Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Dimana Letak Kepala Janin Saat Ia Berusia 5 Bulan?

Dimana Letak Kepala Janin Saat Ia Berusia 5 Bulan?

Posisi janin dalam kandungan mengalami perubahan setiap harinya, terutama saat trimester pertama. Ukuran janin yang masih kecil membuatnya bisa bergerak bebas ke mana saja tanpa ibu sadari. Seiring bertambah usia, janin semakin membesar dan gerakannya semakin terasa. Lalu, bisakah ibu hamil mengetahui posisi janin? Di mana letak kepala janin usia 5 bulan? Berikut penjelasannya.

Letak kepala janin usia 5 bulan

Saat hamil 5 bulan, artinya Anda sudah masuk trimester kedua dan ini adalah fase paling menyenangkan selama kehamilan. Pasalnya, Anda sudah sangat jarang mengalami mual dan muntah (morning sickness) dan tubuh sudah beradaptasi dengan kehamilan.

Mengutip dari About Kids Health, saat hamil 5 bulan, janin dalam rahim semakin aktif saat malam hari dan posisi tubuhnya berubah-ubah. Hal sama dituliskan Planned Parenthood bahwa saat hamil 5 bulan, ukuran janin sekitar 16 cm dan posisinya bisa berubah-ubah.

Bisa saja saat memantau lewat USG, letak kepala janin usia 5 bulan berada di bawah. Tidak lama kemudian berubah menjadi di atas karena ia masih aktif bergerak berenang di cairan ketuban.

Di bawah ini berbagai tipe posisi janin dalam kandungan.

  • Anterior (kepala bayi mengarah ke bawah, wajah janin menghadap tulang punggung ibu)
  • Posterior (kepala janin mengarah ke bawah, wajah menghadap perut ibu)
  • Melintang (kaki dan kepala bayi berada di kanan dan kiri perut ibu)
  • Sungsang (bokong bayi menghadap jalan lahir)

Biasanya, posisi kepala janin mulai berjalan ke bawah saat usia 30 minggu atau 7 bulan lebih. Meski begitu, tidak semua janin memiliki posisi kepala mengarah ke bawah saat usia 30 minggu. Ada juga yang baru menuju ke bawah saat usia 32, 34, dan 36 minggu.

Tidak perlu khawatir karena posisi janin masih bisa berbalik dan berubah sampai ia berusia 37 minggu. Konsultasikan dengan dokter bila ada keluhan seputar kehamilan dan posisi janin dalam kandungan.

Perkembangan janin 5 bulan

Selain letak kepala yang berubah-ubah, janin berusia 5 bulan mengalami perkembangan yang pesat.

Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Usia 5 bulan, berat janin sekitar 200-453 gram dengan panjang 14-27,9 cm. Saat kehamilan 5 bulan atau 18-22 minggu, biasanya dokter sudah bisa mendeteksi jenis kelamin janin.

Bila janin berjenis kelamin laki-laki, testis mulai bergerak turun ke perut. Sementara itu, pada anak perempuan, rahim dan ovarium sudah berada pada tempatnya dan vagina mulai terbentuk.

Tidak hanya janin yang mengalami perubahan, ibu hamil juga akan merasa banyak hal selama kehamilan usia 5 bulan, seperti:

Meski Anda sedang merasa nyaman saat hamil 5 bulan, tetap konsultasi rutin ke dokter. Biasanya pada usia kehamilan ini, dokter akan meminta Anda untuk menjalani serangkaian tes untuk mendeteksi kelainan pada janin.

Selain melihat letak kepala janin usia 5 bulan, dokter juga akan memeriksa kadar gula dan protein dalam urine, kadar hemoglobin, dan zat besi. Ini untuk melihat apakah ibu dan janin mengalami anemia defisiensi zat besi atau risiko komplikasi kehamilan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita