejala anemia hemolitik yang mungkin disebabkan oleh penyakit aglutinin dingin. Gejalanya meliputi:

  • lelah, lemah, kurang energi, kulit pucat, pusing dan/atau sakit kepala dari anemia
  • dalam beberapa kasus, anggota tubuh seperti jari, kaki, telinga, dan ujung hidung nyeri dan membiru ketika terkena paparan dingin

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani aglutinin dingin?

Lebih dari setengah penderita pneumonia yang disebabkan oleh mycoplasma, memiliki tingkat aglutinin dingin yang tinggi. Sehingga, dibuatlah tes terbaru untuk mycoplasma pneumonia yang dapat mengganti tes darah aglutinin dingin. Namun, jika gumpalan sel darah merah (disebut formasi Rouleaux) terlihat melalui tes complete blood count (CBC), dokter mungkin akan menyarankan Anda melakukan tes aglutinin dingin. Sebelum melakukan transfusi darah atau transplantasi organ, tes golongan darah perlu dilakukan untuk memastikan bahwa darah pendonor dan penerima cocok. Seseorang dengan darah yang mengandung tingkat aglutinin dingin yang tinggi mungkin akan kesulitan mengetik.

Orang tua memiliki titer aglutinin dingin yang tinggi dan cenderung tetap (tidak berubah) selama bertahun-tahun. Tes aglutinin dingin mungkin jarang digunakan untuk mengidentifikasi peningkatan aglutinin dingin pada pasien yang didiagnosis mengidap secondary cold agglutinin disease, seperti infeksi mononucleosis atau infeksi mycoplasma pneumonia. Karena tidak diperuntukkan bagi kondisi yang spesifik seperti itu, maka tes ini tidak digunakan.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani aglutinin dingin?

Tidak ada persiapan khusus sebelum menjalani tes ini.

Bagaimana proses aglutinin dingin?

Tenaga medis yang bertugas mengambil darah Anda akan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • melilitkan sabuk elastis di sekitar lengan bagian atas Anda untuk menghentikan aliran darah. Hal ini membuat pembuluh darah di bawah ikatan membesar sehingga memudahkan untuk menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh
  • membersihkan bagian yang akan disuntikkan dengan alkohol
  • menyuntikkan jarum ke dalam pembuluh darah. Mungkin diperlukan lebih dari satu jarum.
  • memasangkan tabung ke jarum suntik untuk diisi dengan darah
  • melepaskan ikatan dari lengan Anda ketika pengambilan darah dirasa sudah cukup
  • menempelkan kain kasa atau kapas pada bagian yang disuntik, setelah selesai disuntik
  • memberi tekanan pada bagian tersebut dan kemudian memasang perban

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani aglutinin dingin?

Petugas medis akan melilitkan lengan menggunakan tali elastis hingga terasa sedikit ketat. Kemudian, jarum kecil akan disuntikkan tepat di bagian vena. Proses ini relatif cepat tanpa rasa sakit. Jarum yang ditusukkan mungkin hanya akan terasa seperti sengatan atau cubitan kecil. Lepaskan plester dan kapas setelah 20 sampai 30 menit. Setelah itu, Anda tinggal menunggu hasil tes keluar. Dokter akan menjelaskan hasil tes dan memberikan instruksi lebih lanjut.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Normal

Kisaran normal untuk setiap tes mungkin berbeda-beda, tergantung pada laboratorium yang Anda pilih. Dengan demikian, kisaran normal yang ditetapkan tidak bersifat mutlak. Dokter akan memeriksa hasil tes dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan pasien serta faktor-faktor lain yang mungkin dapat mengurangi akurasi hasil tes.

Titer normal: Kurang dari 1 sampai 16 (1:16) pada 4 C

Abnormal

Tingginya titer aglutinin dingin dapat disebabkan oleh infeksi, seperti pneumonia yang disebabkan oleh mycoplasma, mononukleosis, hepatitis C, atau infeksi virus lainnya.

Pada temperatur dingin, titer aglutinin dingin yang tinggi dapat menyebabkan ujung jemari, jari kaki, telinga, atau hidung mati rasa, terbakar, nyeri, dan menjadi pucat. Seseorang yang memiliki titer yang sangat tinggi lebih berisiko mengalami trombosis ketika terpapar suhu rendah.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca