Setelah Melahirkan Penglihatan Jadi Terganggu, Kenapa, Ya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Faktanya, ada banyak perubahan yang terjadi setelah melahirkan. Ya, selain kehadiran sang bayi, ibu dihadapkan dengan perubahan fungsi tubuh juga, lho. Beberapa di antaranya bahkan mengalami gangguan penglihatan pasca melahirkan. Sebenarnya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Apakah ibu harus khawatir akan perubahan setelah persalinan ini?

Kenapa penglihatan terganggu setelah melahirkan?

Perubahan pada fungsi penglihatan tentu bisa dengan mudah terdeteksi. Pasalnya, mata merupakan satu dari sekian banyak organ tubuh yang berperan penting untuk membantu Anda melihat suatu objek dengan jelas. Apa pun perubahan yang terjadi menyangkut kemampuan Anda dalam melihat, tak terkecuali usai persalinan, pasti membuat Anda bertanya-tanya mengenai penyebabnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pregnancy, menyebutkan bahwa memang biasanya akan ada penurunan fungsi visual yang dimulai sejak trimester kedua kehamilan. Bahkan tak jarang, kondisi ini bisa terus berlanjut sampai Anda telah selesai melahirkan.

1. Penglihatan kabur

Perubahan kadar hormon, metabolisme, sirkulasi darah, serta retensi air dalam tubuh merupakan beberapa hal yang umum terjadi selama masa kehamilan. Peluang satu atau beberapa kondisi tersebut untuk terjadi pasca persalinan pun masih terbilang besar. Itu sebabnya, beberapa ibu mengeluhkan penglihatan yang tampak kabur dan tidak jelas.

Alasannya karena setelah proses persalinan selesai, maka retensi air yang ada di saluran mata akan terhambat. Bentuk kornea mata pun akan berubah karena mengalami penebalan sehingga kemudian menyebabkan fungsi penglihatan menurun setelah melahirkan.

2. Preeklamsia

Preeklamsia adalah komplikasi dalam kehamilan akibat meningkatnya tekanan darah ibu. Meski umumnya preeklamsia dialami saat kehamilan telah menginjak usia 20 minggu, bukan tidak mungkin efek samping dari preeklamsia dapat muncul setelah melalui proses melahirkan.

Dalam kasus ini, tidak hanya kerusakan organ yang bisa terjadi, Anda mungkin akan kesulitan untuk melihat karena sensitivitas cahaya yang ditangkap oleh mata kian menurun sehingga penglihatan mendadak buram. Preeklamsia membutuhkan penanganan yang tepat dari dokter guna mencegah komplikasi yang jauh lebih serius.

3. Adenoma pituitari

Adenoma pituitari, yang dikenal juga sebagai tumor hipofisis, adalah kondisi ketika jumlah hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis pada otak jauh di atas normal. Padahal seharusnya, bagian otak ini bertanggungjawab untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Di samping mengacaukan keseimbangan hormon, tumor pada kelenjar hipofisis ini juga akan memengaruhi kemampuan Anda dalam melihat dengan suatu objek dengan jelas.

4. Mata tidak fokus

Robert DiMartino, OD, seorang dosen ahli optometri dari University of California School of Optometry, menuturkan bahwa faktor kehamilan dan melahirkan nyatanya bisa mengubah kemampuan Anda dalam melihat. Ini biasanya terjadi saat ada kesalahan bias atau cara mata dalam menangkap gambar suatu objek.

Itulah mengapa mata cenderung kesulitan untuk fokus terhadap titik sasaran penglihatan sehingga mendadak Anda mengeluhkan fungsi penglihatan tidak setajam dulu.

Cara aman mengobati menurunnya kemampuan penglihatan

Anda bisa bernapas lebih lega sekarang, karena penglihatan yang tampak kurang fokus dan jelas setelah persalinan biasanya tidak akan berlangsung terlalu lama. Jika dirasa mengganggu aktivitas harian, sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter mata Anda agar segera dicari penyebab yang mendasarinya beserta perawatan yang tepat.

Dalam kasus yang terbilang ringan, dokter mungkin akan meresepkan obat tetes mata untuk meredakan masalah penglihatan yang Anda alami. Bila ternyata Anda memiliki gangguan mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, atau astigmastime, maka penggunaan lensa kacamata bisa jadi pilihan yang tepat.

Akan tetapi jika ternyata yang memicu menurunnya penglihatan Anda adalah karena penyakit tertentu, dokter tentu akan menyarankan pengobatan yang disesuaikan kembali berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Peran Ayah dalam Membantu Ibu yang Mengalami Depresi Postpartum

Usai melahirkan tidak sedikit ibu yang mengalami depresi postpartum. Bagaimana peran ayah membantu ibu tercinta melewati depresi postpartum?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 1 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Manfaat Afirmasi Positif Ibu Hamil dan Ibu Melahirkan Bagi Kesehatan Jiwanya

Afirmasi positif dapat melindungi ibu hamil dan melahirkan dari stres, baby blues, hingga depresi. Lantas, apa itu afirmasi positif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Melahirkan, Kehamilan 30 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Masalah Kulit yang Mungkin Muncul Usai Melahirkan

Bagi para wanita yang baru saja menjalani proses persalinan, tidak jarang muncul masalah kulit setelah melahirkan yang cukup mengganggu, apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Melahirkan, Kehamilan 29 September 2019 . Waktu baca 3 menit

Kenali Perdarahan Lokia dan Pembekuan Darah Setelah Melahirkan

Keluar darah selama masa nifas itu normal. Namun, seberapa banyak normlanya darah keluar saat nifas? Cari tahu jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Melahirkan, Kehamilan 30 Agustus 2019 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

darah tinggi setelah melahirkan

Kenali Gejala dan Bahaya Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
pantangan makan setelah melahirkan

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Dulu Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
korset perut setelah melahirkan

Perlukah Memakai Korset Perut Setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Retinopati diabetik

Retinopati Diabetik

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 September 2020 . Waktu baca 8 menit