Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil untuk Ibu dan Bayi

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil untuk Ibu dan Bayi

Pada masa kehamilan, ibu biasanya mudah mengalami perubahan suasana hati. Nah, mendengarkan musik bisa menjadi hal menyenangkan yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi mood yang berantakan. Apalagi, ada beberapa manfaat yang bisa ibu rasakan dari mendengarkan musik saat hamil baik untuk ibu dan juga bayi. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat mendengarkan musik saat hamil bagi ibu

Manfaat mendengarkan musik saat hamil

Perasaan tidak tenang, stres, atau suasana hati yang tidak menentu kerap menjadi masalah atau keluhan ibu hamil yang biasa terjadi.

Perlu ibu ketahui bahwa rasa cemas dan stres dapat menimbulkan dampak yang negatif pada ibu dan bayi.

Maka dari itu, ada baiknya ibu hamil melakukan kegiatan yang bisa meredakan ketegangan dan memperbaiki suasana hati seperti mendengarkan musik.

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat dari mendengarkan musik saat hamil.

1. Menjadi lebih mudah tidur

Dikutip dari American Pregnancy Association, susah tidur saat hamil merupakan hal yang umum dan memengaruhi hampir 78% ibu hamil.

Hal ini juga bisa terjadi pada setiap trimester kehamilan, tergantung dengan kondisi kesehatan fisik dan mental ibu.

Salah satu solusi mudah yang bisa ibu lakukan saat susah tidur adalah dengan mendengarkan musik.

Dalam penelitian Effect of Music Listening in Pregnant Women ditemukan bahwa terapi musik pada ibu hamil dapat meningkatkan kualitas tidur.

Studi ini mendukung teori bahwa manfaat mendengarkan musik saat hamil dapat mengurangi stres, kecemasan, hingga tidur lebih nyenyak.

2. Mengurangi stres dan cemas

Dikutip dari International Forum for Wellbeing in Pregnancy, salah satu manfaat mendengarkan musik saat hamil adalah mengurangi tingkat stres yang dirasakan ibu.

Rasa stres dan cemas sudah terbukti mempunyai efek buruk pada kesehatan ibu dan perkembangan janin. Perasaan ini kerap muncul mendekati waktu persalinan.

Agar tidak berlarut-larut, coba dengarkan musik-musik yang menenangkan atau Anda sukai.

Saat rileks, tubuh menghasilkan hormon serotonin dan endorfin, yaitu hormon yang membuat perasaan bahagia, hormon ini kemudian akan ditransfer ke bayi melalui plasenta.

3. Menurunkan tekanan darah

Komplikasi kehamilan terkadang bisa muncul meski ibu sudah berusaha menjaga kesehatan diri dan janin.

Salah satu jenis yang cukup umum adalah preeklampsia atau tekanan darah tinggi yang mengakibatkan aliran darah sulit mencapai plasenta.

Nah ternyata, melansir dari penelitian yang terbit di Semantic Scholar, mendengarkan musik saat hamil punya manfaat menakjubkan yaitu menurunkan tekanan darah pada wanita yang mengalami preeklampsia.

Pilihlah genre musik yang Anda sukai, tidak terbatas pada musik klasik maupun lagu pengantar tidur.

Manfaat mendengarkan musik saat hamil untuk bayi

hamil mendengarkan musik

Dikutip dari UNICEF, mendengarkan musik saat hamil tidak hanya memberikan manfaat bagi ibu hamil. Akan tetapi, juga memberikan pengaruh positif pada janin.

Dijelaskan sedikit di atas bahwa rasa cemas dan stres berkepanjangan pada ibu hamil bisa memberikan efek pada bayi.

Sebagai contoh, dapat menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan lahir rendah, dan meningkatkan risiko masalah perilaku pada perkembangan anak.

Menjelang akhir trimester kedua, janin dalam kandungan sudah mampu mendengar sepenuhnya.

Suara utama yang dapat didengarnya adalah detak jantung, pernapasan, pompa darah, dan suara pencernaan ibu. Janin juga sudah mampu mendengar suara-suara yang berasal dari luar tubuh ibu.

Setelah lahir, bayi akan mengingat dan terhibur oleh suara-suara yang ia dengar saat berada di rahim. Salah satunya adalah suara musik yang didengarkan ibu.

Berikut beberapa manfaat mendengarkan musik saat hamil untuk bayi.

1. Berperan dalam perkembangan otak

Mendengarkan musik saat hamil dapat mengembangkan dasar-dasar kemampuan belajar dan perilaku anak di kemudian hari.

Hal ini karena musik dapat merangsang pertumbuhan struktur otak dan menghubungkan banyak aktivasi sel otak.

Bisa dikatakan bahwa perkembangan otak sudah dapat dirangsang sejak bayi masih berada di dalam kandungan.

Maka dari itu, manfaat mendengarkan musik saat hamil tidak hanya untuk ibu, tetapi juga untuk bayi.

Namun, perlu pula diingat bahwa musik memang dapat merangsang perkembangan awal otak, tetapi tidak menjamin kecerdasan anak.

Hal ini ditentukan dengan bagaimana orangtua melatih perkembangan kognitif, sensorik, hingga motoriknya.

2. Membantu bayi tidur

Manfaat lainnya dari mendengarkan musik saat hamil lainnya untuk bayi adalah membantu menenangkan dan membuatnya lebih cepat tidur.

Apalagi, bayi juga dapat mengingat dan mengenali musik yang biasa didengarkan ibu saat ia masih berada di dalam kandungan.

Musik yang sudah dikenali akan menjadi terapi tersendiri untuknya sehingga dapat menyeimbangkan detak jantung sekaligus melancarkan pernapasan.

Tidak hanya itu saja, mendengarkan musik juga dapat membantu membentuk pola tidur bayi menjadi lebih teratur.

3. Meningkatkan refleks bayi baru lahir

Mendengarkan musik saat hamil ternyata bisa membuatnya merasakan getaran yang dihasilkan musik.

Hal ini memancing janin di dalam kandungan untuk bergerak sesuai denyut getaran musik di dalam kandungan.

Nantinya setelah si kecil lahir, hal ini dapat meningkatkan refleks yang biasa dimiliki bayi baru lahir.

4. Meningkatkan kemampuan indra pendengaran bayi

Ketika ibu mendengarkan musik melalui headphone, ini dapat meningkatkan konsentrasi, indra pendengaran, dan keterampilan bayi dalam rahim.

Mungkin bayi tidak memahami musik pada saat ia masih di dalam kandungan.

Akan tetapi, getaran dan gelombang musik yang dihasilkan dapat membuat bayi lebih berkonsentrasi pada suara saat ia lahir.

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan saat mendengarkan musik saat hamil adalah menjaga volume agar tidak terlalu keras.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjur mengenai manfaat mendengarkan musik saat hamil.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bonding with your baby during pregnancy. (2021). Retrieved 26 January 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/bonding-with-your-baby-during-pregnancy

How music affects your baby’s brain: Mini Parenting Master Class. (2021). Retrieved 26 January 2021, from https://www.unicef.org/parenting/child-development/how-music-affects-your-babys-brain-class

Arya, R., Chansoria, M., Konanki, R., & Tiwari, D. (2012). Maternal Music Exposure during Pregnancy Influences Neonatal Behaviour: An Open-Label Randomized Controlled Trial. International Journal Of Pediatrics, 2012, 1-6. doi: 10.1155/2012/901812

Listening to music during pregnancy: Myths and Facts – International Forum for Wellbeing in Pregnancy. (2021). Retrieved 26 January 2021, from https://www.ifwip.org/music-pregnancy-fetal-hearing-relaxation-stress-wellbeing/

Cao, S., Sun, J., Wang, Y., Zhao, Y., Sheng, Y., & Xu, A. (2016). Music therapy improves pregnancy-induced hypertension treatment efficacy. Retrieved 26 January 2021, from https://www.semanticscholar.org/paper/Music-therapy-improves-pregnancy-induced-treatment-Cao-Sun/03126f3742a147fae728844cac21ca3a3db7902a?p2df

Corbijn van Willenswaard, K., Lynn, F., McNeill, J., McQueen, K., Dennis, C., Lobel, M., & Alderdice, F. (2017). Music interventions to reduce stress and anxiety in pregnancy: a systematic review and meta-analysis. BMC Psychiatry, 17(1). doi: 10.1186/s12888-017-1432-x

Liu, Y., Lee, C., Yu, C., & Chen, C. (2015). Effects of music listening on stress, anxiety, and sleep quality for sleep-disturbed pregnant women. Women & Health, 56(3), 296-311. doi: 10.1080/03630242.2015.1088116

Pregnancy Insomnia: Snooze Or Lose! – American Pregnancy Association. (2012). Retrieved 26 January 2021, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/insomnia-during-pregnancy-988/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 06/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x