home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, baik ibu dan juga bayi di dalam kandungan membutuhkan ekstra nutrisi. Nah, ibu bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari berbagai variasi makanan. Salah satunya adalah sumber protein nabati berupa kacang hijau. Apa saja manfaat kacang hijau untuk bumil atau ibu hamil? Simak penjelasannya di sini!

Kandungan gizi kacang hijau

kacang hijau untuk ibu hamil

Kacang hijau menjadi salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Hal ini karena kacang hijau mempunyai kandungan protein yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Apalagi, ibu hamil juga disarankan mengonsumsi protein sebanyak 61-90 gram per hari yang disesuaikan dengan trimester kehamilan.

Selain protein, berikut kandungan gizi dalam 100 gram kacang hijau rebus.

  • Kalori: 109
  • Protein: 8,7 gr
  • Lemak: 0,5 gr
  • Karbohidrat: 18,3 gr
  • Serat: 1,5 gr
  • Folat: 321 mcg
  • Kalsium: 95 mg
  • Zat besi: 1,5 mg
  • Zinc: 2,8 mg
  • Kalium: 657,8 mg
  • Total karoten: 120 mcg
  • Vitamin B1: 0,12 mcg
  • Vitamin B2: 0,04 mcg
  • Vitamin C: 3 mg

Apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil?

Ada banyak manfaat dari kacang hijau untuk ibu hamil yang sudah dipaparkan di atas. Maka dari itu, Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil.

Dikutip dari penelitian dalam jurnal Nutrients mengenai Mung Bean, dapat dikatakan bahwa kacang hijau kaya akan vitamin, mineral, protein, serta serat yang penting untuk tubuh termasuk ibu hamil.

Apalagi, kacang hijau juga mempunyai kandungan antioksidan serta asam amino yang dapat mengendalikan metabolisme pada masa kehamilan.

Berikut adalah manfaat kacang hijau untuk ibu hamil atau bumil.

1. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat pertama dari bubur kacang hijau untuk ibu hamil adalah melancarkan pencernaan.

Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan serat berupa pektin yang dapat menjaga usus serta mempercepat pergerakan makanan.

Tidak hanya itu saja, kandungan karbohidrat pada kacang hijau juga lebih mudah dicerna dibandingkan kacang-kacangan lainnya.

Maka dari itu, ibu juga bisa mencegah terjadinya sembelit saat hamil dengan mengonsumsi kacang hijau.

2. Membantu perkembangan bayi

Tidak hanya kaya zat besi serta protein, di dalam kacang hijau juga terdapat kandungan folat yang dibutuhkan di masa kehamilan.

Walaupun bukan menjadi sumber utama, ibu bisa mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai asupan tambahan.

Perlu diketahui bahwa manfaat asam folat dalam kacang hijau untuk bumil adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan.

Tidak hanya itu saja, folat juga dapat memproduksi sel darah merah serta mencegah terjadinya gangguan otak dan cacat lahir pada bayi.

3. Menjaga tekanan darah dan mencegah bayi prematur

Tidak hanya folat, ibu juga membutuhkan asupan zat besi di masa kehamilan.

Zat besi bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya anemia serta hipertensi pada ibu hamil.

Apalagi, wanita hamil juga membutuhkan dua kali lipat kadar zat besi dibandingkan wanita yang tidak hamil. Ini dibutuhkan agar kadar oksigen dalam darah pada bayi tetap terjaga.

Oleh karenanya, Anda juga bisa mengomsumsi bubur kacang hijau karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang baik untuk ibu hamil.

4. Mencegah bayi lahir prematur

Pada masa kehamilan, wanita terkadang mengalami kekurangan mikronutrien seperti zinc.

Ibu perlu berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter apa yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya janin tidak berkembang.

Kandungan zinc serta zat besi pada kacang hijau juga mempunyai manfaat untuk bumil atau wanita hamil.

Dikutip dari WHO, kedua kandungan ini dapat membantu mencegah bayi lahir prematur serta berat badan yang rendah saat lahir.

5. Menangkal radikal bebas

Beta karoten juga merupakan salah satu nutrisi di dalam kacang hijau yang bermanfaat dan dibutuhkan untuk ibu hamil.

Zat ini nantinya akan berubah menjadi vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga menangkal radikal bebas.

Sebaiknya, Anda memperhatikan asupan kebutuhan beta karoten atau vitamin A ini di trimester ketiga kehamilan untuk bantu menangka; radikal bebas di dalam tubuh.

Apa yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi kacang hijau?

Sebenarnya, tidak ada cara khusus dalam mengonsumsi kacang hijau. Namun, agar tetap mendapatkan manfaat kacang hijau untuk bumil, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu.

Anda bisa mengonsumsinya dengan cara minum air dari rebusan atau membuat bubur kacang hijau.

Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika kacang hijau sudah mulai berkecambah atau berubah menjadi tauge, hindari memakannya dalam keadaan mentah.

Pasalnya, kemungkinan terdapat bakteri yang berbahaya untuk kehamilan.

Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai asupan yang Anda konsumsi di masa kehamilan.

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Pangan Indonesia – Beranda . (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Anwar, F., Latif, S., Przybylski, R., Sultana, B., & Ashraf, M. (2007). Chemical Composition and Antioxidant Activity of Seeds of Different Cultivars of Mungbean. Journal Of Food Science, 72(7), S503-S510. doi: 10.1111/j.1750-3841.2007.00462.x

Hou, D., Yousaf, L., Xue, Y., Hu, J., Wu, J., & Hu, X. et al. (2019). Mung Bean (Vigna radiata L.): Bioactive Polyphenols, Polysaccharides, Peptides, and Health Benefits. Nutrients, 11(6), 1238. doi: 10.3390/nu11061238

Lactation, I. (1990). Protein and Amino Acids. National Academies Press (US). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK235221/

FOLIC DETERMINATION OF MUNG BEAN VARIETY GRONONG ON VARIOUS PRE TREATMENT CONDITIONS. (2021). Retrieved 8 February 2021, from http://lipi.go.id/publikasi/folic-determination-of-mung-bean-variety-gronong-on-various-pre-treatment-conditions/20552

Daily iron and folic acid supplementation during pregnancy. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.who.int/elena/titles/guidance_summaries/daily_iron_pregnancy/en/

Zinc supplementation during pregnancy. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.who.int/elena/titles/zinc_pregnancy/en/

supplement, A. (2021). Betacarotene – HSIS. Retrieved 8 February 2021, from https://www.hsis.org/a-z-food-supplements/betacarotene/

Prevent iron deficiency anemia during pregnancy. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455

Vitamin A supplementation during pregnancy. (2021). Retrieved 8 February 2021, from https://www.who.int/elena/titles/vitamina_pregnancy/en/

Foto Penulis
Ditulis oleh Atifa Adlina pada 3 minggu lalu
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x