Gaucher Disease (Penyakit Gaucher)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/05/2020 . Waktu baca 12 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu Gaucher Disease (penyakit Gaucher)?

Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah kelainan atau cacat lahir bawaan yang terjadi akibat penumpukan zat berlemak tertentu pada organ tubuh, terutama limfa dan hati.

Hal ini menyebabkan organ tubuh menjadi lebih besar dari ukuran yang seharusnya bahkan berpengaruh pada fungsi organ tersebut.

Zat berlemak yang terkait dengan penyakit Gaucher juga dapat menumpuk pada jaringan tulang.

Kondisi ini tentu membuat tulang menjadi lemah dan meningkatkan risiko patah tulang. Jika sumsum tulang bermasalah, proses pembekuan darah anak dapat terganggu.

Apa saja jenis Gaucher disease (penyakit Gaucher)?

Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah kelainan atau cacat lahir bawaan yang memengaruhi berbagai organ dan jaringan tubuh.

Beberapa jenis Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah sebagai berikut:

Tipe 1

Tipe 1 adalah jenis Gaucher disease atau penyakit Gaucher yang paling umum. Tipe 1 ini juga dikenal dengan nama penyakit Gaucher non-neuronopatik karena fungsi otak dan sumsum tulang belakang biasanya tidak bermasalah.

Tipe 1 ini umumnya muncul saat usia anak-anak hingga dewasa.

Tipe 2

Tipe 2 adalah jenis Gaucher disease atau penyakit Gaucher yang dialami bayi dan bisa menyebabkan kerusakan otak serius.

Berbeda dengan tipe 1, Gaucher disease atau penyakit Gaucher tipe 2 adalah bentuk neuronopatik karena memengaruhi fungsi otak dan sumsum tulang belakang sebagai sistem saraf pusat.

Penyakit Gaucher tipe 2 biasanya mengakibatkan masalah yang berisiko mengancam jiwa sejak bayi.

Tipe 3

Sama seperti tipe 2, tipe 3 adalah jenis Gaucher disease atau penyakit Gaucher yang termasuk neuronopatik karena memengaruhi fungsi sistem saraf pusat.

Meski sama-sama bisa mengganggu fungsi sistem saraf pusat, keparahan kelainan bawaan ini tipe tiga ini cenderung lebih lambat ketimbang tipe dua.

Itu sebabnya, anak dengan penyakit Gaucher tipe 3 bisa saja memiliki gejala sebelum usianya 2 tahun.

Akan tetapi, proses perkembangan penyakit Gaucher tipe 3 ini berjalan lambat sehingga gejalanya tidak selalu langsung muncul.

Seberapa umumkah penyakit gaucher?

Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah kelainan atau cacat lahir bawaan yang mengakibatkan masalah pada organ-organ tubuh, khususnya organ limfa dan hati.

Sebenarnya tidak diketahui angka pasti dari kasus penyakit Gaucher ini. Hanya saja, berdasarkan U.S National Library of Medicine, kelainan bawaan ini bisa terjadi pada sekitar 1 dari 50.000 hingga 100.000 bayi baru lahir dan anak.

Dari ketiga jenis Gaucher disease atau penyakit Gaucher, tipe 1 adalah bentuk yang paling umum. Gaucher disease kerap dialami oleh anak-anak Yahudi keturunan Eropa Timur dan Tengah (Ashkenazi).

Sementara gejala dari kelainan ini dapat muncul di usia berapa saja, entah itu sejak bayi, anak-anak, hingga dewasa.

Tanda-tanda & Gejala

Apa saja tanda dan gejala Gaucher Disease (penyakit Gaucher)?

Tanda dan gejala Gaucher disease dapat sangat bervariasi bahkan untuk satu jenis yang sama.

Saudara kandung bahkan kembar identik dengan kelainan bawaan ini dapat memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Namun, beberapa anak yang mengalami kelainan bawaan ini bisa mengalami gejala ringan atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Gejala utama pada anak dengan Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah sebagai berikut:

Sementara gejala Gaucher disease atau penyakit Gaucher sesuai dengan jenisnya adalah sebagai berikut:

Gejala tipe 1

Gejala Gaucher disease atau penyakit Gaucher tipe 1 meliputi gangguan pada tulang anak dan pembesaran ukuran organ hati dan limpa.

Anak juga bisa mengalami anemia, trombositopenia, dan gangguan pada fungsi paru-paru.

Gejala tipe 2

Gejala pada tipe 2 biasanya terkait gangguan penglihatan atau mata, kejang pada anak, hingga kerusakan fungsi otak.

Gejala tipe 2 ini umumnya sudah muncul sejak masa bayi dan dapat berisiko fatal karena adanya masalah kulit parah atau akumulasi cairan berlebih (hidrops).

Gejala tipe 3

Gejala tipe 3 sama seperti tipe 2 juga melibatkan gangguan pada penglihatan, kerusakan fungsi otak, hingga kejang.

Akan tetapi, gejala tipe 3 menimbulkan gerakan mata yang horizontal alias ke samping.

Kebanyakan orang yang memiliki penyakit Gaucher mengalami berbagai tingkat dari masalah berikut:

  • Keluhan terhadap perut. Ini karena hati dan limpa membesar secara dramatis sehingga perut terasa sakit.
  • Kelainan tulang. Gaucher disease dapat melemahkan tulang, meningkatkan risiko patah tulang. Kondisi ini juga dapat mengganggu suplai darah pada tulang yang dapat menyebabkan bagian tulang mati.
  • Kelainan darah. Gaucher disease juga menyerang sel-sel yang berperan untuk pembekuan darah sehingga menyebabkan mudah memar dan mimisan.

Dalam kondisi yang jarang terjadi, Gaucher disease dapat memengaruhi fungsi otak sehingga menyebabkan gerakan mata abnormal, otot kaku, kejang, dan susah menelan.

Kapan harus periksa ke dokter?

Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah kelainan bawaan sejak lahir yang dapat menimbulkan gejala dengan tingkat keparahan berbeda-beda.

Jika Anda melihat bayi memiliki gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya segera konsultasikan dengan dokter.

Kondisi kesehatan tubuh masing-masing orang berbeda, termasuk bayi. Selalu konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan terbaik terkait kondisi kesehatan buah hati Anda.

Penyebab

Apa penyebab Gaucher Disease (penyakit Gaucher)?

Penyebab Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah karena mutasi (perubahan) pada gen yang disebut GBA.

Melansir dari National Human Genome Research Institute, mutasi atau perubahan pada gen GBA mengakibatkan kadar glukokerebrosidase sangat rendah.

Ini karena gen GBA bertugas dalam memberi instruksi untuk menghasilkan enzim bernama beta-glukokerebrosidase.

Enzim ini idealnya berperan dalam proses pemecahan zat berlemak pada tubuh. Jika tubuh tidak menghasilkan kadar yang glukokerebrosidase cukup, tubuh anak tidak dapat memecah lemak dengan baik.

Kondisi ini dapat membuat penumpukan lemak di berbagai organ tubuh. Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah cacat lahir bawaan yang diturunkan dari orangtua ke anak dalam pola autosom resesif. 

Artinya, anak bisa mengalami kelainan bawaan ini bila memiliki salinan mutasi gen GBA dari masing-masing orangtuanya.

Dengan kata lain, kedua orangtua harus menjadi pembawa gen GBA baru kemudian bisa menurunkan kelainan bawaan ini kepada anaknya.

Pembawa gen GBA tidak lantas membuat orangtua mengalami gejala Gaucher disease. Orangtua bisa saja tidak menunjukkan gejala apa pun terkait kondisi ini, tetapi tubuhnya membawa salinan gen GBA yang bermutasi.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko terkena Gaucher Disease (penyakit Gaucher)?

Risiko bayi mengalami Gaucher disease atau penyakit Gaucher meningkat bila lahir dari keturunan Yahudi Eropa Timur dan Tengah (Ashkenazi).

Bayi yang baru lahir juga berisiko mengalami Gaucher disease atau penyakit Gaucher bila kedua orangtuanya adalah pembawa kondisi ini.

Jika ingin mengurangi faktor risiko yang mungkin dimiliki oleh Anda dan bayi, segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis kondisi ini?

Diagnosis Gaucher disease atau penyakit Gaucher dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik pada bayi baru lahir, tes laboratorium, maupun tes pencitraan.

Selama pemeriksaan fisik berlangsung, dokter menekan perut anak untuk mengira-ngira pembesaran ukuran organ limfa dan hati. 

Selain itu, diagnosis juga bisa dilakukan bila bayi mengalami masalah tulang, perubahan kadar sel darah merah, mudah memar, atau tanda-tanda terkait masalah sistem saraf.

Selanjutnya, ada tes laboratorium dengan cara mengambil sampel darah dapat diperiksa untuk kadar enzim glukoserebrosidase yang terkait dengan penyakit Gaucher. 

Jika anak mengalami Gaucher disease, hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan tingkat aktivitas enzim yang sangat rendah.

Ada juga tes pencitraan secara berkala untuk anak dengan Gaucher disease guna melihat perkembangan kondisinya.

Beberapa tes pencitraan untuk memeriksa Gaucher disease atau penyakit Gaucher adalah sebagai berikut:

  • Dual energy X-ray absorptiometry (DXA). Tes ini menggunakan X-ray kadar rendah untuk mengukur kepadatan tulang.
  • Magnetic resonance imaging (MRI). Menggunakan gelombang radio dan medan magnetik yang kuat. MRI dapat menunjukkan apakah limfa atau hati membesar dan dampaknya pada sumsum tulang.

Terakhir, ada pemeriksaan prakonsepsi dan tes prenatal. Anda dapat mempertimbangkan pemeriksaan genetik sebelum berkeluarga jika Anda atau pasangan Anda merupakan keturunan Yahudi Ashkenazi.

Pemeriksaan ini juga bisa dilakukan bila Anda atau pasangan memiliki riwayat keluarga dengan Gaucher disease.

Dokter juga dapat merekomendasikan tes prenatal untuk melihat apakah janin berisiko mengalami penyakit Gaucher.

Bagaimana cara mengobati Gaucher Disease (penyakit Gaucher)?

Memang belum ada obat untuk mengatasi Gaucher disease, tetapi perawatan setidaknya dapat membantu mengendalikan gejala sekaligus mendukung perkembangan anak.

Namun, untuk gejala Gaucher disease yang ringan biasanya tidak memerlukan pengobatan. Beberapa pengobatan yang biasanya diberikan untuk membantu mengatasi Gaucher disease adalah sebagai berikut:

Terapi pengganti enzim

Prosedur ini menggantikan kekurangan enzim dengan enzim buatan. Enzim pengganti ini diberikan secara intravena dengan dosis tinggi dalam kurun waktu jeda dua minggu. 

Namun terkadang, ada anak yang mengalami alergi atau reaksi hipersensitivitas terhadap perawatan enzim.

Membatasi obat-obatan tertentu

Obat-obatan oral, seperti miglustat (Zavesca) adn eliglustat (Cerdelga), tampak mengganggu produksi zat berlemak yang menumpuk pada orang dengan penyakit Gaucher.

Mual dan diare adalah efek samping umum yang mungkin terjadi.

Jika gejala anak tergolong parah dan tidak cukup hanya dengan tindakan di atas, dokter dapat menyarankan pembedahan atau operasi, seperti:

Transplantasi sumsum tulang

Pada prosedur ini, sel pembentuk darah yang telah rusak akibat Gaucher diangkat dan diganti.

Sayangnya, prosedur transplantasi sumsum tulang tergolong memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu, prosedur terapi pengganti enzim biasanya lebih sering dilakukan dibandingkan dengan transplantasi sumsum tulang ini.

Pengangkatan limfa

Sebelum terapi penggantian enzim tersedia, mengangkat limfa merupakan perawatan yang umum untuk kelainan bawaan ini.

Namun sekarang, prosedur pengangkatan limfa ini menjadi pilihan pengobatan Gaucher disease yang paling akhir.

Pengobatan di Rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini?

Selain dengan minum obat dan melakukan perawatan medis, penanganan di rumah juga bisa dilakukan untuk membantu mengatasi Gaucher disease pada anak.

Pola makan yang sehat, olahraga, menghindari stres dan perubahan gaya hidup lainnya dapat memperbaiki kondisi kesehatan anak. 

Ketahuilah bahwa gejala dan tingkat keparahan kondisi bawaan lahir ini berbeda pada setiap anak yang mengalaminya.

Beberapa anak bisa saja memiliki gejala ringan, sedangkan beberapa lainnya mengalami masalah kesehatan yang serius.

Coba cari keluarga dan teman-teman sebagai pemberi dukungan emosional bagi anak. Dukungan emosional sangat penting untuk membantu anak menghadapi masalah kesehatan akibat kondisi ini.

Usahakan untuk memelajari juga sebanyak mungkin tentang kondisi ini. Semakin banyak Anda tahu, semakin membantu untuk mengatasi kelainan bawaan ini. 

Baca sebanyak mungkin tentang penyakit ini dan tanyakan hal apa pun yang belum Anda pahami terkait kondisi anak pada dokter. Ikuti langkah-langkah yang dapat membantu Anda atau anak agar tetap sehat dan merasa lebih baik.

Penyakit Gaucher juga dapat menyebabkan nyeri pada tulang sehingga kerap membuat anak sulit tidur dengan nyenyak. 

Perawatan seperti enzyme replacement therapy (ERT) juga dapat membantu mengatasi kondisi ini. Jika anak mengeluhkan rasa tidak nyaman pada tubuhnya, biarkan ia berisitirahat.

Keluhan lainnya dari penyakit Gaucher adalah kelelahan. Ini karena anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh anak dapat membuatnya merasa lelah.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak dengan anemia:

  • Istirahat yang cukup atau luangkan waktu tidur siang
  • Bagi tugas besar menjadi beberapa tugas yang lebih ringan
  • Tidur lebih cepat agar kebutuhan tidur anak tercukupi
  • Tetap aktif bergerak

Jika rasa sakit dan kelelahan membuat anak sulit untuk berjalan atau menaiki tangga, sebaiknya kunjungi terapis fisik.

Terapis fisik dapat mengajari anak berlatih untuk bergerak dengan lebih mudah. Jangan lupa, biasakan juga anak untuk tetap aktif secara fisik bila memungkinkan. 

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tidak Perlu Bingung Pilih Hewan Peliharaan untuk Anak, Ini 5 Tips dan Manfaatnya

Hewan peliharaan dan anak adalah gambaran yang menggemaskan. Namun, para orangtua perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih hewan untuk anak.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Parenting, Tips Parenting 10/05/2020 . Waktu baca 6 menit

Aturan Pakai Masker Wajah untuk Anak dan Tips Membuat Mereka Terbiasa

Imbauan penggunaan masker saat bepergian berlaku untuk siapa pun, termasuk anak. Apa saja aturan yang harus diperhatikan ketika anak memakai masker?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 08/05/2020 . Waktu baca 6 menit

Omphalocele

Omphalocele atau omfalokel adalah kondisi cacat lahir pada bayi. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, serta pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 07/05/2020 . Waktu baca 9 menit

Atresia Esofagus

Esophageal atresia atau atresia esofagus adalah salah satu cacat lahir pada bayi. Cari tahu gejala, penyebab, dan pengobatannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 06/05/2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bayi demam naik turun

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit
mengatasi anak step kejang demam saat anak kejang

Yang Harus Anda Lakukan Saat Anak Anda Kejang

Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
penyebab stunting

Benarkah Cacingan Bisa Menyebabkan Stunting pada Anak?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 5 menit
diabetes dan kanker hati

Diabetes Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Hati, Ini Tips Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020 . Waktu baca 4 menit