Madu Penyubur Kandungan Bikin Cepat Hamil? Cek Faktanya di Sini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/03/2020
Bagikan sekarang

Anda dan pasangan yang sudah lama berencana punya momongan mungkin pernah tergoda membeli madu penyubur kandungan setelah melihat iklannya di dunia maya. Bahkan, mungkin justru kerabat dekat atau anggota keluarga lainnya yang merekomendasikan Anda untuk minum madu spesial tersebut supaya cepat hamil. Namun, benarkah klaim tersebut jika dilihat dari sisi medisnya?

Manfaat madu sebagai penyubur kandungan

minum madu

Manfaat madu untuk kesehatan memang sudah tak perlu diragukan lagi. Kandungan antioksidannya yang tinggi terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga stamina agar tetap kuat sampai mengobati luka, batuk, flu, gangguan pencernaan, dan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

Manfaat madu sebagai salah satu jenis makanan penyubur kandungan sebenarnya bukan lagi hal yang baru. Sejak dahulu kala, madu sudah digunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita berkat kandungan antioksidan dan antiradang.

Tak heran kalau banyak pasangan suami istri mengonsumsi produk madu penyubur kandungan agar cepat punya momongan. Namun, efeknya dipercaya lebih kuat terutama untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Fungsi madu untuk menyuburkan kandungan didukung penelitian

manfaat madu

Berbagai penelitian sebenarnya telah dilakukan untuk membuktikan klaim manfaat madu penyubur kandungan.

Satu penelitian pada hewan yang diterbitkan tahun 2010 dalam Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition mencatat bahwa sepasang kelinci yang secara teratur diberikan bee pollen (serbuk sari dari campuran air liur lebah) diketahui mengalami kenaikan pada tingkat kesuburan. Hal ini terlihat dari kualitas sperma yang dihasilkan dari kelinci jantan yang semakin membaik dibanding saat sebelum diberikan bee pollen.

Studi lain yang dipresentasikan pada tahun 2008 dalam konferensi internasional Gynaecology and Obstetrics: The Official Organ of the International Federation of Gynaecology and Obstetrics juga menemukan hasil yang positif. Studi tersebut melaporkan bahwa melakukan terapi bee pollen dan royal jelly sebelum berhubungan seksual efektif meningkatkan kesuburan pasangan yang sulit hamil. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk memastikan manfaat terapi tersebut.

Royal jelly sendiri merupakan susu yang dihasilkan oleh para koloni lebah madu. Royal jelly mengandung asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi, dan kalsium yang semuanya baik untuk meningkatkan kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan. Termasuk meningkatkan jumlah sperma pada pria, serta merangsang dan memperkuat sel telur wanita.

Nutrisi di dalam madu yang berpotensi menyuburkan kandungan

Sebagai bahan alami yang berpotensi sebagai penyubur kandungan, madu tentu memiliki kandungan tertentu yang berpotensi membantu Anda menjadi lebih subur. Mengingat madu dipercaya dapat menjadi bahan penyubur alami baik untuk pria maupun wanita, maka kandungan di dalam madu yang digunakan sebagai penyubur baik untuk pria maupun wanita mungkin berbeda.

Pada pria, kandungan vitamin B di dalam madu mungkin dapat membantu meningkatkan produksi hormon testosterone. Sementara itu, bee pollen, atau serbuk sari yang sudah bercampur dengan liur lebah, bermanfaat untuk meningkatkan jumlah produksi sperma, sehingga membantu meningkatkan kesuburan pada pria.

Sementara itu, pada wanita, salah satu kandungan di dalam madu yang berpotensi sebagai penyubur kandungan adalah asam amino. Asam amino, khususnya arginina, dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi ovarium, serta bermanfaat untuk meningkatkan sistem reproduksi. Keduanya merupakan dua komponen yang dapat menyuburkan kandungan.

Meski begitu, penelitian yang membuktikan bahwa madu dapat meningkatkan kesuburan masih terhitung sedikit. Terlebih, masih ada beberapa penelitian lain yang justru membuktikan bahwa terlalu banyak mengonsumsi madu dapat memberikan dampak negatif pada kesuburan Anda.

Oleh karenanya, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah benar madu bisa digunakan sebagai penyubur kandungan. Di samping itu, Anda juga perlu mencari tahu berapa banyak jumlah madu yang masih terhitung wajar untuk dikonsumsi saat menjalani program kehamilan.

Cara mengonsumsi madu untuk penyubur kandungan

Salah satu hal yang harus Anda pahami sebelum menggunakan madu untuk penyubur kandungan, Anda harus tahu bahwa madu memiliki banyak jenis. Tidak semua jenis madu bisa digunakan sebagai penyubur kandungan. Justru, madu yang paling baik dikonsumsi adalah madu murni.

Pasalnya, madu murni yang masih alami dan belum dicampur dengan berbagai bahan lainnya dinilai lebih efektif digunakan. Khususnya, dalam upaya meningkatkan kesuburan. Maka dari itu, pilihlah jenis madu organik. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda berhasil membeli produk yang masih baru. Sebab, semakin baru maka semakin efektif pula penggunaan madu sebagai penyubur kandungan.

Berdasarkan tradisi, pasangan yang baru menikah biasanya akan mengonsumsi satu sendok madu setiap hari agar dapat melancarkan aktivitas seks demi segera memiliki momongan. Itu sebabnya, masa awal-awal pernikahan disebut sebagai masa ‘bulan madu’.

Namun, salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi madu sehari-hari adalah mencampurkannya dengan kayu manis. Mengapa? Hal ini dikarenakan campuran antara madu dan kayu manis dapat membantu melancarkan aliran darah menuju organ yang digunakan saat proses reproduksi berlangsung. Hal ini membuat madu semakin efektif jika digunakan untuk membantu menyuburkan kandungan.

Apalagi, suplemen kayu manis sendiri juga dikenal dapat membantu menetralisasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Maka dari itu, dengan bantuan dari kayu manis, madu mungkin dapat bekerja lebih baik sebagai bahan alami untuk penyubur kandungan.

Konsultasikan penggunaan madu penyubur kandungan dengan dokter

Meski banyak yang mengetahui bahwa madu bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami sebagai penyubur kandungan, Anda masih perlu berhati-hati. Pasalnya, masih sedikit penelitian yang bisa membuktikan bahwa madu dapat dikonsumsi sebagai bahan alami untuk membantu menyuburkan kandungan.

Oleh karenanya, masih akan dibutuhkan lebih banyak lagi penelitian yang dapat digunakan sebagai bukti jika Anda ingin memastikan keamanan penggunaannya. Selain itu, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi ke dokter mengenai penggunaan madu.

Dokter yang khusus menangani masalah kesuburan akan lebih paham mengenai berbagai penggunaan bahan alami yang baik maupun yang tidak baik untuk digunakan sebagai penyubur kandungan. Dalam hal ini, madu termasuk salah satu bahan alami yang penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Penggunaan bahan alami memang memiliki kemungkinan yang amat kecil dalam menimbulkan efek samping. Tetapi, bukan berarti setiap bahan alami yang Anda konsumsi dapat bekerja secara efektif sebagai penyubur kandungan.

Dalam menjalani program kehamilan, minta bantuan dokter dalam menentukan apa saja yang baik untuk Anda lakukan saat menjalani program kehamilan, termasuk makanan yang disarankan untuk menyuburkan kandungan.

Hindari mengonsumsi atau melakukan aktivitas yang Anda belum ketahui pasti apa dampaknya terhadap kesehatan Anda, terlebih jika belum dikonsultasikan kepada dokter. Meski butuh lebih banyak bukti, Anda masih boleh mengonsumsi madu, namun tetap perhatikan jumlah yang akan Anda konsumsi. Begitu juga dengan jenis madu yang hendak Anda pilih untuk digunakan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Gangguan makan yang dialami oleh ibu hamil tentu akan memberikan dampak yang berbahaya bagi keselamatan dan perkembangan janin.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Selain mengatur porsi makanan, ternyata ada beberapa suplemen yang bisa digunakan sebagai penambah berat badan. Ini dia daftarnya!

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
puasa bagi ibu hamil

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020