Tetralogy of Fallot (TOF)

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/05/2020
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu Tetralogy of Fallot (TOF)?

Tetralogy of Fallot atau Tetralogi of Fallot (TOF) adalah kelainan atau cacat lahir yang mengganggu aliran darah normal melalui organ jantung.

Tetralogy of Fallot (TOF) adalah kelainan atau cacat lahir bawaan yang ditandai dengan kombinasi dari empat cacat jantung.

Tetralogy of Fallot (TOF) ini terjadi ketika jantung bayi tidak terbentuk dengan benar selama masa perkembangan di dalam kandungan.

Kondisi cacat lahir pada bayi yang satu ini memengaruhi bentuk struktur jantung sehingga menyebabkan darah yang kekurangan oksigen mengalir keluar jantung dan menyebar di seluruh tubuh.

Padahal normalnya, darah dengan kandungan oksigen yang seharusnya diedarkan ke seluruh bagian tubuh.

Itulah mengapa bayi dan anak-anak dengan Tetralogy of Fallot (TOF) biasanya memiliki kulit berwarna kebiruan akibat darah di sekujur tubuhnya tidak memiliki kandungan oksigen yang cukup.

Tetralogy of Fallot atau Tetralogi of Fallot (TOF) adalah cacat lahir yang umumnya ditemukan sejak bayi baru lahir atau beberapa waktu setelahnya.

Akan tetapi, ada juga Tetralogi of Fallot yang baru terdeteksi di kemudian hari setelah anak tumbuh dewasa. Hal ini biasanya tergantung dari tingkat keparahan gejala dari cacat lahir ini.

Apa saja bentuk kelainan dari Tetralogy of Fallot (TOF)?

Bentuk kelainan jatung pada bayi dan anak dengan Tetralogy of Fallot atau Tetralogi of Fallot (TOF) adalah sebagai berikut:

Ventricular septal defect (cacat septum ventrikel)

Adanya lubang pada dinding di antara kedua ventrikel (bilik) jantung sebelah kanan dan kiri. 

Pulmonary stenosis (stenosis paru)

Kondisi ketika terjadinya penyempitan di bagian bawah atau bagian atas antara ventrikel (bilik) kanan jantung dan pembuluh darah besar.

Pembuluh darah besar tersebut bertugas untuk membawa darah ke paru-paru guna mengambil oksigen (pulmonary artery).

Over-riding aorta

Kondisi ketika aorta (arteri utama jantung) yang bercabang dari ventrikel (bilik) kiri,yang normalnya hanya memompa darah dari bilik kiri saja, namun aorta akan mendapatkan banyak darah dari bilik kanan akibat kebocoran pada septum / dinding jantung.

Darah tersebut telah bercampur dengan darah yang kurang oksigen dari ventrikel (bilik) kanan dan darah kaya oksigen dari ventrikel (bilik) kiri.

Right ventricular hypertrophy (hipertrofi ventrikel kanan)

Tetralogy of Fallot atau Tetralogi of Fallot bentuk ini adalah ketika kerja jantung terlalu keras dalam memompa darah.

Hal ini membuat dinding otot ventrikel (bilik) di sebelah kanan menjadi menebal. Lama kelamaan, organ jantung bisa menjadi kaku, lemah, dan akhirnya gagal berfungsi dengan baik.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Tetralogy of Fallot atau Tetralogi of Fallot (TOF) adalah cacat lahir bawaan yang tergolong jarang sekali terjadi pada bayi baru lahir.

Diagnosis untuk bayi dan anak yang mengalami Tetralogy of Fallot sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Tujuannya untuk mempercepat pemberian pengobatan sesuai dengan kondisi kesehatannya.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala Tetralogy of Fallot (TOF)?

Gejala Tetralogy of Fallot dapat berbeda-beda pada masing-masing bayi maupun anak tergantung dari aliran darah yang keluar di ventrikel kanan menuju ke paru-paru.

Gejala paling umum dari Tetralogi of Fallot (TOF) adalah bibir, kuku jari, kuku kaki, telinga, dan pipi membiru. Sementara gejala lain bisa termasuk napas pendek, lemah, dan pingsan.

Berbagai tanda dan gejala Tetralogy of Fallot (TOF) adalah sebagai berikut:

  • Napas pendek, sesak, dan cepat, terutama saat makan atau beraktivitas berat
  • Warna kulit kebiruan karena darah di dalam tubuh rendah oksigen (sianosis)
  • Pingsan
  • Bentuk kuku pada jari tangan dan kaki bulat serta tidak normal
  • Berat badan anak susah meningkat
  • Anak gampang lelah saat bermain dan berolahraga
  • Anak mudah marah dan rewel
  • Anak sering menangis dalam waktu lama
  • Mengalami murmur jantung

Terkadang, bayi dengan Tetralogy of Fallot (TOF) dapat mengalami kulit, kuku, dan bibir yang tampak berwarna kebiruan di saat-saat tertentu.

Ambil contohnya setelah bayi menangis, menyusui, atau saat sedang merasa gelisah. Kondisi ini dikenal dengan nama tet spells.

Tet spells adalah kondisi yang biasanya terjadi pada bayi sekitar usia 8 minggu atau 2 bulan hingga usia 16 minggu atau 4 bulan karena kadar oksigen di dalam darah menurun dengan cepat.

Sementara balita dan anak-anak yang lebih dewasa mungkin akan refleks jongkong saat merasa kehabisan napas. Jongkok dapat membantu meningkatkan aliran darah ke paru-paru.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika merasa cemas saat anak mengalami satu atau beberapa gejala tersebut, segera konsultasi dengan dokter.

Kapan harus periksa ke dokter?

Tetralogi of Fallot (TOF) adalah kelainan bawaan sejak lahir yang bisa muncul kapan saja, khususnya di masa awal kehidupan.

Segera hubungi dokter bila bayi dan anak mengalami berbagai gejala berikut ini:

  • Susah bernapas
  • Pingsan
  • Anak mengalami kejang
  • Tubuh lemas
  • Warna kulit tampak kebiruan
  • Mudah marah dan rewel yang abnormal

Jika Anda melihat bayi memiliki gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya segera konsultasikan dengan dokter.

Kondisi kesehatan tubuh masing-masing orang berbeda, termasuk bayi. Selalu konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan terbaik terkait kondisi kesehatan buah hati Anda.

Penyebab

Apa penyebab Tetralogy of Fallot (TOF)?

Tetralogy of Fallot atau Tetralogi of Fallot (TOF) adalah cacat lahir yang mulai terbentuk sejak janin berada di dalam kandungan, tepatnya ketika organ jantung sedang berkembang.

Berdasarkan Centers of Disease Control and Prevention (CDC), penyebab kelainan jantung pada bayi dan anak terkait Tetralogy of Fallot (TOF) belum diketahui secara pasti.

Ada bayi dengan kelainan bawaan ini yang memiliki gangguan pada organ jantung karena perubahan pada gen atau kromosomnya.

Namun, penyebab kelainan jantung terkait Tetralogy of Fallot (TOF) diduga karena adanya kombinasi gen.

Faktor-Faktor Risiko

Apa yang meningkatkan risiko terkena Tetralogy of Fallot (TOF)?

Berbagai faktor yang meningkatkan risiko Tetralogy of Fallot atau Tetralogi of Fallot adalah sebagai berikut:

Jika ingin mengurangi faktor risiko yang mungkin dimiliki oleh Anda dan bayi, segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Diagnosis & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis kondisi ini?

Melansir dari laman Mayo Clinic, dokter dapat mendiagnosis kemungkinan adanya Tetralogi of Fallot (TOF) bila bayi melihat kulit bayi berwarna biru saat lahir.

Murmur jantung atau bunyi berdesis yang tidak normal dari jantung juga dapat terlihat saat bayi baru lahir yang menjadi tanda bahwa ia mengalami Tetralogi of Fallot (TOF).

Dokter selanjutnya dapat melakukan pemeriksaan fisik pada bayi baru lahir untuk mendapatkan diagnosisnya.

Pemeriksaan tersebut dapat meliputi ekokardiografi, elektrokardiogram, pengukuran level oksigen (pulse oximetry), kateterisasi jantung, dan foto rontgen atau x-ray pada anak.

Apa saja pilihan pengobatan untuk Tetralogy of Fallot (TOF)?

Pengobatan bagi bayi dan anak dengan Tetralogi of Fallot (TOF) adalah sebagai berikut:

Perbaikan intrakardiak

Operasi jenis ini biasanya dilakukan pada tahun pertama setelah bayi lahir. Dalam prosedur ini, dokter bedah akan menambal lubang septum ventrikular untuk menutup ventilasi di antara dua ventrikel.

Dokter juga akan memperbaiki stenosis katup pulmoner dan arteri pulmoner agar secara perlahan terbuka untuk meningkatkan aliran darah menuju paru-paru.

Cara ini dapat membantu membuat ketebalan dinding ventrikel kanan kembali normal karena tidak perlu lagi bekerja keras untuk memompa darah.

Setelah perbaikan jantung, kadar oksigen dalam darah akan meningkat dan mengurangi gejala-gejalanya.

Operasi Sementara

Anak kadang-kadang memerlukan operasi sementara sebelum jantung mereka diperbaiki. Jika anak lahir prematur atau dengan arteri pulmoner hipoplastik, dokter akan menciptakan penghubung (shunt) di antara aorta dan arteri pulmonari.

Cara ini akan meningkatkan aliran darah menuju paru-paru. Ketika anak siap menjalani operasi jantung, shunt bisa dibuang.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini?

Berbagai gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu mengatasi Tetralogy of Fallot atau Tetralogi of Fallot (TOF) adalah sebagai berikut:

  • Anak dengan cacat jantung parah mungkin memerlukan antibiotik prophylatic sebelum operasi guna mencegah infeksi.
  • Menjaga kebersihan mulut dengan rutin merawat gigi adalah cara yang baik untuk membantu mencegah infeksi
  • Kebiasaan berolahraga juga perlu dipertimbangkan. Tanyakan dokter tentang aktivitas yang aman untuk anak Anda.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

You are already subscribed to notifications.
Sumber

Ferri, Fred. Ferri’s Netter Patient Advisor. Philadelphia, PA: Saunders / Elsevier, 2012. Print. Page 61

Tetralogy of Fallot. Retrieved 6 May 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tetralogy-of-fallot/symptoms-causes/syc-20353477

Facts About Tetralogy of Fallot. Retrieved 6 May 2020, from https://www.cdc.gov/ncbddd/heartdefects/tetralogyoffallot.html

Tetralogy of Fallot. Retrieved 6 May 2020, from https://www.gosh.nhs.uk/conditions-and-treatments/conditions-we-treat/tetralogy-fallot

Yang juga perlu Anda baca

Anophthalmia

Anophthalmia adalah salah satu cacat lahir pada bayi. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Microtia

Microtia atau mikrotia adalah salah satu cacat lahir pada bayi. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Mengulik Lebih Dalam Seputar Kelainan Kongenital pada Bayi

Meski baru lahir, cacat bawaan atau kelainan kongenital berisiko terjadi pada bayi. Agar lebih jelas, simak informasi selengkapnya, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Encephalocele

Encephalocele atau ensefalokel adalah cacat lahir pada bayi. Cari tahu mengenai definisi, gejala, penyebab, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 10/05/2020
Aturan Pakai Masker Wajah untuk Anak dan Tips Membuat Mereka Terbiasa

Aturan Pakai Masker Wajah untuk Anak dan Tips Membuat Mereka Terbiasa

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020
Omphalocele

Omphalocele

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
Atresia Esofagus

Atresia Esofagus

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020