Cacar (Smallpox)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Definisi

Apa itu cacar?

Cacar adalah penyakit menular dan serius, yang disebabkan oleh virus variola. Itu sebabnya terkadang penyakit ini dikenal dengan sebutan variola. Karakteristik utama dari cacar adalah penyebaran bintil lepuhan yang berisi nanah di tubuh.

Cacar sempat menjadi wabah berbahaya yang menelan banyak nyawa selama ratusan tahun. Namun berkat kemajuan teknologi medis, penyakit ini tak lagi mematikan karena telah ditemukan vaksinnya.

Meski mungkin gejalanya mirip, jenis ini berbeda dengan cacar air. Dalam istilah asing, cacar air lebih umum dikenal dengan sebutan chicken pox. Namun, untuk penyakit cacar lebih dikenal dengan istilah smallpox.

Tidak ada perawatan khusus untuk penyakit ini. Selain itu, risiko efek samping vaksin terlalu tinggi untuk membuatnya menjadi vaksin yang dapat diterima secara rutin.

Seberapa umum smallpox terjadi?

Kondisi ini sangat umum dan lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria. Smallpox dapat terjadi pada pasien dengan usia berapa pun. Kondisi ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-Tanda dan Gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala cacar?

Tanda-tanda paling umum dari penyakit ini adalah bintil lepuhan kecil yang menonjol dan berisi nanah. Munculnya di wajah, lengan, dan sekujur tubuh. Gejala-gejala lain meliputi:

  • Kelelahan, sakit kepala, nyeri pada tubuh, dan kadang muntah yang menyerupai gejala flu
  • Demam tinggi
  • Luka dan lepuhan pada mulut apabila virus tersebar ke dalam tenggorokan
  • Ruam kulit yang memburuk dengan pola tertentu
  • Ruam muncul dengan luka merah dan rata yang kemudian menonjol beberapa hari kemudian
  • Benjolan menjadi lepuhan yang berisi nanah
  • Lepuhan berkerak, biasanya terjadi dalam minggu kedua cacar
  • Keropeng (bagian kering pada luka) terbentuk pada lepuhan dan mengelupas, biasanya dalam minggu ketiga. Kemudian, dapat terbentuk bekas luka permanen (bopeng).
  • Apabila lepuhan terbentuk di dekat mata, pasien dapat mengalami kebutaan.

Gejala-gejala ini biasanya akan menghilang dalam 2-3 hari. Kemudian pasien akan membaik. Namun, pasien mulai mengalami ruam. Wajah akan terpengaruh terlebih dulu dan kemudian menyebar ke tangan, lengan dan bagian utama tubuh. Pasien memiliki potensi menularkan virus yang sangat tinggi sampai ruam menghilang.

Dalam 2 hari, ruam kulit kemerahan akan berkembang menjadi bintil yang berisi cairan dan nanah. Bintil kemudian pecah dan berkerak lalu mengelupas, meninggalkan bekas luka.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab cacar?

  • Penularan langsung antarmanusia. Perpindahan langsung virus memerlukan kontak wajah ke wajah yang cukup panjang.
  • Tidak langsung dari orang yang terinfeksi. Pada kasus langka, kemungkinan melalui sistem ventilasi di suatu gedung, menginfeksi orang di ruangan atau lantai lain.
  • Melalui benda yang terkontaminasi. Smallpox juga dapat menyebar melalui kontak dengan pakaian dan seprai yang terkontaminasi.

Faktor Pemicu

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk terkena cacar?

Terdapat beberapa pemicu yang membuat Anda bisa berisiko terkena smallpox, yaitu:

  • Wanita yang sedang mengandung atau menyusui
  • Orang dengan gangguan kulit seperti eksim
  • Orang dengan sistem imun yang lemah akibat kondisi medis seperti leukemia atau HIV
  • Orang dengan perawatan medis, seperti untuk kanker, yang melemahkan sistem imun

Diagnosis dan Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana penyakit ini didiagnosis?

Apabila pasien mengalami cacar, dokter mungkin akan menyadarinya karena penyakit ini memiliki gejala dengan ruam yang khusus. Ruam muncul sebagai lepuhan pada kulit yang berisi cairan dan berkerak.

Smallpox mungkin menyerupai cacar air, namun lepuhan terlihat berbeda dari lepuhan cacar air.

Gejala lain dari smallpox menyerupai gejala dari penyakit lain yang tidak serius, seperti demam, sakit kepala, nyeri punggung, dan perasaan lelah.

Bagaimana cara mengobati cacar?

Tidak ada perawatan khusus untuk smallpox. Mendapatkan vaksin dalam 3-4 hari setelah kontak dengan virus dapat mengurangi keparahan penyakit atau bahkan mencegahnya berkembang lebih lanjut.

Saat infeksi, perawatan mungkin akan terfokus untuk meredakan gejala dan menjaga pasien dari dehidrasi. Pada orang yang memiliki infeksi bakteri di paru-paru atau kulitnya, pemberian antibiotik dapat dilakukan.

Para ahli masih mencari obat antivirus yang dapat mengatasi penyakit ini. Obat cidofovir bekerja dengan baik pada studi awal.

Pencegahan

Apa yang dapat saya lakukan di rumah untuk mengatasi penyakit ini atau bahkan mencegahnya?

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mencegah atau bahkan mengobati smallpox.

  • Orang dengan smallpox akan diisolasi untuk mencegah penyebaran virus.
  • Para ahli menggunakan virus sepupu dari variola (virus vaccinia) untuk membuat vaksin cacar, karena memiliki efek samping kesehatan yang lebih sedikit. Vaksin memicu sistem imun tubuh untuk menghasilkan antibodi yang sangat penting untuk melindungi diri dari virus variola dan membantu mencegah penyakit cacar.
  • Siapa pun yang terkena kontak (bersentuhan) dengan seseorang yang terinfeksi memerlukan vaksin cacar. Vaksin berguna untuk mencegah atau mengurangi keparahan penyakit apabila diberikan dalam empat hari setelah paparan virus variola.
  • Apabila anak divaksin, tidak diketahui secara pasti seberapa lama imunitas bertahan. Kemungkinan vaksinasi sebelumnya memberikan imunitas sebagian yang dapat melindungi dari komplikasi serius penyakit.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: Desember 6, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 6, 2018

Yang juga perlu Anda baca