7 Cara Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Banyak pasangan yang penasaran dengan cara hamil anak kembar, lantaran mereka menginginkan anak kembar. Padahal, tidak semua orang bisa melahirkan anak kembar. Peluang hamil anak kembar bisa meningkat jika memang di dalam keluarga Anda ada keturunan kembar, sehingga sulit memperolehnya tanpa ada faktor genetik.

Namun, bukan berarti tidak ada cara yang dapat Anda usahakan. Simak berbagai cara yang bisa Anda tempuh jika ingin kehamilan kembar.

Berbagai cara hamil anak kembar yang dapat dilakukan

Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk kehamilan kembar

1. Program bayi tabung

Salah satu cara agar Anda bisa hamil anak kembar adalah mengikuti program bayi tabung. Melalui program ini, sel telur wanita dan sel sperma pria diambil sebelum ‘dipertemukan’ dan difertilisasi. Baru setelah itu, sel telur dan sel sperma tersebut diinkubasi bersama di dalam sebuah laboratorium hingga terbentuk embrio.

Pasalnya, untuk meningkatkan keberhasilan dari program bayi tabung, biasanya akan dimasukkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim wanita. Maka, tak heran jika cara ini berhasil dan kedua embrio yang ditanamkan di dalam rahim Anda berhasil bertahan hidup, kemungkinan untuk kehamilan kembar juga semakin besar.

Akan tetapi, mengingat hamil anak kembar memiliki risiko yang lebih besar, dalam melakukan cara ini, dokter biasanya akan membatasi jumlah embrio yang ditanam di dalam rahim wanita. Hal ini justru sebagai cara untuk mengurangi kesempatan Anda hamil anak kembar.

Oleh sebab itu, Anda mungkin ingin mendiskusikan hal ini dengan dokter Anda sebelum proses in vitro fertilization (IVF) atau program bayi tabung ini berjalan. Dokter mungkin akan membantu Anda dengan memasukkan lebih dari satu embrio ke dalam rahim Anda.

2. Usia ibu

Kehamilan pada usia tertentu juga termasuk salah satu cara untuk kehamilan anak kembar. Semakin tua usia wanita hamil, maka semakin tinggi pula kesempatan yang Anda miliki untuk hamil anak kembar. Hal ini terjadi karena kadar hormon FSH menjadi semakin tinggi saat wanita bertambah usia.

Sementara itu, fungsi dari hormon FSH, follicle stimulating hormone, adalah membantu proses pembentukan sel telur sebelum dilepaskan indung telur. Akan tetapi, folikel sering kali bereaksi terlalu berlebihan terhadap kadar FSH di dalam tubuh, sehingga mendorongnya untuk memproduksi sel telur lebih banyak dibanding wanita yang lebih muda.

Bahkan, pada wanita yang berusia 35-40 tahun dan sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya, kesempatan untuk hamil anak kembar pun meningkat. Cara ini lalu menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan jika menginginkan kehamilan kembar.

Artinya, jika Anda ingin hamil anak kembar, lakukan dengan cara mencoba untuk program hamil anak kembar bersama pasangan di usia yang sudah tergolong cukup matang.

3. Tinggi dan berat badan

Cara lain yang bisa Anda lakukan jika ingin kehamilan kembar adalah lebih memerhatikan tinggi dan berat badan Anda. Dibanding wanita dengan ukuran tubuh yang lebih mungil, wanita dengan tinggi dan berat badan di atas rata-rata memiliki kesempatan yang lebih besar untuk hamil anak kembar.

Hal ini diduga terjadi karena wanita dengan ukuran tubuh lebih besar dianggap memiliki nutrisi yang lebih baik. Oleh sebab itu, jika Anda ingin hamil anak kembar, cara yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk meningkatkan tinggi dan berat badan Anda.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan meningkatkan asupan nutrisi agar tubuh juga menjadi lebih sehat, sehingga kesempatan hamil anak kembar pun turut meningkat.

4. Hamil saat menyusui

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mencoba hamil kembar saat Anda sedang dalam tahap menyusui. Cara aini mungkin akan lebih efektif jika Anda melakukannya saat anak pertama Anda masih berusia kurang dari enam bulan. Sebenarnya, sebuah penelitian yang dimuat di dalam The Journal of Reproductive Medicine menyatakan bahwa menyusui dapat mengurangi kesuburan dan mencegah kehamilan.

Akan tetapi, nyatanya saat seorang wanita sedang menyusui, wanita tersebut masih memiliki kesempatan untuk hamil. Bahkan, cara ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan jika Anda ingin mencoba kehamilan kembar.

5. Pola makan

Rupanya, perubahan pola makan bisa jadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika ingin hamil anak kembar. Pasalnya, ada pola makan tertentu yang meningkatkan kesempatan Anda memiliki anak kembar. Diduga, memperbanyak konsumsi produk olahan susu seperti keju, yoghurt, dan produk olahan susu lainnya bisa menjadi cara untuk mengupayakan kehamilan anak kembar.

Hal ini disebabkan hormon pertumbuhan yang terdapat pada sapi diduga dapat memengaruhi kadar hormon di dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, jika Anda ingin hamil anak kembar, Anda mungkin bisa mencoba cara yang satu ini.

6. Jumlah anak

Jumlah anak yang Anda miliki sebelumnya juga dapat memengaruhi kemungkinan hamil anak kembar. Semakin banyak jumlah anak Anda, semakin tinggi pula kesempatan Anda untuk hamil anak kembar pada kehamilan selanjutnya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin benar-benar ingin memiliki anak kembar dan tidak masalah dengan keluarga yang besar dan jumlah anak yang banyak, cara ini mungkin bisa Anda lakukan agar bisa memiliki anak kembar.

7. Konsumsi Asam folat

Penggunaan suplemen yang membantu menyuburkan kandungan bisa menjadi cara yang Anda tempuh agar hamil anak kembar. Sebenarnya, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi vitamin ini agar Anda bisa cepat hamil, bukan sebagai cara agar Anda bisa hamil anak kembar.

Akan tetapi, asam folat diduga dapat menjadi cara memperoleh kehamilan kembar, karena penggunaannya meningkatkan potensi tersebut.

Hanya saja, pernyataan ini belum bisa dibuktikan karena belum ada penelitian yang bisa benar-benar membuktikannya. Meski begitu, mengonsumsi suplemen asam folat cukup penting untuk membantu pertumbuhan otak janin.

Jika Anda memang benar-benar ingin hamil anak kembar, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan cara terbaik yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Selain itu, dokter juga bisa membantu memberikan saran persiapan hamil anak kembar.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 16, 2017 | Terakhir Diedit: Februari 11, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca