Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 2

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin 2 minggu kehamilan?

Pada perkembangan janin 2 minggu kehamilan ini, kemungkinan janin Anda sudah mulai terbentuk. Janin akan mulai terbentuk saat sel telur Anda bertemu dengan sperma pasangan Anda. Pada perkembangan janin 2 minggu kehamilan ini, jenis kelamin bayi mulai ditentukan, tapi Anda belum bisa mengetahui pasti sampai sekitar usia 15 minggu kemudian.

Perlu diketahui terbentuknya jenis kelamin ini dimulai karena awalnya tiap orang mempunyai 46 kromosom yang nantinya akan membangun material genetiknya. Dari 46 kromosom, terdapat 2 kromosom yang menentukan jenis kelamin, umumnya disebut kromosom seks.

Salah satu kromosom dibawa dari sperma dan kromosom dibawa dari telur. Sel telur hanya memiliki satu jenis kromosom yang disebut kromosom X, sedangkan sperma dapat membawa kromosom Y dan kromosom X.

Jika bayi Anda dibuahi dengan kombinasi kromosom XX, maka bayi Anda akan terlahir dengan jenis kelamin perempuan. Sedangkan jika kombinasi kromosomnya XY, maka Anda akan mendapatkan bayi laki-laki.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya?

Pada perkembangan janin 2 minggu kehamilan ini, tubuh Anda sudah siap untuk dibuahi, artinya telur Anda mulai dilepaskan dan siap untuk dibuahi. Lapisan kandungan Anda akan menebal untuk mempersiapkan tempat bayi Anda di dalam kandungan.

Anda bisa menggunakan tes ovulasi untuk mengetahui waktu yang pas untuk memulai pembuahan. Selama berhubungan intim, hanya ada satu sperma yang akan berhasil membuahi telur Anda. Ketika pembuahan terjadi, telur yang telah dibuahi akan menempati lapisan kandungan Anda.

Apa yang perlu saya perhatikan?

Tanda kehamilan pada wanita tidak akan selalu sama, Anda mungkin akan merasakan mual di pagi hari atau mungkin tidak. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak adalah dengan memperhatikan siklus menstruasi yang telah datang atau belum. Jika Anda belum mengalami menstruasi, harap segera menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan konsultasi.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter?

Anda harus menceritakan pada dokter bahwa Anda sedang mencoba untuk hamil. Dokter nantinya akan menanyakan riwayat medis dan melakukan pemeriksaan kesehatan umum untuk Anda. Saat menjalani pemeriksaan fisik sebelum kehamilan, Anda harus memberi tahu dokter apakah Anda pernah mengalami sakit atau sedang menjalani pengobatan atau tidak. Hal ini akan membantu Anda dalam menyiapkan kehamilan lebih baik

Tes apa yang perlu saya ketahui?

Selama perkembangan janin 2 minggu kehamilan ini, Anda mungkin akan menjalani pemeriksaan ovulasi. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Beberapa wanita mungkin akan menstruasi setiap 21 atau 28 hari. Jika Anda merencanakan untuk hamil, pemeriksaan ovulasi akan membantu Anda untuk mengetahui waktu terbaik untuk berhubungan intim yang berpeluang besar hamil.

Pemeriksaan lainnya yang harus Anda ketahui adalah tes kehamilan. Saat telur Anda dibuahi oleh sperma, setidaknya diperlukan beberapa minggu untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Beberapa tes kehamilan mungkin akan terjadi di hari saat Anda tidak sedang mengalami periode menstruasi tetapi beberapa kasus mungkin terjadi satu minggu setelahnya. Harap konsultasikan dengan dokter Anda jika ada tanda-tanda kehamilan.

Kesehatan dan Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama hamil?

Sebelum Anda mendapatkan kabar kehamilan positif, Anda harus berhati-hati dengan faktor berikut yang dapat membahayakan Anda dan bayi yang mungkin ada dalam kandungan Anda. Berikut satu hal yang harus Anda camkan dalam pikiran Anda untuk memastikan keamanan dari kehamilan di masa yang akan datang.

1. Obat analgesik/ pereda nyeri

Umumnya bila Anda mengalami demam atau sakit kepala, Anda akan mengambil obat analgesik seperti paracetamol atau ibuprofen. Hati-hati, kebanyakan obat pereda nyeri tidak aman untuk ibu hamil dan dapat mengendap selama beberapa hari di dalam tubuh. Komposisi dari obat-obatan tersebut dapat membahayakan perkembangan janin dan mengurangi kesuburan Anda. Untuk hasil terbaik, harap konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat-obatan selama masa kritis ini.

2. Alkohol, obat-obatan, dan  merokok

Saat hamil Anda harus menghindari konsumsi alkohol, obat-obatan, dan produk tembakau. Hal tersebut dapat membahayakan kesuburan Anda, meningkatkan risiko keguguran, serta menyebabkan kecacatan janin. Beberapa kecacatan yang umum terjadi di antaranya sindrom keracunan janin akibat alkohol, masalah pernapasan, dan kelahiran bayi dengan berat yang rendah. Harap konsultasikan dan tanyakan ke dokter jika Anda memiliki pertanyaan untuk mencegah berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Jadi minggu depan janin akan berkembang seperti apa?

Sumber
Yang juga perlu Anda baca