Ternyata, Makan Makanan Ini Bisa Membuat Menopause Datang Lebih Cepat

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22/04/2019
Bagikan sekarang

Setiap wanita pasti akan mengalami masa menopause, yaitu berhentinya siklus menstruasi. Umumnya, kondisi ini terjadi saat seorang wanita mencapai usia tertentu, antara 45-55 tahun. Namun, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat bisa menjadi penyebab menopause muncul lebih cepat.

Mengapa menopause dini bisa terjadi?

Menopause memang hal yang pasti dialami setiap wanita. Namun, tidak dengan menopause dini. Menopause dini terjadi pada seorang wanita sebelum usianya mencapai 40 tahun. Akibatnya, kondisi ini dapat membawa banyak komplikasi.

Hilangnya kepadatan tulang, risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, dan hilangnya hasrat seksual hanya beberapa konsekuensi dari menopause dini.

Justru, wanita yang memasuki menopause-nya secara normal memiliki beberapa manfaat kesehatan. Sebagai contoh, sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa wanita yang mengalami menopause di usia lebih tua dapat menghindari penurunan kognitif pada wanita lansia.

Karbohidrat diduga menjadi penyebab menopause lebih cepat

kebutuhan karbohidrat

Pada sebuah penelitian terhadap 35.000 wanita Inggris berusia 40-65 tahun, para peneliti menemukan bahwa ada hubungan antara konsumsi karbohidrat dengan penyebab menopause yang datang lebih cepat.

Hasil penelitian yang dilakukan selama 4 tahun itu menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat olahan mengalami menopause lebih cepat. Hal ini mungkin berkaitan dengan cara makanan tertentu dalam memengaruhi hormon.

Karbohidrat olahan adalah salah satu penyebab resistensi insulin. Insulin yang tinggi ini kemudian dapat mengganggu aktivitas hormon seks dan meningkatkan kadar estrogen.

Saat hormon seks terganggu dan kadar estrogen meningkat, jumlah siklus menstruasi juga meningkat dan menguras pasokan sel ovum. Itu sebabnya, peneliti menduga bahwa karbohidrat berperan dalam menyebabkan menopause yang datang lebih awal.

Sejauh apa karbohidrat menjadi penyebab menopause datang lebih cepat

Dilihat dari hasil penelitian tersebut, sebanyak 900 wanita dari 14.000 yang terlacak menunjukkan menopause yang terjadi alami. Rata-rata, menopause dimulai pada usia 51 tahun.

Akan tetapi, penelitian itu juga menunjukkan bahwa untuk setiap tambahan asupan harian dari porsi standar karbohidrat olahan, menopause dimulai lebih cepat, yaitu sekitar 1,5 tahun sebelumnya.

Hal inilah yang membuat peneliti menyimpulkan adanya hubungan antara makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan penyebab menopause datang lebih cepat.

Selain karbohidrat, makanan ini juga menyebabkan menopause lebih awal

Tak hanya karbohidrat olahan, para peneliti juga menemukan bahwa wanita vegetarian mengalami menopause sekitar satu tahun lebih awal, dibandingkan mereka yang mengonsumsi daging.

Hasil temuan menunjukkan bahwa kandungan lemak serat tinggi dalam makanan vegetarian berkaitan dengan kadar estrogen yang rendah, penyebab menopause datang lebih cepat.

Meski begitu, mereka yang mengonsumsi daging, namun makan makanan gurih dalam jumlah yang tinggi setiap harinya, diketahui juga mengalami menopause lebih awal 2 tahun dibandingkan yang tidak. Beberapa makanan yang berkontribusi antara lain keripik kentang, pretzel, dan kacang.

Konsumsi makanan berikut jika tak ingin menopause datang lebih cepat

jenis kacang-kacangan

Karbohidrat olahan diduga menjadi salah satu penyebab menopause datang lebih cepat. Lantas, apa ada makanan yang bisa mencegah kondisi itu terjadi?

Masih dari penelitian yang sama, peneliti menemukan bahwa menopause cenderung dimulai belakangan di antara mereka yang mengonsumsi banyak ikan dan kacang polong.

Setiap porsi harian tambahan minyak ikan dan kacang-kacangan dapat menunda menopause sekitar tiga tahun. Asupan harian yang lebih tinggi dari vitamin B6 dan seng juga berhubungan dengan munculnya menopause di usia yang lebih tua.

Meski makanan memengaruhi menopause yang Anda alami, bukan berarti ini menjadi satu-satunya penyebab apakah menopause Anda akan datang lebih cepat atau tidak. Terdapat pula faktor lain, yaitu genetik, yang bisa membuat Anda mengalami kondisi ini.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Rutin Berhubungan Seks Bisa Memperlambat Datangnya Menopause

Menurut penelitian, lebih sering berhubungan seks bisa membantu perempuan memperlambat datangnya masa menopause. Bagaimana penjelasannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

4 Manfaat Diet Flexitarian, Pola Diet Nabati Tanpa Hindari Daging

Melalui diet flexitarian, Anda bisa memperoleh manfaat pola diet nabati harus kehilangan asupan nutrisi yang umumnya ditemukan pada bahan pangan hewani.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 03/04/2020

5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Menopause

Menopause menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, termasuk berat badan. Meski demikian, Anda dapat menurunkan berat badan setelah menopause dengan

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Asupan Protein Nabati yang Penting untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Apakah nutrisi penting si kecil dapat terpenuhi saat menjalani pola makan vegetarian? Berikut beberapa sumber protein nabati anak dan kandungannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

makan sayuran

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020
makanan lebaran sehat

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
resep bola-bola coklat untuk buka puasa

Resep Bola-Bola Cokelat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bareng Si Kecil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020