home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mempelajari Persiapan dan Pemulihan Operasi Caesar oleh Expert dari Rumah

Mempelajari Persiapan dan Pemulihan Operasi Caesar oleh Expert dari Rumah

Melahirkan secara caesar sedikit banyak berdampak pada kondisi kesehatan Ibu dan si Kecil. Sehingga Ibu perlu mendapatkan pengetahuan yang cukup dan tahu apa yang terjadi pada kondisi Ibu serta si Kecil yang melalui kelahiran caesar. Apalagi jika Ibu telah menentukan akan melahirkan si Kecil secara caesar.

Sebelumnya, informasi terkait caesar masih sangat terbatas. Namun, sekarang Ibu sudah bisa mengakses berbagai informasi tersebut secara online dengan materi lengkap dari berbagai expert (tenaga kesehatan profesional) dan bisa dipelajari sendiri dari rumah agar Ibu siap menjalani operasi caesar. Selalu pastikan untuk membaca informasi yang kredibel dan dari sumber terpercaya untuk menambah pengetahuan Ibu tentang kelahiran caesar.

Namun sebelum itu, sebaiknya ketahui dulu alasan penting Ibu perlu memperkaya diri dengan informasi seputar caesar.

Mengapa pengetahuan tentang persiapan melahirkan caesar penting?

ibu hamil sedang melakukan persiapan operasi caesar

Faktor penentu kelahiran caesar dilihat dari kondisi kesehatan (Ibu dan bayi) atau atas rencana Ibu dan Ayah. Namun apapun faktornya, Ibu lah yang akan berjuang melahirkan si Kecil saat waktu persalinan tiba. Ini menjadi salah satu alasan pentingnya melakukan persiapan melahirkan secara caesar lebih awal.

Si Kecil yang lahir caesar memiliki daya tahan tubuh yang berbeda dibandingkan si Kecil yang lahir secara normal. Berdasarkan penelitian Clinics and Perinatology, si Kecil yang terlahir secara caesar tidak mendapatkan paparan bakteri baik sebagai perlindungan pertama sistem imun mereka saat lahir ke dunia.

Penyebabnya adalah si Kecil tidak mendapatkan paparan bakteri melalui jalur lahir Ibu. Sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi penyakit. Nah, Ibu bisa mendapatkan informasi seputar hal ini melalui website yang terpercaya dan dari tenaga profesional.

Salah satu pengetahuan yang bisa Ibu dapatkan adalah cara mengembalikan daya tahan tubuh si kecil, yaitu melalui pemberian ASI. Karena ASI memiliki nutrisi lengkap, termasuk sinbiotik yang dapat mengembalikan keseimbangan bakteri baik pada saluran cerna untuk daya tahan tubuh si Kecil yang lahir caesar.

Selain dari sisi si Kecil, Ibu juga perlu mengetahui bagaimana proses kelahiran caesar berlangsung, berapa lama proses pemulihan berlangsung, hingga cara merawat jahitan operasi caesar.

Mempelajari Persiapan dan Pemulihan Caesar dari Rumah

Informasi di atas adalah bagian dari rangkaian proses persiapan dan pemulihan caesar yang cukup kompleks. Dibutuhkan diskusi dengan dokter kandungan untuk lebih memahaminya. Namun di era pandemi ini, berkunjung langsung ke dokter tentu tidak mudah. Adakah alternatifnya untuk bisa belajar dari rumah?

Saat ini, Ibu bisa mendapatkan berbagai informasi tentang caesar secara online tanpa perlu beranjak dari rumah. Salah satunya, C-Ready Learning yang #SiapBeriDukunganEkstra untuk persiapan para Ibu di rumah dalam menyambut kelahiran si Kecil.

Pada situs tersebut, Ibu dapat memperoleh edukasi dan informasi penting dari expert atau tenaga kesehatan profesional yang ahli dalam bidangnya, mulai dari dokter kandungan, dokter spesialis anak, serta praktisi seperti bidan.

Ibu bisa mempelajari informasi lengkap dan praktikal terkait persalinan caesar, seperti persiapan sebelum dan setelah persalinan caesar. Halaman informasi ini memiliki tampilan yang ramah pengguna, sehingga Ibu dapat mengakses konten-konten informatif secara mudah dan nyaman, di mana dan kapan saja.

Selain itu, ada juga informasi lain dari situs Kementerian Kesehatan dan persatuan dokter kandungan Indonesia yang bisa diakses. Semua bertujuan untuk membantu Ibu dalam mempersiapkan proses caesar lebih baik lagi.

Persiapan kelahiran caesar yang perlu Ibu ketahui

Kini Ibu sudah tahu betapa pentingnya memperoleh pengetahuan sebagai persiapan persalinan caesar dari informasi resmi dari tenaga profesional. Lantas jenis informasi seperti apa saja yang perlu Ibu dapatkan untuk mempersiapkan kelahiran si Kecil ke dunia? Yuk, simak di bawah ini.

Seluk-beluk persalinan caesar

mempercepat pembukaan persalinan

Biasanya dokter akan merekomendasikan beberapa ketentuan sebelum melakukan persalinan caesar. Ibu perlu mencari informasi apa saja yang perlu dipersiapkan ketika melakukan persalinan caesar.

Mayo Clinic menyebutkan, biasanya dokter meminta Anda untuk tidak mencukur bulu kemaluan dalam waktu 24 jam, karena bisa meningkatkan infeksi. Karena bulu kemaluan dapat memproteksi kuman masuk melalui vagina, meskipun si Kecil lahir secara caesar. Bila memang dokter merekomendasikan mencukur, biarkan perawat membantu Ibu.

Ibu juga perlu tahu bahwa di rumah sakit, dokter akan mempersiapkan kateter untuk memudahkan Ibu buang air kecil. Termasuk juga infus untuk mengalirkan cairan atau medikasi yang Ibu butuhkan. Selama proses persalinan, Ibu akan mendapat bius lokal, sehingga tubuh Ibu akan mati rasa selama operasi berlangsung untuk meminimalkan rasa sakit.

Konsultasi bersama tenaga kesehatan profesional

ibu hamil berkonsultasi ke dokter mengenai persalinan caesar

Di samping menghimpun informasi dari situs yang resmi dan terpercaya, Ibu juga bisa “berburu” dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional. Ibu dapat melakukan aktivitas tersebut secara online ataupun datang langsung ke dokter kandungan yang sudah Ibu pilih.

Jangan sungkan untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait persiapan kelahiran caesar. Tentu mereka akan memberikan jawaban atas pertanyaan atau keresahan Ibu. Ibu dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut:

  • Apa saja keuntungan melahirkan secara caesar?
  • Adakah risiko melahirkan secara caesar? Bagaimana cara meminimalkan risiko tersebut?
  • Adakah juga risiko untuk si Kecil? Bagaimana cara menanggulangi hal tersebut?
  • Adakah pantangan atau rekomendasi makanan atau minuman tertentu untuk melahirkan secara caesar?
  • Bagaimana caranya agar saya tetap tenang menghadapi persalinan caesar?
  • Berapa lama proses pemulihan caesar?

Ini merupakan rekomendasi dari laman University of South Florida mengenai persiapan kelahiran secara caesar. Jika ada pertanyaan tambahan lainnya, jangan sungkan untuk bertanya ke dokter kandungan, ya, Bu.

Langkah pemulihan persalinan caesar

Setelah perjuangan menyambut si Kecil ke dunia, sekarang waktunya Ibu memulihkan diri. Mengutip laman Tommys, kelahiran caesar membutuhkan waktu pemulihan sekitar enam minggu.

Berikut beberapa persiapan pasca operasi caesar yang perlu Ibu ketahui dan pelajari:

1. Merawat bekas luka caesar

Ibu perlu mempelajari cara merawat bekas luka operasi caesar, sampai luka tersebut sembuh dan Ibu bisa beraktivitas seperti semula.

2. Minum obat pereda nyeri

Ibu masih akan merasakan nyeri saat masa pemulihan yang dapat berlangsung tujuh hingga sepuluh hari atau lebih. Maka itu, penting untuk mengetahui informasi kapan saja Ibu perlu mengonsumsi obat pereda nyeri.

3. Banyak istirahat

Ibu perlu mengetahui alasan penting beristirahat panjang selama masa pemulihan persalinan caesar, serta aktivitas seperti apa yang sebaiknya dihindari sementara waktu.

4. Tidak berhubungan intim sementara

Kulik juga informasi berapa lama Ibu dan Ayah harus “beristirahat” dari aktivitas seksual pasca persalinan caesar. Untuk memastikan waktu yang tepat memulai kembali hubungan intim, Ibu disarankan untuk berkonsultasi ke dokter.

5. Meminta bantuan Ayah

Pahami juga informasi kondisi fisik dan mental yang mungkin akan dialami Ibu pasca persalinan. Ketahui juga kapan saja Ibu memerlukan bantuan Ayah atau kerabat terdekat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Mulai sekarang, mari melengkapi diri dengan beragam informasi terkait persiapan kelahiran caesar juga perlu dilakukan bersama-sama. Melalui kumpulan informasi di atas, semoga Ibu dan Ayah bisa jadi lebih siap dalam menghadapi masa persalinan dan pemulihan caesar.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Having a C-section? What pregnant women should know | Your Pregnancy Matters | UT Southwestern Medical Center. (2021). Retrieved 21 March 2021, from https://utswmed.org/medblog/c-section-what-to-know/

Neu, J., & Rushing, J. (2011). Cesarean Versus Vaginal Delivery: Long-term Infant Outcomes and the Hygiene Hypothesis. Clinics In Perinatology, 38(2), 321-331. doi: 10.1016/j.clp.2011.03.008

C-section – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 21 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/c-section/about/pac-20393655

What Every Pregnant Woman Needs to Know about Cesarean Section. Retrieved 21 March 2021, from https://health.usf.edu/publichealth/chiles/fpqc/provide/~/media/95E35A2E80A445F9836333A60FBC93BA.ashx

Recovering at home after a c-section. (2021). Retrieved 21 March 2021, from https://www.tommys.org/pregnancy-information/giving-birth/caesarean-section/recovering-home-after-c-section

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x