Bisakah Mencegah Autisme Sejak Anak dalam Kandungan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Autisme atau autism spectrum disorder (ASD) merupakan kelainan yang menyebabkan seseorang kesulitan dalam berkomunikasi dan bersikap. Penderita autisme sulit untuk memahami apa yang orang lain pikirkan dan rasakan, termasuk sulit mengekspresikan dirinya. Itu sebabnya banyak orangtua yang mencoba mencegah autisme sedini mungkin, bahkan sejak dalam kandungan. Mungkinkan hal tersebut dilakukan?

Mencegah autisme sejak dalam kandungan

Hingga saat ini memang belum ada penjelasan yang pasti mengenai penyebab seorang anak mengalami autisme. Namun, para ilmuwan meyakini genetik menjadi faktor terbesar yang bisa menyebabkannya.

Selama masa kehamilan, dokter memang tidak bisa mendeteksi apakah anak yang masih di dalam kandungan tersebut mengidap autisme atau tidak.  Apalagi, faktor terbesar penyebab autisme, yaitu genetik yang tidak bisa diubah.

Meski tidak bisa dicegah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan. Beberapa hal di bawah ini bisa Anda lakukan saat hamil untuk meningkatkan kesehatan, sekaligus dapat mencegah autisme pada anak sejak dalam kandungan.

  • Terapkan pola hidup sehat

Meningkatkan kesehatan ibu hamil sangat penting. Dengan menjaga kesehatan, ibu hamil dan janin dalam kandungannya dapat terhindari dari risiko berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah mengurangi risiko autisme pada anak yang dikandungnya.

Menerapkan pola hidup sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang cukup dan bergizi, menjauhi rokok dan alkohol, dan berolahraga. Diskusikan dengan dokter kandungan Anda mengenai makanan apa saja yang baik dikonsumsi dan olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi kehamilan Anda.

  • Jangan sembarang minum obat selama hamil

Bila Anda sakit pada saat hamil, tanyakan pada dokter Anda apa perawatan yang boleh dilakukan. Bila memerlukan obat, tanyakan pula obat yang boleh dikonsumsi saat hamil. Mengonsumsi obat sembarangan saat hamil bisa mengakibatkan autisme pada anak Anda.

Ilmuwan menemukan hubungan antara ibu hamil yang mengonsumsi obat-obatan dengan risiko autisme pada anaknya. Sebuah studi di Journal of the American Medical Association menemukan bahwa valproate (obat untuk epilepsi dan gangguan saraf lainnya) bisa meningkatkan risiko autisme bila dikonsumsi saat hamil.

  • Penuhi kebutuhan zat besi

Sebuah studi di American Journal of Epidemiology menemukan bahwa ibu hamil yang kekurangan zat besi kemungkinan lebih besar melahirkan anak dengan autisme dibandingkan dengan yang tidak kekurangan zat besi.

Oleh karena itu, upaya mencegah autisme sejak dalam kandungan dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan. Peran zat besi sangat penting untuk pertumbuhan otak janin. Namun, faktanya setengah dari ibu hamil masih kekurangan zat besi.

Anda dapat memenuhi kebutuhan zat besi Anda selama hamil melalui makanan dan suplemen. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging, makanan laut, telur, roti dan sereal. Sementara untuk suplemen penambah zat besi, diskusikan pada dokter Anda apa suplemen yang tepat.

  • Minum suplemen asam folat

Otak bayi mulai berkembang saat masih dalam kandungan. Adapun folat atau vitamin B9 sangat penting untuk perkembangan otak. Seorang ibu yang kekurangan folat saat hamil meningkatkan risiko autisme pada anak yang dilahirkannya. Karena itu, ada baiknya untuk mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan.

  • Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter

Untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Dokter akan memberikan saran atas kondisi kehamilan Anda dengan tepat.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Proses Terjadinya Kehamilan: Dari Hubungan Intim Hingga Jadi Janin

Anda pasti sudah tahu bahwa kehamilan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur. Namun, apakah Anda pernah berpikir bagaimana proses ini terjadi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Program Hamil, Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Tanda-Tanda Keguguran yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Keguguran rentan menyerang kehamilan di usia muda atau trimester pertama. Berikut tanda-tanda keguguran yang perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 17 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Pilihan Obat Sembelit yang Aman Diminum Ibu Hamil

Obat sembelit cukup ampuh mengatasi susah BAB. Apa saja obat pencahar yang aman diminum ibu hamil untuk mengatasi sembelit?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

10 Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Ada banyak penyebab kaki bengkak, mulai dari cedera, lama berdiri, kehamilan, dan banyak lagi. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 10 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pengertian micellar water adalah

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
fungsi hormon fsh dan lh

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
pergerakan janin

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
vitamin E untuk kesuburan

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit