home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Bersepeda Saat Hamil Aman Bagi Janin?

Apakah Bersepeda Saat Hamil Aman Bagi Janin?

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan saat hamil. Olahraga dapat membantu tubuh untuk tetap aktif, sehingga melancarkan aliran darah ibu hamil ke seluruh tubuh. Hal ini pun mendukung ketersediaan oksigen dan nutrisi bagi janin. Namun, olahraga apa saja yang bisa dilakukan oleh ibu hamil? Apakah bersepeda saat hamil aman dilakukan?

Alasan bersepeda saat hamil bisa aman atau tidak

American Congress of Obstetricians and Gynecologists pun menyatakan bahwa bersepeda saat hamil aman dilakukan. Namun, mungkin hal ini berbeda bagi Anda yang tidak terbiasa bersepeda. Bersepeda mungkin bukan merupakan olahraga yang aman Anda lakukan saat hamil. Risiko terjatuh saat bersepeda mungkin terjadi dan ini bisa melukai bayi Anda. Tentu, ini bisa membahayakan.

Kemampuan seseorang dalam bersepeda mungkin berbeda-beda. Jika Anda yakin Anda masih bisa bersepeda saat hamil tanpa terjatuh, mungkin ini aman bagi Anda.

Namun, Anda mungkin perlu beradaptasi lagi seiring dengan perkembangan perut Anda yang makin membesar (walaupun Anda sudah biasa bersepeda).

Perlu Anda ketahui bahwa saat perut Anda makin membesar, pusat gravitasi tubuh Anda pun bergeser. Sehingga, Anda mungkin lebih mudah untuk kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Perut yang besar juga bisa membuat Anda kesulitan untuk menggerakkan setang sepeda.

Jika Anda ragu-ragu, sebaiknya tidak perlu dilakukan. Anda bisa melakukan olahraga lainnya yang lebih aman, jalan kaki misalnya. Ini semua tergantung pilihan Anda. Anda tentu lebih mengenali batas kemampuan diri Anda.

Tips aman bersepeda saat hamil

Sebelum memutuskan untuk bersepeda saat hamil, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Bagaimana kemampuan Anda dalam bersepeda?
  • Apakah kehamilan Anda berisiko tinggi? (Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda)
  • Bagaimana keamanan perjalanan Anda? Apakah jalan yang akan dilalui aman?
  • Bagaimana kondisi cuaca ketika akan bersepeda?

Jika Anda memutuskan untuk tetap bersepeda, sebaiknya perhatikan faktor keamanan saat bersepeda.

  • Pilihlah jalan yang mulus dan tidak bergelombang
  • Kayuh sepeda dengan perlahan dan tidak kasar
  • Jangan bersepeda di jalanan yang basah
  • Buat sepeda Anda senyaman mungkin. Sesuaikan setang dan jok sepeda Anda. Karena perut Anda semakin membesar dan berat badan Anda bertambah, mungkin Anda perlu mencari jok yang lebih nyaman untuk Anda.
  • Anda perlu membawa minum untuk mengantisipasi jika Anda merasa haus saat sedang di jalan.
  • Ketahui batas kemampuan Anda. Jika di tengah jalan Anda sudah merasa lelah dan tidak mampu, sebaiknya berhenti, turun, dan berjalan. Jangan memaksakan diri Anda.
  • Anda mungkin perlu ditemani dengan suami atau teman Anda saat bersepeda, sehingga mereka bisa menjaga Anda. Jika ada sesuatu yang terjadi pada Anda, mereka juga bisa langsung menolong Anda.
  • Untuk lebih baiknya, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda apakah kondisi kehamilan Anda memungkinkan untuk bersepeda dan olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pregnancy & Baby. (2014). Is it safe to ride a bike while pregnant?. [online] Available at: http://www.pregnancyandbaby.com/pregnancy/articles/967719/is-it-safe-to-ride-a-bike-while-pregnant [Accessed 1 Feb. 2017].

Carson, E. (2015). Is Bicycle Exercise Safe During Pregnancy?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/329801-is-bicycle-exercise-safe-during-pregnancy/ [Accessed 1 Feb. 2017].

8 Rules For Cycling When Pregnant. [online] Mother&Baby. Available at: http://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy-and-birth/pregnancy/how-to-exercise-in-pregnancy/8-rules-for-cycling-when-pregnant [Accessed 1 Feb. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 02/12/2020
x