Ragam Pilihan Obat dan Pengobatan untuk Alergi Dingin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 November 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Cuaca dingin atau musim hujan mungkin merupakan musuh terbesar bagi Anda yang punya alergi dingin. Pasalnya, kulit akan langsung bereaksi dengan munculnya ruam merah dan rasa gatal yang mengganggu. Meski demikian, ada beberapa pilihan obat dan perawatan yang dapat membantu Anda mengatasi alergi dingin.

Apa saja pilihan pengobatan yang tersedia?

Obat alami untuk alergi dingin

menghilangkan ketombe

Selama gejala muncul dan perawatan masih berjalan, dokter biasanya menyarankan pasien untuk menghindari pemicu atau penyebab alergi dingin. Anda mungkin perlu menghindari tempat bersuhu rendah, memegang benda dingin, serta tidak mandi terlalu pagi.

Jika keduanya masih belum cukup membantu, Anda dapat mencoba beberapa obat alami di bawah ini untuk meredakan gejala alergi dingin.

1. Lidah buaya

Sensasi dingin dari gel lidah buaya dapat menenangkan kulit yang gatal meradang akibat alergi dingin. Sifat antiperadangan dari tanaman lidah buaya juga dipercaya membantu memudarkan ruam merah di kulit.

Cara pakainya sebagai obat alami alergi dingin pun cukup mudah. Oleskan sedikit pada kulit untuk memastikan Anda tidak alergi terhadap bahan ini. Jika tidak ada rasa gatal atau keluhan lainnya, Anda bisa mulai menggunakannya secara rutin.

2. Minyak pohon teh (tea tree oil)

Minyak pohon teh mengandung sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri yang diyakini bisa mengatasi gatal pada kulit akibat alergi. Minyak pohon teh juga dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit akibat peradangan alergi.

Namun perlu dicatat, tidak semua orang dengan alergi dingin bisa menggunakan obat alami ini. Anda wajib berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, mengingat minyak pohon teh dapat menyebabkan dermatitis kontak pada sebagian orang.

Minyak pohon teh juga harus digunakan dengan hati-hati. Hanya gunakan minyak ini dengan dioleskan ke kulit, tidak diminum atau diteteskan ke mata. Kontak langsung dengan tubuh berisiko menyebabkan iritasi dan sederet efek samping lainnya.

Gejala Alergi Dingin Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali

3. Mandi oatmeal

Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang dapat dijadikan obat kulit gatal karena alergi dingin. Gandum yang merupakan bahan bakunya mengandung zat antioksidan dan antiradang yang dipercaya dapat menenangkan gatal pada kulit yang meradang.

Oatmeal untuk mandi adalah yang berbentuk butiran halus seperti tepung. Anda dapat membelinya atau membuatnya sendiri dengan menghaluskan gandum menggunakan blender. Bila oatmeal sudah tersedia, berikut cara mandi oatmeal yang benar.

  1. Tambahkan 1 cangkir tepung oatmeal ke dalam bak berisi air hangat. Jangan gunakan air panas karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang gatal.
  2. Campurkan oatmeal secara menyeluruh ke dalam air mandi.
  3. Berendamlah kira-kira selama 30 menit.
  4. Setelah 30 menit, bilas diri Anda dengan mandi air suhu biasa sampai bersih.

4. Quercetin

Quercetin adalah sejenis antioksidan yang ditemukan pada bawang bombay dan apel. Satu studi tahun 2013 dalam jurnal International Immunopharmacology menunjukkan bahwa  quercetin dapat berperan seperti obat antihistamin alami untuk alergi dingin.

Penelitian mengenai quercetin memang baru diuji pada hewan. Meski begitu, tak ada salahnya menyertakan apel atau bawang bombay dalam menu harian Anda untuk membantu meredakan gatal akibat alergi dingin.

Obat alergi dingin dengan atau tanpa resep dokter

alergi obat antibiotik

Sebenarnya tidak ada satu pun obat yang khusus ditujukan untuk alergi dingin. Dokter biasanya meresepkan kombinasi beberapa jenis obat alergi umum untuk meredakan reaksi yang muncul dan mencegahnya kambuh kembali.

Terapi obat untuk alergi dingin juga dapat digabungkan dengan obat-obatan lain sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, obat alergi digabungkan dengan obat untuk meredakan nyeri, menurunkan demam, atau mengatasi pilek sesuai gejala alergi yang muncul.

Sebelum menggunakan obat alergi, pastikan Anda sudah berdiskusi dengan dokter. Perlu diingat bahwa obat alergi pun dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Konsultasi berguna untuk menentukan jenis obat yang sebaiknya Anda hindari.

Dilansir dari DermNet New Zealand, ada beberapa obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengatasi gejala alergi dingin, yaitu:

1. Antihistamin

Konsumsi antihistamin adalah salah satu cara pertama untuk mengatasi alergi dingin. Obat ini bekerja dengan menghambat pelepasan histamin, yakni salah satu zat kimia dalam reaksi alergi yang menimbulkan gejala berupa gatal, biduran, dan ruam.

Beberapa contoh antihistamin untuk mengatasi gatal biduran adalah diphenhydramine, loratadine, dan cetirizine. Antihistamin bisa didapatkan dalam bentuk tablet, krim, atau suntikan. Namun, suntikan hanya diberikan pada kasus alergi yang parah.

2. Kortikosteroid sistemik

Kortikosteroid sistemik merupakan obat antiradang kuat yang biasa diresepkan dalam bentuk obat minum dan suntik untuk mengatasi gejala alergi dingin. Contoh obat kortikosteroid sistemik adalah prednisone dan prednisolone.

Beberapa obat kortikosteroid diberikan pada pagi hari selama 2-4 minggu pertama. Selanjutnya, dokter perlu mengamati hasil dan efeknya lebih lanjut untuk menentukan apakah Anda perlu menyesuaikan dosisnya.

Penggunaan obat kortikosteroid sistemik harus dengan pengawasan dokter karena obat ini memiliki sejumlah efek samping. Terlebih lagi bila Anda meminumnya dengan dosis tinggi (lebih dari 20 mg per hari) dan dalam jangka panjang.

Efek samping yang bisa ditimbulkan kortikosteroid antara lain:

  • gangguan tidur,
  • peningkatan nafsu makan,
  • kenaikan berat badan,
  • peningkatan gula darah 2 jam setelah makan, dan
  • efek psikologis tertentu.

3. Leukotriene receptor antagonist

Leukotriene receptor antagonist bekerja dengan menghambat efek leukotrien di dalam tubuh. Leukotrien adalah salah satu zat kimia yang dilepaskan dalam reaksi alergi dan menimbulkan sejumlah gejala, terutama peradangan dan biduran.

Contoh leukotriene receptor antagonist yakni montelukast, zafirlukast, dan pranlukast. Obat yang dikenal pula sebagai antileukotriene ini tersedia dalam bentuk minum. Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

4. Omalizumab

Omalizumab adalah terapi obat garis kedua untuk pengobatan biduran. Dilansir dari Mayo Clinic, obat ini diresepkan untuk orang dengan alergi dingin yang tidak berhasil menggunakan obat antihistamin atau obat kortikosteroid sistemik.

Omalizumab tidak dapat digunakan secara sembarangan. Obat ini diberikan melalui suntikan di permukaan kulit setiap 4 minggu sekali. Jadi. penggunaannya akan selalu di bawah pengawasan dokter.

Obat darurat untuk reaksi alergi dingin yang parah

cara mengatasi alergi dingin epipen

Alergi dingin jarang menyebabkan reaksi yang membahayakan jiwa. Akan tetapi, pada beberapa penderita, alergen dari lingkungan sekitar dapat memicu reaksi parah yang disebut syok anafilaksis. Kondisi ini harus ditangani dengan obat berupa epinefrin.

Anafilaksis menyebabkan sesak bernapas, peningkatan detak jantung dengan denyut yang lemah, dan penurunan tekanan darah secara drastis. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat mengakibatkan koma hingga kematian.

Epinefrin bekerja dengan menghentikan reaksi tersebut dan mengembalikan kondisi di dalam tubuh seperti semula. Namun, obat ini harus digunakan segera setelah gejala alergi muncul agar efeknya lebih optimal.

Jika Anda rentan mengalami anafilaksis, Anda harus menyediakan epinefrin di rumah dan membawanya ke mana pun Anda pergi. Pelajari cara pemakaiannya dan beritahu kepada orang terdekat Anda sebagai langkah pertolongan pertama bila alergi kambuh.

Mencegah alergi dingin kambuh

makanan menghangatkan tubuh

Cara terbaik mencegah kambuhnya alergi dingin adalah dengan menghindari paparan suhu dingin sebisa mungkin. Hal ini memang tidak mudah, tapi Anda bisa menyiasatinya dengan tips berikut.

  • Mandi pagi dengan air hangat.
  • Minum air bersuhu ruang tanpa menambahkan es batu.
  • Membatasi minuman dingin, es krim, dan produk dingin sejenisnya.
  • Mengenakan pakaian berlengan panjang saat musim penghujan. Gunakan sarung tangan, topi, dan syal bila perlu.
  • Memeriksa suhu air sebelum berendam atau berenang. Jika Anda gemar berenang, pilihlah kolam renang dengan air yang lebih hangat.
  • Meminum obat antihistamin sebelum bepergian ke tempat bersuhu rendah.

Alergi dingin adalah salah satu jenis alergi yang paling umum. Anda dapat mengatasi alergi dingin yang ringan dengan cara menghindari pemicunya serta memanfaatkan bahan-bahan alami pada kulit yang mengalami biduran.

Jika obat alami tidak mempan meredakan gejala alergi dingin, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Obat-obatan tidak hanya bermanfaat untuk meredakan gejala, tapi juga mencegah kambuhnya penyakit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

Pengukuran tekanan darah banyak dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari. Apakah akan ada perbedaan tekanan darah, jika dilakukan di lain waktu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Panduan Memilih Makanan yang Tepat Kalau Maag Anda Sering Kambuh

Selain mengonsumsi obat, Anda yang memiliki sakit maag juga perlu mengubah pola makan dengan memilah-milah jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Gangguan Pencernaan, Gastritis, Health Centers 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Osteopenia

Osteopenia adalah kondisi pengeroposan tulang sebelum berlanjut menjadi osteoporosis. Yuk, pelajari lebih dalam gejala, penyebab, dan cara mengobatinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk kuku

6 Makanan untuk Membuat Kuku Kuat dan Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
pasca operasi usus buntu

Semua Hal yang Perlu Anda Perhatikan Setelah Jalani Operasi Usus Buntu

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 4 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
veneer gigi

Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Veneer Gigi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit
hamil di usia 20-an

Kelebihan dan Kekurangan Hamil di Usia 20-an

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit