home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pekerjaan Rumah yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Saat Hamil

Pekerjaan Rumah yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Saat Hamil

Ketika Anda tengah mengandung, tubuh juga tentunya akan mengalami perubahan yang signifikan. Selain tubuh yang lebih rentan, kehamilan juga membuat Anda lebih sulit untuk bergerak dengan leluasa. Berbagai hal yang tadinya mudah untuk dikerjakan kini juga memerlukan bantuan agar bisa terselesaikan. Begitu juga saat mengerjakan pekerjaan rumah, ada beberapa aktivitas yang sebaiknya dihindari saat Anda hamil.

Pekerjaan rumah yang harus dihindari saat Anda sedang hamil

Meski kebanyakan pekerjaan rumah aman untuk ibu hamil, Anda sebaiknya mendiskusikan kembali tugas yang masih bisa Anda lakukan sendiri dan tugas yang harus dibagi dengan orang lain. Berikut adalah beberapa pekerjaan rumah yang harus dihindari dan risikonya jika Anda tetap melakukannya saat hamil.

Mengangkat dan memindahkan benda-benda yang berat

Termasuk mengangkat tumpukan cucian atau memindahkan perabotan rumah seperti kursi dan meja lebih baik tidak dilakukan saat Anda hamil.

Perlu diketahui, perubahan hormon kehamilan akan membuat jaringan ikat dan ligamen dalam tubuh menjadi lebih longgar, sehingga akan meningkatkan risiko tegang otot dan nyeri. Selain itu, seiring dengan kandungan Anda yang membesar, berat tubuh serta pusat gravitasi yang berubah akan mengurangi kemampuan Anda dalam menjaga keseimbangan.

Perubahan tersebut akan meningkatkan peluang Anda mengalami cedera, yang bila mana sudah terjadi bisa saja akan menambah risiko bayi lahir prematur.

Mengharuskan Anda berdiri di atas kursi atau pijakan

pekerjaan rumah
Sumber: The Organised House Wife

Masih berkaitan dengan perubahan pusat gravitasi tadi, pekerjaan rumah seperti mengganti tirai jendela, mengambil sesuatu di tempat yang tinggi, atau membersihkan debu di sudut langit-langit akan menjadi tugas yang sulit dilakukan ketika hamil.

Untuk mencapainya, Anda tentu harus berpijak di atas kursi atau tangga terlebih dahulu. Tak hanya menyelesaikan tugas, Anda juga harus berusaha menjaga keseimbangan tubuh sepanjang melakukannya.

Daripada berujung pada hal-hal yang tak diinginkan, pekerjaan rumah yang satu ini lebih baik dihindari saat Anda hamil dan mintalah pertolongan dari orang lain.

Menggunakan produk-produk pembersih yang beracun

produk pembersih rumah
Sumber: weclean4you.com

Produk pembersih kamar mandi biasanya mengandung bahan kimia beracun yang tidak boleh terhirup oleh ibu hamil karena dapat membahayakan keselamatan janin yang dikandung. Maka karena itulah biasanya ibu hamil tidak disarankan untuk membersihkan kamar mandi.

Jika Anda terpaksa harus melakukannya, buatlah cairan pembersih sendiri dengan bahan-bahan seperti cuka, air lemon, dan soda kue.

Anda juga bisa memilih produk lain yang lebih aman tanpa kandungan zat berbahaya seperti volatile organic compounds (VOC), pewangi, atau bahan lain yang mudah terbakar. Pastikan kamar mandi juga memiliki ventilasi yang cukup.

Hal ini juga termasuk kegiatan membasmi hewan-hewan yang mengganggu seperti kecoa dan nyamuk dengan semprotan khusus.

Membuang kotoran hewan

Sumber: WebMD

Bagi Anda yang memilik hewan peliharaan, membuang dan mengganti tempat pembuangan kotoran hewan termasuk ke dalam pekerjaan rumah yang seharusnya dihindari saat Anda sedang hamil. Pasalnya, kotak tempat pembuangan tersebut sudah terekspos dengan toksoplasma, yaitu infeksi parasit yang bisa ditularkan lewat kotoran hewan.

Ketika seorang ibu terinfeksi dengan toksoplasma ketika sedang hamil, ibu bisa saja menularkan infeksi tersebut pada janin yang dikandungnya.

Memang, kebanyakan bayi tidak menunjukkan gejala terkait dengan infeksi tersebut saat lahir. Namun, gejala baru akan terlihat seiring dengan pertumbuhannya seperti kebutaan atau masalah cacat mental.

Bila tak ada orang lain yang bisa membantu Anda, gunakanlah sarung tangan saat melakukannya. Setelah itu, cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Menyapu dan mengepel lantai

menyapu rumah

Pekerjaan rumah yang harus dihindari saat hamil adalah menyapu dan mengepel lantai. Tugas ini mau tak mau membuat Anda refleks membungkukkan tubuh ke arah depan. Ketika terjadi terlalu lama, hal ini tentunya dapat menyebabkan linu yang akan menimbulkan rasa nyeri di punggung.

Mungkin saat melakukannya, Anda masih bisa merasa baik-baik saja. Namun, rasa sakitnya bisa muncul beberapa saat setelah Anda menyelesaikannya.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, sebaiknya Anda menggunakan alat dengan gagang pegangan yang lebih panjang. Jagalah pegangan tersebut dekat dengan tubuh Anda agar tidak membuat Anda harus membungkuk untuk meraihnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cleaning During Pregnancy: Can I Still Do Chores?. (2020). Retrieved 27 March 2020, from https://www.parents.com/pregnancy/my-body/can-i-still-clean-the-house-while-pregnant

Four household chores to avoid during pregnancy. (2018). Retrieved 27 March 2020, from https://www.babycenter.com/0_four-household-chores-to-avoid-during-pregnancy_10317892.bc

Household Chores To Do & Avoid In Pregnancy. (2018). Retrieved 27 March 2020, from https://parenting.firstcry.com/articles/household-work-during-pregnancy-what-to-do-what-to-avoid/

Pregnant? Then You Get A Free Pass On These Household Chores. (2018). Retrieved 27 March 2020, from https://www.mommyish.com/chores-to-avoid-during-pregnancy/

Foto Penulis
Ditulis oleh Winona Katyusha pada 18/04/2020
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x