5 Tips Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Menjelang Operasi Caesar

    5 Tips Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Menjelang Operasi Caesar

    Bayangan harus menjalani operasi caesar tak ayal membuat banyak ibu yang merasa takut dan cemas sebelum menjalaninya. Tenang, hal ini wajar dan umum dialami.

    Selain memperbanyak doa dan mempercayakan proses persalinan pada tim dokter, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyingkirkan rasa cemas menjelang hari-H operasi. Mari simak cara menghilangkan rasa takut saat operasi caesar berikut ini.

    Beragam cara menghilangkan rasa takut sebelum operasi caesar

    biaya operasi caesar

    Rasa takut yang timbul saat waktu persalinan akhirnya tiba merupakan hal yang wajar dialami setiap ibu hamil.

    Menjelang waktu persalinan, sebagian besar ibu hamil akan merasa takut dan cemas, baik saat melahirkan secara normal atau menjalani operasi caesar.

    Terlebih, operasi caesar merupakan salah satu prosedur operasi yang terbilang cukup besar karena dokter perlu membuat sayatan yang lebar di perut ibu sebagai jalan lahir si kecil.

    Sama seperti persiapan operasi medis lainnya, persiapan menjelang operasi caesar juga sangat penting agar proses kelahiran bayi bisa belangsung dengan lancar.

    Saat mempersiapkan operasi caesar, salah satu hal yang harus ibu lakukan adalah mengatasi rasa takut dan cemas yang mungkin timbul.

    Ini karena rasa cemas yang berlebihan pada ibu hamil bisa menimbulkan stres yang mungkin bisa berdampak pada kesehatan ibu dan janin.

    Untuk membantu ibu merasa lebih tenang, berikut cara menghilangkan rasa takut saat menjalani operasi caesar.

    1. Cari tahu tentang operasi caesar

    Cara pertama mengatasi cemas sebelum melahirkan bisa diatasi dengan mencari tahu informasi mengenai prosedur yang akan Anda jalani nantinya.

    Anda bisa membekali diri Anda dengan pengetahuan dan informasi tentang operasi caesar sebanyak-banyaknya.

    Dibandingkan mencari tahu dan menduga risikonya sendiri, Anda bisa temui dokter dan ajak berdiskusi sambil menenangkan diri bersama ahlinya.

    Tidak jarang juga, beberapa hari sebelum jadwal operasi caesar, rumah sakit akan meminta Anda datang guna menerima arahan persiapan operasi caesar.

    Dari The University of Texas Southwestern Medical Center, Anda bisa menanyakan tentang aktivitas apa saja yang boleh dilakukan, atau makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sebelum menjalani operasi caesar.

    Jadi, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk meminta staf atau perawat rumah sakit membantu Anda mengatasi cemas sebelum melahirkan caesar.

    2. Meditasi rutin sebelumnya

    Untuk menenangkan batin dan mempersiapkan diri menjelang hari-H, Anda bisa mencoba melakukan meditasi selama masa kehamilan.

    Meditasi nyatanya ampuh untuk mengatasi takut dan cemas sebelum melahirkan dengan operasi caesar.

    Coba luangkan waktu sekitar 10—15 menit setiap harinya, lakukan dalam kurun waktu 3 bulan sebelum perkiraan waktu melahirkan.

    Meditasi yang dilakukan secara rutin berguna juga untuk menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak tanpa harus membayangkan hal-hal menegangkan pada saat kelahiran buah hati nanti.

    3. Dengarkan musik sebelum melahirkan

    operasi caesar

    Saat ini banyak dokter ataupun rumah sakit yang menawarkan untuk menyalakan musik selama proses dan sebelum operasi caesar berlangsung.

    Ruang operasi yang kesannya dingin, kaku, dan menegangkan, bisa menjadi tempat yang ‘lebih hangat’ dan nyaman dengan adanya alunan musik.

    Mendengarkan musik yang disetel di ruang operasi tak hanya membuat Anda lebih tenang, tapi dokter, perawat dan bidan yang bertugas pun juga bisa menjadi lebih rileks.

    Sayangnya, belum semua rumah sakit mengizinkan untuk menyetel musik. Anda bisa membawa alat pemutar musik sendiri dari rumah dan mendengarkannya lewat headset.

    Baiknya, Anda bertanya dulu atau mengajukan metode ini pada rumah sakit jauh-jauh hari sebagai cara mengatasi takut dan cemas sebelum melahirkan caesar.

    4. Ajak bicara suami atau orang sekitar

    Untuk para calon ibu yang sedang takut dan cemas sebelum melahirkan caesar, ada baiknya jangan berdiam diri sendirian menanggung rasa cemas ini.

    Kecemasan yang timbul nyatanya bisa dihilangkan sesederhana dengan mengobrol atau berbincang bersama orang lain, lho!

    Coba ajak bicara dan minta bantuan suami, teman, atau bahkan dengan perawat di rumah sakit.

    Anda disarankan untuk berbincang atau sekadar bertukar cerita bersama teman yang sedang dalam masa kehamilan juga.

    Hal ini berguna untuk mengurangi efek ketegangan dan mengalihkan pikiran Anda dari rasa takut menjelang operasi caesar.

    5. Datang ke rumah sakit lebih awal

    Bila operasi caesar sudah direncanakan, biasanya dokter juga akan menentukan jam operasi yang disesuaikan dengan jadwalnya.

    Anda bisa mengatasi takut dan cemas sebelum operasi caesar ini dengan datang ke rumah sakit lebih awal.

    Dengan datang lebih awal, Anda bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dan suasana rumah sakit agar lebih tenang.

    Jadi, ada baiknya datang 3—5 jam lebih awal.

    Sebab, sebelum masuk kamar operasi, dibutuhkan paling tidak sekitar 2 jam persiapan, termasuk mengurus administrasi, memasang infus, berganti pakaian, mengecek keadaan bayi, dan persiapan lainnya.

    Bahkan terkadang, Anda mungkin perlu datang ke rumah sakit sehari sebelum operasi caesar bila memang disarankan dokter untuk menjalani tindakan tertentu.

    Jika saat datang ke rumah sakit saja sudah terlambat, Anda mungkin akan lebih panik sehingga semua persiapan justru dilakukan dengan terburu-buru.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Størksen, H.T., Garthus-Niegel, S., Adams, S.S. et al. Fear of childbirth and elective caesarean section: a population-based study. BMC Pregnancy Childbirth 15, 221 (2015). https://doi.org/10.1186/s12884-015-0655-4

    Handan E, Sahiner NC, Bal MD, Dissiz M. Effects of Music during Multiple Cesarean Section Delivery. J Coll Physicians Surg Pak. 2018 Mar;28(3):247-249. https://doi.org/10.29271/jcpsp.2018.03.247

    Caesarean section. (2022). Retrieved 18 October 2022, from https://www.nhs.uk/conditions/caesarean-section/

    Caesarean section. (2022). Retrieved 18 October 2022, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/caesarean-section

    Cesarean Sections (C-Sections) (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2022). Retrieved 18 October 2022, from https://kidshealth.org/en/parents/c-sections.html

    C-section Basics. (2022). Retrieved 18 October 2022, from http://www.childbirthconnection.org/giving-birth/c-section/basics/

    Having a C-section? What pregnant women should know | Your Pregnancy Matters | UT Southwestern Medical Center. (2022). Retrieved 18 October 2022, from https://utswmed.org/medblog/c-section-what-to-know/

    How to Emotionally Prepare for a Cesarean Section | NorthShore. (2022). Retrieved 18 October 2022, from https://www.northshore.org/healthy-you/how-to-emotionally-prepare-for-a-cesarean-section

    I’m scared of giving birth. Can I opt for a caesarean section?. (2022). Retrieved 18 October 2022, from https://www.babycentre.co.uk/x543052/im-scared-of-giving-birth-can-i-opt-for-a-caesarean-section

    What to Expect During a C-Section: 27 Things I Wish I’d Known- Motherly. (2022). Retrieved 18 October 2022, from https://www.mother.ly/birth/c-section/27-things-i-wish-id-known-before-my-c-section/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Reikha Pratiwi Diperbarui Oct 24
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto