Ternyata, Makan Makanan Ini Bisa Membuat Menopause Datang Lebih Cepat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 April 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Setiap wanita pasti akan mengalami masa menopause, yaitu berhentinya siklus menstruasi. Umumnya, kondisi ini terjadi saat seorang wanita mencapai usia tertentu, antara 45-55 tahun. Namun, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat bisa menjadi penyebab menopause muncul lebih cepat.

Mengapa menopause dini bisa terjadi?

Menopause memang hal yang pasti dialami setiap wanita. Namun, tidak dengan menopause dini. Menopause dini terjadi pada seorang wanita sebelum usianya mencapai 40 tahun. Akibatnya, kondisi ini dapat membawa banyak komplikasi.

Hilangnya kepadatan tulang, risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, dan hilangnya hasrat seksual hanya beberapa konsekuensi dari menopause dini.

Justru, wanita yang memasuki menopause-nya secara normal memiliki beberapa manfaat kesehatan. Sebagai contoh, sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa wanita yang mengalami menopause di usia lebih tua dapat menghindari penurunan kognitif pada wanita lansia.

Karbohidrat diduga menjadi penyebab menopause lebih cepat

kebutuhan karbohidrat

Pada sebuah penelitian terhadap 35.000 wanita Inggris berusia 40-65 tahun, para peneliti menemukan bahwa ada hubungan antara konsumsi karbohidrat dengan penyebab menopause yang datang lebih cepat.

Hasil penelitian yang dilakukan selama 4 tahun itu menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat olahan mengalami menopause lebih cepat. Hal ini mungkin berkaitan dengan cara makanan tertentu dalam memengaruhi hormon.

Karbohidrat olahan adalah salah satu penyebab resistensi insulin. Insulin yang tinggi ini kemudian dapat mengganggu aktivitas hormon seks dan meningkatkan kadar estrogen.

Saat hormon seks terganggu dan kadar estrogen meningkat, jumlah siklus menstruasi juga meningkat dan menguras pasokan sel ovum. Itu sebabnya, peneliti menduga bahwa karbohidrat berperan dalam menyebabkan menopause yang datang lebih awal.

Sejauh apa karbohidrat menjadi penyebab menopause datang lebih cepat

Dilihat dari hasil penelitian tersebut, sebanyak 900 wanita dari 14.000 yang terlacak menunjukkan menopause yang terjadi alami. Rata-rata, menopause dimulai pada usia 51 tahun.

Akan tetapi, penelitian itu juga menunjukkan bahwa untuk setiap tambahan asupan harian dari porsi standar karbohidrat olahan, menopause dimulai lebih cepat, yaitu sekitar 1,5 tahun sebelumnya.

Hal inilah yang membuat peneliti menyimpulkan adanya hubungan antara makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan penyebab menopause datang lebih cepat.

Selain karbohidrat, makanan ini juga menyebabkan menopause lebih awal

Tak hanya karbohidrat olahan, para peneliti juga menemukan bahwa wanita vegetarian mengalami menopause sekitar satu tahun lebih awal, dibandingkan mereka yang mengonsumsi daging.

Hasil temuan menunjukkan bahwa kandungan lemak serat tinggi dalam makanan vegetarian berkaitan dengan kadar estrogen yang rendah, penyebab menopause datang lebih cepat.

Meski begitu, mereka yang mengonsumsi daging, namun makan makanan gurih dalam jumlah yang tinggi setiap harinya, diketahui juga mengalami menopause lebih awal 2 tahun dibandingkan yang tidak. Beberapa makanan yang berkontribusi antara lain keripik kentang, pretzel, dan kacang.

Konsumsi makanan berikut jika tak ingin menopause datang lebih cepat

jenis kacang-kacangan

Karbohidrat olahan diduga menjadi salah satu penyebab menopause datang lebih cepat. Lantas, apa ada makanan yang bisa mencegah kondisi itu terjadi?

Masih dari penelitian yang sama, peneliti menemukan bahwa menopause cenderung dimulai belakangan di antara mereka yang mengonsumsi banyak ikan dan kacang polong.

Setiap porsi harian tambahan minyak ikan dan kacang-kacangan dapat menunda menopause sekitar tiga tahun. Asupan harian yang lebih tinggi dari vitamin B6 dan seng juga berhubungan dengan munculnya menopause di usia yang lebih tua.

Meski makanan memengaruhi menopause yang Anda alami, bukan berarti ini menjadi satu-satunya penyebab apakah menopause Anda akan datang lebih cepat atau tidak. Terdapat pula faktor lain, yaitu genetik, yang bisa membuat Anda mengalami kondisi ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Memasuki Usia 40-an? Begini Cara Bersiap-siap Menghadapi Menopause

Tak semua wanita dapat dengan mudah melewati masa menopausenya. Berikut beberapa persiapan untuk menghadapi gejala menopause muncul.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Alergi Makanan

Alergi makanan adalah reaksi alergi yang muncul setelah mengonsumsi suatu zat makanan tertentu. Makanan apa saya yang menyebabkan reaksi ini?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Alergi Makanan 1 September 2020 . Waktu baca 14 menit

Mengenali Ciri-ciri Andropause, ‘Menopause’ Pada Pria

Apakah Anda merasa tidak bergairah? Jangan khawatir dulu. Mungkin Anda sedang mengalami gejala andropause? Cek di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Seks & Asmara, Tips Sehat 20 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda

Apakah selama ini Anda asal menyendokkan makanan ke piring? Jangan salah. Begini cara tepat untuk menghitung porsi makan ideal untuk orang dewasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk penderita thalasemia

Panduan Makanan Bergizi untuk Orang dengan Thalassemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
daftar makanan penambah darah, obat penambah darah

Daftar Makanan Penambah Darah untuk Orang Anemia (Plus Pantangannya)

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
pengaruh alkohol untuk jantung

Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
makanan yang dapat menyembuhkan kanker otak

Jenis Makanan Sehat untuk Membantu Menyembuhkan Kanker Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit