Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tips Merawat Bekas Luka Operasi Caesar (Sesar) di Rumah

Tips Merawat Bekas Luka Operasi Caesar (Sesar) di Rumah

Proses melahirkan atau persalinan dengan metode caesar atau sesar merupakan tindakan operasi. Sehingga, mau tidak mau Ibu pasti akan memiliki bekas luka di bagian sekitar perut. Untuk itu, selain akan disibukkan dalam merawat si Kecil, Ibu juga perlu merawat bekas luka ini agar tidak menjadi permanen. Lalu, bagaimana cara merawat bekas luka operasi sesar ini?

Jenis bekas luka operasi sesar

Pada umumnya, bekas luka operasi akan sembuh dengan sendirinya. Namun terkadang proses penyembuhan pada tubuh mengalami gangguan. Hal ini dapat memicu terjadinya masalah saat pemulihan bekas luka, terutama pada Anda yang berusia di bawah 30 tahun dan berkulit gelap.

Masalah yang dapat terjadi saat pemulihan bekas luka operasi sesar di antaranya:

  • Keloid: bekas jaringan parut sehabis munculnya luka, yang tumbuh dan mengeras. Tonjolan ini dapat berukuran lebih besar dari luka aslinya.
  • Skar hipertrofik: muncul akibat trauma fisik (dalam hal ini sayatan bedah) dan iritasi bahan kimia.

Cara merawat bekas luka operasi sesar

Setelah pulang dari proses persalinan dengan metode sesar, sekarang Anda perlu melakukan segalanya sendiri. Termasuk merawat bekas luka operasi sesar agar dapat cepat pulih. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan Ibu di rumah.

1. Jaga bekas luka operasi agar tetap bersih dan kering

Anda wajib merawat bekas luka operasi sesar dengan setidaknya membersihkannya cukup satu kali sehari. Ibu dapat melakukannya sambil mandi. Tetapi ingat, hindari mengguyur dan menggosok langsung bekas luka. Bersihkan secara perlahan dengan membasuh menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan handuk lembut.

2. Menggunakan gel pemudar bekas luka

Beberapa dokter menyatakan bahwa Anda diperbolehkan menggunakan gel pemudar bekas luka dan sejenisnya. Pemberian gel pemudar bekas luka ini dilakukan setelah luka benar-benar sembuh dan kering. Namun, sebagian dokter lain mengatakan lebih baik dibiarkan begitu saja dan biarkan bekas luka operasi sesar untuk pulih sendiri. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum menggunakan produk apapun.

3. Upayakan bekas luka operasi agar terpapar udara

Udara dapat mempercepat penyembuhan cedera pada kulit. Oleh karenanya, gunakan pakaian yang longgar agar bekas luka operasi terpapar oleh sirkulasi udara di rumah.

4. Tahan dulu keinginan untuk berolahraga

Merawat bekas luka operasi sesar membutuhkan waktu untuk pulih. Maka hindari melakukan kegiatan yang mengharuskan Anda membungkuk atau melakukan gerakan secara tiba-tiba. Ibu juga tidak boleh mengangkat barang yang lebih berat dari bayi. Mulai atau lanjutkan rutinitas olahraga ketika mendapat lampu hijau dari dokter.

5. Tetap aktif bergerak

Akif bergerak dan berolahraga merupakan hal yang berbeda. Anda tetap perlu menjaga sirkulasi darah dalam tubuh. Apabila sirkulasi darah tetap lancar, pemulihan bekas luka operasi sesar pun dapat terbantu. Contoh aktivitas yang dapat dilakukan adalah membawa si Kecil jalan-jalan menggunakan stroller di kawasan rumah.

Berapa lama bekas luka operasi akan sembuh?

Anda akan menyadari perubahan pada bagian bekas luka operasi sesar sedikit demi sedikit. Awalnya, proses pemulihan lebih cepat terjadi sehingga Anda dapat melihat perkembangannya dari hari ke hari. Namun setelah itu, akan sulit menyadari pemulihan yang terjadi pada bekas luka operasi.

Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan berbeda-beda bagi setiap wanita. Terdapat beberapa faktor yang mungkin memperlambat atau menghambat proses penyembuhan. Di antaranya seperti gizi buruk, infeksi, dan lain sebagainya. Untuk itu, menjaga gaya hidup sehat dapat membantu tubuh melakukan tugasnya dengan semestinya.

Kapan harus menemui dokter?

Jika Anda mengalami gejala ini, segera lakukan kunjungan ke dokter.

  • Demam lebih dari 38 derajat celcius
  • Terdapat atau keluar cairan berbau dari bekas luka
  • Meningkatnya rasa nyeri
  • Terjadi kemerahan atau pembengkakan di sekitar bekas luka

Merawat bekas luka operasi sesar penting untuk mempercepat proses pemulihan. Mulai dari menjaga bekas luka operasi tetap bersih dan kering sampai dengan menjaga gaya hidup sehat merupakan proses yang perlu Anda lakukan.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

WebMD. (2019). How should you care for a C-section wound? Diakses 07 Januarui 2020, dari: https://www.webmd.com/baby/qa/how-should-you-care-for-a-csection-wound

What to Expect,Editors. (2016, February 23). Caring for and Minimizing Your C-Section Scar. Diakses 07 Januarui 2020, dari: https://www.whattoexpect.com/pregnancy/c-section-scars

verywell. (2019). Questions You Can Ask Your Doctor About C-Section Scars. Diakses 07 Januarui 2020, dari: https://www.verywellfamily.com/cesarean-scars-2758511

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto