home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mandi Larut Malam Saat Hamil, Bahaya Atau Tidak?

Mandi Larut Malam Saat Hamil, Bahaya Atau Tidak?

Karena berbagai kesibukan sepanjang hari, mungkin Anda terpaksa mandi larut malam saat hamil. Mandi sebelum tidur memang bisa membuat Anda merasa lebih nyaman dan tidur pun lebih nyenyak. Akan tetapi, apakah ada bahaya yang mengintai kalau Anda harus mandi larut malam saat hamil? Untuk mencari tahu jawabannya, simak langsung penjelasan berikut ini.

Bolehkah mandi larut malam saat hamil?

Mandi larut malam saat hamil pada dasarnya tidak dilarang. Pasalnya, pukul berapa pun Anda mandi tak memengaruhi kondisi janin. Mandi larut malam atau subuh boleh saja dilakukan, tetapi Anda harus selalu berhati-hati saat mandi.

Pastikan suhu air aman bagi kehamilan dan Anda juga menjaga keselamatan selama mandi. Hindari pula mandi terlalu lama di larut malam. Kulit akan jadi lebih kering dan Anda bisa jadi kedinginan.

Risiko mandi larut malam saat hamil

Meskipun mandi larut malam saat hamil tidak dilarang, pastikan bahwa Anda tetap berhati-hati. Pada kebanyakan kasus, orang yang mandi di larut malam sudah kelelahan karena beraktivitas seharian. Akibatnya, konsentrasi dan koordinasi bisa menurun. Jika tidak hati-hati, Anda berisiko jatuh atau terpeleset di kamar mandi. Maka, kalau Anda harus mandi larut malam saat hamil, selalu pastikan ada pegangan yang cukup kokoh di sekitar Anda berdiri.

Yang harus dihindari saat harus mandi larut malam

Selain faktor keselamatan, ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan. Hal tersebut adalah suhu air yang dipakai mandi. Ibu hamil sebaiknya tidak mandi dengan air yang terlalu panas atau dingin. Suhu yang ideal bagi ibu hamil saat mandi adalah di bawah 37 derajat Celsius. Pada suhu ini, air biasanya terasa hangat, bukan panas.

Mandi larut malam saat hamil mungkin membuat Anda ingin mandi air panas. Akan tetapi, mandi air panas berisiko meningkatkan suhu inti tubuh. Jika suhu inti tubuh ibu hamil mencapai 38 derajat Celsius ke atas, janin berisiko mengalami kecacatan atau ketidaksempurnaan perkembangan.

Sementara itu, mandi dengan air yang terlalu dingin seperti es berisiko menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal ini berbahaya karena pada ibu hamil, volume darah akan meningkat hingga dua kali lipat. Jika volume darah bertambah tapi alirannya terhambat, tekanan darah bisa naik. Mungkin juga terjadi pembengkakan pada bagian tubuh yang tidak mendapat suplai darah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bathing During Pregnancy. http://www.whattoexpect.com/pregnancy/looking-good/pampered-parts/bathing.aspx Diakses pada 30 Januari 2017.

A Hot Shower Could Hurt More Than It Helps. http://www.babymed.com/blogs/jaclyn-stewart/hot-shower-could-hurt-more-it-helps# Diakses pada 30 Januari 2017.

Pregnancy – Staying Safe During Showering and Bathing. http://www.eatcraftparent.com/2012/08/pregnancy-staying-safe-during-showering-and-bathing/ Diakses pada 30 Januari 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 07/02/2017
x