Mudah Lapar Tanda Kehamilan, Benarkah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 25 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada beragam tanda kehamilan dan masing-masing ibu pasti mengalami hal yang berbeda. Beberapa ciri kehamilan meliputi kram pada perut, payudara membengkak, kelelahan, maupun morning sickness.

Namun, ada juga yang merasakan mudah lapar sebagai tanda-tanda hamil. Nafsu makan pun juga jadi meningkat. Namun, apakah ini benar?

Mengulik mudah lapar sebagai tanda ibu hamil

ibu hamil makan sayur

Rasanya sudah makan banyak, tetapi kok belum kenyang juga. Ternyata memang benar, mudah lapar dan naiknya selera makan menjadi tanda ibu hamil.

Pada trimester awal, mungkin saja ibu mengalami penurunan selera makan karena harus berhadapan dengan morning sickness yang menimbulkan gejala mual dan muntah. Seiring berjalannya waktu, ibu tidak lagi mengalami morning sickness. Malah sebaliknya, nafsu makan pun jadi bertambah.

Tanda selera makan jadi bertambah ini juga bisa dialami pada awal kehamilan, disertai dengan tanda-tanda lainnya. Sehingga selalu saja ada makanan yang harus dimasukkan ke dalam mulut dan dikunyah. 

Apakah ini wajar terjadi? Tentu iya. Untuk menjawab kenapa ibu jadi mudah lapar saat hamil, karena bayi bertumbuh di dalam kandungan.

Kehadiran si kecil di dalam kandungan memberikan tanda mudah lapar dan peningkatan nafsu makan pada ibu hamil. Bayi dalam rahim ibu akan bertambah besar dari waktu ke waktu. Maka, ibu juga memerlukan banyak kalori untuk membantu pertumbuhan si kecil.

Karena saat ia bertumbuh di dalam rahim, ada banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang, otot, dan jaringan lainnya. Inilah salah satu kesempatan ibu di balik rasa lapar yang sering muncul untuk tetap memberi nutrisi penting selama kehamilan.

Apa yang perlu diperhatikan saat rasa lapar melanda?

Mudah lapar sebagai pertanda hamil membuat Anda ingin mengonsumsi makanan tertentu. Meskipun Anda perlu menanggapi rasa lapar, Anda perlu memilih dan memperhatikan porsi makan secara bijak. Dengarkan tubuh Anda dan ingat bahwa bayi dalam kandungan membutuhkan makanan bernutrisi.

Berikut beberapa tips untuk mengendalikan rasa lapar saat masa kehamilan.

1. Tetap minum air mineral

dampak air mineral bagi tubuh

Saat hamill, ibu membutuhkan banyak cairan di dalam tubuh. Selalu penuhi kebutuhan cairan dengan minum 12-13 gelas setiap harinya. Hindari minum soda karena bisa memberikan kelebihan kalori dan gula di dalam tubuh. 

Dengan minum air putih, ibu bisa mengetahui apakah yang ibu rasakan hanya lapar biasa atau memang rasa lapar sesungguhnya. Kadang perasaan haus datang menyerupai rasa lapar. 

Maka, jangan dulu membenarkan tanda mudah lapar saat masa hamil, dengan makan banyak makanan. Buktikan dengan minum air mineral dulu.

2. Konsumsi makanan bernutrisi

ibu hamil cepat lapar

Saat tanda-tanda mudah lapar muncul pada ibu hamil, selalu ingat untuk mengonsumsi makanan bernutrisi. Untuk menjaga daya tahan tubuh, ibu bisa mengonsumsi makanan bernutrisi dengan serat tinggi, seperti buah-buahan dan biji-bijian.

Di dalam menu, sertakan juga nutrisi tinggi seperti protein dan lemak sehat. Selalu pilih makanan yang segar dan dimasak, serta hindari makanan olahan dan diproses berlebihan. Untuk pilihan menu makanan saat hamil, ibu bisa memilih salad buah. Ada banyak nutrisi dan serat yang terkandung di dalamnya. 

3. Makan sering dalam porsi kecil.

Cara cegah anemia pada ibu hamil

Ketika rasa lapar cepat datang, Anda bisa makan lebih sering dalam porsi kecil. Coba ikuti pola diet sehat ini dengan makan porsi kecil lima sampai enam kali sehari. Anda bisa makan setiap tiga jam sekali. Cara ini bisa mengatasi tanda lapar saat masa hamil.

Makan banyak sekaligus dapat membuat perut terlalu kenyang. Ini bisa memicu gangguan pada saluran cerna karena menimbulkan perut kembung, gas, dan sensasi heartburn. Untuk menghindarinya, cukup mengontrol pola makan dengan melakukan hal-hal yang sudah dijelaskan sebelumnya.

4. Selalu stok camilan 

Saat ibu hamil merasakan mudah lapar, ini tanda ibu harus selalu sedia camilan di kulkas. Pastikan camilan sehat yang ibu sediakan pun bernutrisi dan berserat. Misalnya, Greek yogurt yang dicampur dengan kenari dan buah-buahan seperti mangga. 

Ibu bisa mendapatkan nutrisi dari probiotik untuk menyehatkan sistem cerna, serta asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan si kecil dalam kandungan. Sementara itu, mangga mengandung vitamin B yang membantu perkembangan bayi.

Anda bisa menggabungkan beragam buah dan kacang-kacangan. Sehingga nutrisi dapat terpenuhi secara optimal selama masa kehamilan.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini 10 Cara Membedakannya

Mungkin Anda sedang harap-harap cemas menunggu jadwal mens selanjutnya. Membedakan tanda hamil atau haid itu susah-susah gampang, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Di trimester ketiga, janin masih banyak melakukan perkembangan sehingga asupan nutrisi perlu dipenuhi. Apa saja nutrisi trimester ketiga untuk ibu hamil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Aman untuk Ibu Hamil

Asam lemak omega 3 diperlukan untuk perkembangan otak janin. Namun, tidak semua sumber asam lemak omega 3 untuk ibu hamil aman dikonsumsi. Mana yang aman?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi yang Tak Kalah Sehat untuk Ibu Hamil

Meskipun nasi boleh dimakan saat hamil, namun ada alternatif makanan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat yang jauh lebih sehat untuk ibu hamil.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 14 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perkembangan janin 20 minggu kehamilan

Setelah Berhubungan Intim, Kapan Bisa Mulai Muncul Gejala Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
ibu hamil makan rambutan

Ibu Hamil Boleh Makan Rambutan, Asal Perhatikan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Perbedaan mual tanda hamil dan maag

5 Perbedaan Mual Hamil dan Maag yang Perlu Diperhatikan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
cara pakai test pack alat tes kehamilan

Cara Menggunakan Alat Test Pack atau Tes Kehamilan Sendiri

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit