home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Ibu Boleh Lari Saat Hamil?

Apakah Ibu Boleh Lari Saat Hamil?

Apakah Anda pernah melihat wanita hamil ikut lomba lari maraton? Apakah Anda berpikir bahwa lari saat hamil adalah aktivitas berbahaya?

Berlari adalah olahraga paling mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang dengan berbagai umur. Untuk yang gemar berolahraga, biasanya mereka tidak mau melewatkan aktivitas fisik ini karena sudah terbiasa melakukannya. Termasuk ketika sedang hamil. Anda pasti penasaran, apakah wanita hamil boleh berlari? Kita tahu cari jawabannya di artikel ini.

Amankah kalau wanita hamil berlari?

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Universitas Jenewa, di Swiss, aktivitas fisik teratur telah terbukti membawa manfaat untuk ibu dan janin. Menurut atlet lari Kelly Collins yang tetap memilih untuk berlari saat hamil, lari tidak hanya bermanfaat pada proses kelahiran atau persalinan. Namun juga sepanjang masa kehamilan selama 9 bulan.

Berlari aman dilakukan selama masa kehamilan jika Anda dalam kondisi sehat dan tidak termasuk ke dalam kategori kehamilan berisiko tinggi. Karena setiap kondisi wanita berbeda-beda, Anda perlu menanyakannya terlebih dahulu pada dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Wanita yang biasa berlari sebelum hamil, bisa melanjutkan aktivitas ini saat hamil dengan kecepatan normal sepanjang Anda merasa nyaman. Jika Anda tidak terbiasa berlari dan ingin berlari di saat hamil. Mulailah secara berlahan, lakukan pemanasan selama 5 sampai 10 menit dengan peregangan dan berjalan. Lalu mulailah berlari secara pelan-pelan selama 5 menit. Lakukanlah pendinginan dengan berjalan selama 5 sampai 10 menit.

Jika Anda merasa baik-baik saja, Anda bisa meningkatkan kecepatan secara perlahan setiap minggunya. Waktu yang direkomendasikan oleh para ahli kandungan berlari bagi ibu hamil adalah 20 sampai 30 menit. Jangan memaksakan diri Anda ketika sudah mulai merasa lelah, dengarkanlah tubuh Anda, karena hanya Anda sendiri yang bisa merasakannya.

Tips aman untuk lari saat hamil

Berlari untuk ibu hamil bisa meningkatkan fungsi kardiovaskular atau jantung, menyeimbangkan berat badan, dan menurunkan rasa tidak nyaman pada otot. Berlari juga dapat mengurangi kram otot, menjaga kestabilan emosi, serta mengurangi risiko gestational diabetes (diabetes pada masa kehamilan) dan hipertensi pada ibu hamil. Jika sudah tahu manfaatnya, tentu Anda ingin juga melakukan aktivitas fisik yang mudah ini. Berikut tipsnya sebelum Anda berlari.

  • Tetaplah terhidrasi. Minumlah sebanyak yang Anda perlukan sebelum berlari. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi saat berlari. Sangat disarankan untuk memilih air putih.
  • Jagalah suhu tubuh. Usahakan jaga suhu tubuh Anda untuk tetap dingin, karena wanita hamil cenderung mudah panas. Gunakanlah pakaian longgar dari bahan yang mudah menyerap.
  • Pilih sepatu yang tepat. Hal ini untuk kenyamanan kaki dan pergelangan kaki Anda. Gunakanlah yang bisa menyerap keringat pada kaki dan ukurannya pas untuk kaki Anda.
  • Gunakan bra khusus. Pakailah sport bra untuk menyesuaikan ukuran payudara Anda selama masa kehamilan.

Berlari saat hamil aman dilakukan selama Anda tidak memiliki kondisi medis tertentu yang membahayakan. Dan jangan terlalu memaksakan diri jika sudah mulai lelah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Benefits of Running While Pregnant.  http://www.active.com/running/articles/the-benefits-of-running-while-pregnant. Accessed 27/01/2017.

Running during pregnancy. http://www.babycenter.com/0_running-during-pregnancy_7877.bc. Accessed 27/01/2017.

Running Doc’s tips for women who want to run while pregnant. http://www.nydailynews.com/sports/more-sports/running-doc-tips-women-run-pregnant-article-1.1866387. Accessed 27/01/2017.

Running in pregnancy. http://www.babycentre.co.uk/a7877/running-in-pregnancy. Accessed 27/01/2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 04/02/2017
x