backup og meta
Kategori

2

Tanya Dokter
Simpan
Cek Kondisi

4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Menjelang Persalinan

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 06/07/2021

4 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Menjelang Persalinan

Menjelang persalinan, tubuh Anda harus tetap sehat dan bugar. Pasalnya, proses melahirkan tentu butuh energi yang besar dan waktunya mungkin cukup lama. Karena itulah Anda harus mempersiapkan daya tahan tubuh Anda sebelum melahirkan. Ingin tahu caranya? Simak terus tips-tipsnya di bawah ini.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh menjelang persalinan

1. Tidur yang cukup

Menjelang persalinan, Anda sebaiknya meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Jika Anda merasa kelelahan maka beristirahatlah.

Kalau Anda masih susah tidur, cobalah untuk mandi dengan air hangat dan jangan main handphone sebelum tidur.

Agar tidak mengganggu bayi Anda ketika tidur, posisi tidur yang aman untuk ibu hamil adalah posisi menyamping. Posisi ini bisa mengurangi tekanan berlebihan dari perut jika Anda tidur telentang, misalnya.

Jika waktu tidur Anda terjaga dan posisi tidur Anda nyaman, Anda bisa menyiapkan tubuh Anda untuk persalinan.

2. Menjaga asupan gizi

Ada dua cara penting yang harus Anda lakukan untuk menjaga asupan gizi menjelang persalinan. Kuncinya adalah minum dan makan yang sehat. Lebih jelasnya, simak rangkumannya berikut ini.

Minum air

Minum air putih adalah cara yang paling sehat dan mudah untuk menjaga  tubuh agar tidak kekurangan cairan. Selama kehamilan, kebutuhan air Anda meningkat hingga dua liter per hari. Akan tetapi, kebutuhan ini bisa berbeda-beda pada setiap ibu hamil, tergantung pada kondisi kehamilan Anda.

Minuman lain yang bisa Anda konsumsi adalah jus buah dan sayur yang mengandung banyak serat, vitamin B (khususnya asam folat), vitamin K, vitamin E, dan vitamin C. Misalnya jus alpukat, jus jambu, atau jus wortel.

Makan

Proses melahirkan akan memakan waktu lama dan banyak tenaga. Jadi, kebiasaan sering menunda waktu makan, akan memengaruhi asupan gizi Anda. Tetap jaga pola makan sehat Anda menjelang persalinan. Banyak mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli yang kaya akan antioksidan dapat meningkatkan sistem imun sehingga Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

Selain itu, makanan fermentasi seperti yogurt juga bisa Anda konsumsi. Yogurt kaya akan protein dan karbohidrat untuk menambah energi Anda. Di samping itu, yogurt juga tinggi akan probiotik yang bagus untuk bakteri baik dalam tubuh. Bakteri baik sendiri akan menjadi sumber energi yang dibutuhkan sistem imun agar bisa menjaga daya tahan tubuh.

3. Rileks dan menghindari stres

Perasaan bahagia, tegang, dan takut pasti muncul ketika menjelang persalinan. Jika Anda terlalu tegang dan khawatir dengan apa yang akan terjadi, bisa jadi hormon kortisol dalam tubuh Anda meningkat dan akan menyebabkan stres.

Hal ini tentu akan mengganggu kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, Anda bisa ikut kelas persalinan atau mencoba meditasi guna menenangkan pikiran. Anda juga dianjurkan untuk mengelola stres supaya tidak berlebihan. Misalnya dengan menarik napas dalam atau bicara dengan pasangan soal kekhawatiran Anda.

4. Olahraga ringan

Berenang atau menggerak-gerakan badan Anda merupakan latihan yang baik selama kehamilan. Kegiatan tersebut menaikkan detak jantung Anda dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Jika Anda melakukan olahraga dengan sekadar berjalan-jalan, cobalah untuk menikmati udara pagi dan sinar matahari. Namun, ingatlah untuk selalu berhati-hati dan jangan berolahraga terlalu keras.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 06/07/2021

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan