home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Panduan Aman Menjalankan Puasa Saat Hamil Muda

Panduan Aman Menjalankan Puasa Saat Hamil Muda

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah saat hamil muda seseorang boleh puasa? Sebenarnya, ini semua tergantung kondisi Anda dan janin. Bagi sebagian orang mungkin tidak masalah, tapi bagi sebagian lainnya bisa saja hal ini menimbulkan risiko. Jika pun Anda puasa saat hamil muda, sebaiknya tetap penuhi kebutuhan nutrisi penting Anda dan janin.

Apakah boleh puasa saat hamil muda?

Menjalani puasa atau tidak merupakan suatu pilihan bagi ibu hamil. Kemampuan setiap ibu hamil dalam menjalankan ibadah puasa bisa berbeda-beda. Ini tergantung dari kondisi kesehatan secara keseluruhan, tahap kehamilan Anda, dan bagaimana perkembangan kehamilan Anda.

Puasa saat hamil muda mungkin bisa sedikit berisiko bagi Anda. Saat hamil muda, tubuh Anda membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda dalam kandungan. Hamil muda merupakan tahap di mana kehamilan Anda sedang membutuhkan banyak sekali nutrisi penting. Sehingga, menjalankan puasa pada saat ini mungkin dapat meningkatkan risiko Anda memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Selain itu, dehidrasi karena puasa juga dapat menurunkan fungsi ginjal dan jumlah cairan yang mengelilingi bayi Anda.

Namun, tak sedikit juga penelitian yang melaporkan bahwa puasa saat hamil tidak memengaruhi kesehatan kehamilan dan bayi Anda. Seperti pada penelitian yang diterbitkan oleh Iranian Journal of Pediatrics tahun 2010 yang menyatakan bahwa wanita hamil yang berpuasa dengan asupan gizi yang tepat tidak memberikan dampak pada pertumbuhan bayinya dan waktu kelahiran bayi.

Jadi, puasa saat hamil muda atau tidak itu semua kembali lagi kepada Anda. Jika Anda merasa sehat dan kuat, Anda bisa berpuasa dengan catatan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh Anda dan bayi Anda bisa Anda penuhi dengan baik. Hal ini penting untuk mencegah kemungkinan bayi Anda lahir dengan BBLR, prematur, dan kemungkinan buruk lainnya.

Tips menjalankan puasa saat hamil muda

Menjalankan puasa saat hamil muda bukan merupakan suatu hal yang mudah. Walaupun puasa, Anda harus tetap menjaga agar selalu memenuhi kebutuhan gizi Anda setiap hari. Ini demi kesehatan Anda dan juga bayi Anda dalam kandungan. Ingat, kebutuhan gizi Anda meningkat selama hamil. Jadi, Anda harus makan lebih banyak saat puasa. Berikut ini merupakan tips agar Anda tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Anda saat puasa.

1. Minum banyak air

Saat hamil muda dan hendak menjalankan ibadah puasa, pastikan Anda minum banyak air saat berbuka puasa dan sahur. Anda perlu minum air setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari. Ini penting agar Anda terhindar dari dehidrasi saat puasa.

Jika Anda merasa sangat haus, lemas, pusing, dan ingin pingsan di tengah-tengah puasa Anda, sebaiknya batalkan puasa Anda untuk mencegah kemungkinan hal buruk yang bisa terjadi.

Hindari minum minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan minuman bersoda karena minuman ini mendorong lebih banyak cairan hilang dari tubuh Anda.

2. Makan makanan yang bergizi

Saat hamil muda dan menjalankan puasa, konsumsilah berbagai macam jenis makanan, sehingga kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral terpenuhi dengan baik.

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi per hari untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda.

Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan sumber folat, zat besi, vitamin A, dan kalsium, yang bisa diperoleh dari sayuran hijau, daging, dan susu. Zat-zat gizi tersebut penting Anda penuhi di masa-masa awal kehamilan Anda.

Hindari konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi tapi nol zat gizi. Makanan ini hanya akan membuat Anda kenyang tapi tidak menyumbang banyak gizi untuk Anda. Setidaknya Anda perlu makan sebanyak 4-5 kali di saat waktu buka sampai sahur agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.

3. Cukup istirahat

Agar tidak kelelahan saat puasa ketika hamil muda perbanyaklah istirahat. Hal ini juga akan menghemat energi yang Anda gunakan.

Anda perlu untuk tidur siang beberapa jam agar Anda tidak merasa lemas saat puasa. Selain itu, kurangi melakukan aktivitas berat dan olahraga selama puasa.

Jika memungkinkan, kurangi kegiatan di luar ruangan jika cuaca sedang panas agar Anda lebih kuat dalam menjalankan puasa.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ziaee, Vahid, et al. (2010). The Effect of Ramadan Fasting on Outcome of Pregnancy. Iranian Journal of Pediatrics, 20(2): 181-186. [online] PubMed Central (PMC). Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3446023/ [Accessed 26 May 2017].

Baby Centre UK. (2013). Fasting in pregnancy. [online] BabyCentre. Available at: https://www.babycentre.co.uk/a1028954/fasting-in-pregnancy [Accessed 26 May 2017].

WebMD Boots. (2017). Fasting for Ramadan during pregnancy – is it safe?. [online] Available at: http://www.webmd.boots.com/pregnancy/guide/fasting-for-ramadan-during-pregnancy [Accessed 26 May 2017].

British Nutrition Foundation. (2015). Ramadan and pregnancy – British Nutrition Foundation. [online] Available at: https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/nutritionforpregnancy/ramadanpregnancy.html [Accessed 26 May 2017].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 2 hari lalu
x