home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Daftar Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Menjalani Operasi Medis

Daftar Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Menjalani Operasi Medis

Setelah dokter menyatakan bahwa Anda butuh operasi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan demi menjamin kelancaran dan keberhasilan operasi. Entah itu operasi kecil seperti usus buntu hingga operasi besar seperti pasang ring jantung dan bedah lutut. Apa saja persiapan sebelum operasi medis yang harus diperhatikan? Berikut daftar lengkapnya.

Yang harus dipertimbangan sebelum memutuskan untuk operasi

Sebelum menjalani prosedur operasi, ada baiknya Anda mempertimbangkan dulu empat hal penting di bawah ini.

1. Apakah operasi merupakan solusi terbaik?

Pastikan bahwa operasi atau pembedahan merupakan langkah paling tepat dalam mengatasi kondisi Anda. Untuk itu, sebaiknya mintalah pendapat dokter lain (second opinion). Dari situ, Anda bisa menilai apakah benar-benar yakin dengan keputusan menjalani operasi.

2. Kredibilitas dokter dan fasilitas rumah sakit

Kalau sudah yakin mau operasi, hal kedua yang harus dicek yaitu kredibilitas dokter yang akan menjalani operasi Anda serta fasilitas yang disediakan rumah sakit. Mulai dari dokter bedah sampai dokter bius, cari tahu dulu rekam jejak serta pengalamannya.

Kemudian cek kelengkapan fasilitas di rumah sakit tempat Anda operasi. Apakah ada layanan darurat jika terjadi komplikasi saat operasi? Apakah alat dan mesin yang diperlukan untuk operasi tersedia? Anda bisa langsung berkonsultasi dengan ahli bedah atau dokter untuk memastikan hal ini.

3. Biaya dan layanan asuransi

Kalau rumah sakit dan dokter Anda sudah terpercaya, saatnya cek biaya operasi dan kebijakan asuransi Anda. Saat memeriksa biaya operasi, perhatikan secara mendetail agar nanti di tengah-tengah prosedur tak ada biaya tersembunyi yang bikin tagihan membengkak.

4. Peraturan rumah sakit

Jangan lupa, pastikan Anda dan keluarga sudah paham betul peraturan rumah sakit ketika Anda dioperasi. Misalnya apakah ada anggota keluarga yang boleh menunggui Anda, seperti apa aturan besuknya, dan siapa yang nanti akan dihubungi pihak rumah sakit bila ada informasi penting seputar prosedur operasi Anda.

Yang harus dipersiapkan sebelum operasi medis

Setelah Anda memastikan empat hal penting di atas, saatnya Anda mempersiapkan diri untuk menjalani operasi. Baik secara fisik maupun mental, inilah yang harus disiapkan sebelum operasi.

1. Menjalani gaya hidup sehat

Kalau Anda sudah tahu akan menjalani operasi, Anda harus segera mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Dirangkum dari berbagai penelitian, orang yang menjalani gaya hidup sehat punya peluang keberhasilan operasi lebih besar dan waktu pemulihan lebih cepat.

Pastikan Anda cukup tidur, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan aktif bergerak. Penting juga untuk berhenti merokok dan minum alkohol sampai Anda sembuh total.

2. Puasa sebelum operasi medis

Beberapa hari sebelum operasi dokter akan memberi tahu apakah Anda perlu puasa dulu sebelum operasi. Pasalnya, perut yang kosong akan membantu kerja bius selama Anda dibedah. Konsultasikan secara rinci makanan apa saja yang tak boleh dikonsumsi dan kapan puasa harus dimulai. Termasuk apakah Anda masih harus melanjutkan minum obat yang sudah diresepkan sebelumnya.

3. Pemeriksaan kesehatan sebelum operasi

Biasanya Anda diminta untuk periksa kesehatan dulu di rumah sakit sehari atau beberapa hari sebelum operasi medis. Pemeriksaan ini meliputi riwayat penyakit, riwayat minum obat, atau cek darah.

4. Jangan membawa atau memakai aksesori apapun

Tanggalkan semua perhiasan seperti kalung, cincin, dan anting sebelum operasi. Anda juga sebaiknya tidak memakai cat kuku atau riasan wajah apapun. Gunanya adalah mencegah infeksi bakteri atau kontaminasi dari partikel-partikel asing selama operasi berlangsung.

5. Bawa baju ganti yang nyaman

Saat memulihkan diri di rumah sakit setelah operasi, siapkan baju dan pakaian dalam yang longgar, menyerap keringat, dan mudah dilepas dan dikenakan. Terutama kalau setelah operasi nanti pergerakan Anda jadi terbatas.

6. Minta dukungan orang-orang terdekat

Ketika tiba saatnya Anda operasi, percayalah bahwa Anda berada di tangan para ahli dan profesional yang tepat. Sebaiknya Anda juga minta dukungan dan kehadiran orang terdekat selama operasi berjalan. Pastikan ada orang yang nanti akan membantu Anda memulihkan diri setelah operasi selesai, baik di rumah sakit maupun di rumah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Preparing for Surgery. http://www.nhs.uk/conditions/surgery/pages/preparing-for-surgery.aspx Diakses pada 22 Mei 2017.

Tips to Get Ready for Surgery. http://www.webmd.com/healthy-aging/ss/slideshow-surgery-prep Diakses pada 22 Mei 2017.

What You Need to Know About Surgery. http://www.everydayhealth.com/healthy-living-pictures/ways-to-prepare-for-surgery.aspx Diakses pada 22 Mei 2017.

Preparing for Surgery: An Anesthesia Checklist. https://www.asahq.org/whensecondscount/patients%20home/preparing%20for%20surgery Diakses pada 22 Mei 2017.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 29/05/2017
x