home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Menjaga Kehamilan Setelah Sempat Keguguran

Tips Menjaga Kehamilan Setelah Sempat Keguguran

Keguguran merupakan mimpi buruk bagi tiap pasangan. Oleh karena itu, saat Anda hamil lagi setelah keguguran, pastinya tiap pasangan sangat menjaga calon buah hatinya yang masih dalam kandungan. Namun, rasa takut akan keguguran lagi pasti masih sedikit menghantui Anda. Hal ini tentu tidak baik. Sebaiknya fokuslah ke kehamilan Anda yang sekarang dan lupakan masa lalu Anda.

Apakah mungkin mengalami keguguran lagi?

Keguguran biasanya terjadi satu kali. Setelah keguguran, Anda bisa mempunyai kehamilan yang sehat. Jadi, jangan terlalu khawatir bahwa Anda akan mengalami keguguran lagi. Sangat kecil jumlah wanita yang memiliki pengalaman mengalami dua kali atau lebih keguguran, yaitu hanya 1%.

Memang, setiap kali Anda mengalami keguguran, risiko Anda akan mengalami keguguran lagi akan bertambah. Setelah Anda mengalami satu kali keguguran, risiko Anda mengalami keguguran pada kehamilan selanjutnya sebesar 14%. Jika Anda pernah mengalami keguguran sebanyak dua kali, risiko Anda mengalami keguguran pada kehamilan selanjutnya menjadi 26%. Sedangkan, jika Anda mengalami keguguran sebanyak tiga kali, risiko keguguran Anda menjadi 28%.

Namun, risiko ini masih kecil. Anda masih bisa mempunyai kehamilan yang sehat sampai bayi Anda lahir, walaupun Anda pernah gagal dalam kehamilan sebelumnya. Dengan menjaga kondisi kehamilan Anda yang sekarang, Anda dapat memperkecil risiko mengalami keguguran lagi. Anda tentu harus tahu hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan jika Anda hamil lagi setelah keguguran.

Apa yang harus dilakukan jika hamil lagi setelah keguguran?

Setelah mengalami keguguran, beberapa wanita mungkin memiliki perasaan yang sedikit sensitif mengenai kehamilan. Anda mungkin merasa sedikit khawatir akan mengalami keguguran lagi pada kehamilan selanjutnya. Ini wajar, namun tidak baik jika Anda terlalu khawatir pada kehamilan Anda sekarang. Agar Anda memiliki kehamilan yang sehat dan untuk mengurangi risiko Anda mengalami keguguran lagi, Anda mungkin perlu melakukan hal-hal berikut ini.

1. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin

Pemeriksaan kehamilan bertujuan agar Anda mengetahui kondisi kehamilan Anda. Sehingga, jika ada hal-hal yang buruk pada kehamilan Anda, dokter mungkin bisa membantu mencegahnya atau mengurangi risikonya. Mengetahui kondisi kehamilan Anda juga dapat membuat Anda lebih tenang dan tidak terlalu khawatir akan keguguran lagi.

Saat melakukan pemeriksaan kehamilan, dokter akan memeriksa detak jantung janin Anda. Jika detak jantung bayi Anda sudah terdengar, kemungkinan Anda mengalami keguguran pun akan berkurang. Perasaan Anda mungkin lega setelah mendengar hal ini.

2. Jaga asupan nutrisi Anda

Nutrisi memainkan peranan penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Anda dalam kandungan. Nutrisi yang baik tentu dapat membuat kehamilan Anda menjadi lebih sehat, sehingga risiko keguguran lagi akan lebih kecil.

Mulai sekarang, cobalah terapkan diet sehat dan seimbang. Konsumsi buah dan sayur setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda dan mendukung kesehatan Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda, nutrisi apa saja yang penting Anda dapatkan saat kehamilan. Dokter mungkin juga akan memberikan Anda vitamin prenatal untuk menunjang kebutuhan nutrisi Anda.

3. Kurangi pikiran dan perasaan yang membuat Anda stres

Setelah Anda keguguran, mungkin Anda mempunyai perasaan yang sedikit sensitif. Rasa khawatir akan mengalami keguguran lagi dapat membuat Anda menjadi mudah marah atau kesal jika ada seseorang yang menasihati Anda. Perasaan ini tentu tidak baik untuk calon buah hati Anda di kehamilan Anda yang sekarang.

Cobalah untuk mengingat bahwa setiap kehamilan pasti mempunyai pengalaman yang berbeda. Jika Anda pernah mengalami keguguran, bukan berarti Anda akan mengalami keguguran lagi pada kehamilan selanjutnya. Pikirkanlah hanya tentang kehamilan Anda yang sekarang. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres Anda mengenai keguguran sehingga Anda merasa lebih baik.

4. Lakukan kegiatan yang menyenangkan

Adanya aktivitas yang Anda lakukan setiap hari dapat membuat Anda senang dan melupakan kesedihan Anda karena keguguran yang lalu. Aktivitas yang menyenangkan, seperti berolahraga, juga dapat membuat kehamilan Anda lebih sehat. Namun, sebaiknya lakukan olahraga ringan atau sedang, seperti jalan santai, berenang, dan yoga.

5. Bicarakan kekhawatiran Anda

Jika Anda terlalu khawatir, Anda mungkin perlu untuk membicarakan apa yang Anda rasakan pada pasangan. Pasangan Anda mungkin dapat membantu menenangkan Anda. Sebagian orang mungkin khawatir bahwa berbagi perasaan dengan pasangan dapat menyebabkan tekanan lebih. Namun, cobalah untuk saling mendukung dan memahami satu sama lain.

BACA JUGA:

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Vengrow, B. G. (2014). Preventing Miscarriage: Is There Anything You Can Do?. [online] Available at: http://www.parents.com/pregnancy/complications/miscarriage/preventing-miscarriage-is-there-anything-you-can-do/ [Accessed 17 Jan. 2017].

Mayo Clinic. (2016). Pregnancy after miscarriage: What you need to know – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/pregnancy-after-miscarriage/art-20044134?pg=1 [Accessed 17 Jan. 2017].

Baby Centre UK. (2013). Pregnancy after a miscarriage. [online] BabyCentre. Available at: http://www.babycentre.co.uk/a539919/pregnancy-after-a-miscarriage [Accessed 17 Jan. 2017].

Getting Pregnant After Miscarriage – Huggies. [online] Available at: https://www.huggies.com.au/pregnancy/miscarriage/pregnant-after [Accessed 17 Jan. 2017].

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 4 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x