Madu Penyubur Kandungan Bikin Cepat Hamil? Baca Dulu Fakta Medisnya Sebelum Membeli

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Anda dan pasangan yang sudah lama berencana punya momongan mungkin pernah tergoda membeli madu penyubur kandungan setelah melihat iklannya di dunia maya. Mungkin justru kerabat dekat atau anggota keluarga lainnya yang merekomendasikan Anda untuk minum madu spesial tersebut supaya cepat hamil. Namun, benarkah klaim tersebut jika dilihat dari sisi medisnya?

Klaim manfaat madu penyubur kandungan

minum madu

Manfaat madu untuk kesehatan memang sudah tak perlu diragukan lagi. Kandungan antioksidannya yang tinggi terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga stamina agar tetap kuat sampai mengobati luka, batuk, flu, gangguan pencernaan, dan berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

Manfaat madu sebagai penyubur kandungan sebenarnya bukan lagi hal yang baru. Sejak dahulu kala, madu sudah digunakan sebagai obat alami untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita berkat kandungan antioksidan dan antiradangnya.

Tak heran kalau banyak pasangan suami istri mengonsumsi produk madu penyubur kandungan agar cepat punya momongan. Namun, efeknya dipercaya lebih kuat terutama untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Penelitian menunjukkan hasil positif mengenai klaim ini

manfaat madu

Berbagai penelitian sebenarnya telah dilakukan untuk membuktikan klaim manfaat madu penyubur kandungan.

Satu penelitian pada hewan yang diterbitkan tahun 2010 dalam Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition mencatat bahwa sepasang kelinci yang secara teratur diberikan bee pollen (serbuk sari dari campuran air liur lebah) diketahui tingkat kesuburannya mengalami kenaikan. Hal ini terlihat dari kualitas sperma yang dihasilkan dari kelinci jantan yang semakin membaik ketimbang sebelum diberikan bee pollen.

Studi lain yang dipresentasikan pada tahun 2008 dalam konferensi internasional Gynaecology and Obstetrics: The Official Organ of the International Federation of Gynaecology and Obstetrics juga menemukan hasil yang positif. Studi tersebut melaporkan bahwa melakukan terapi bee pollen dan royal jelly sebelum berhubungan seksual efektif meningkatkan kesuburan pasangan yang sulit hamil. Namun demikian masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk memastikan manfaat terapi tersebut.

Royal jelly sendiri merupakan susu yang dihasilkan oleh para koloni lebah madu. Royal jelly mengandung asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi, dan kalsium yang semuanya baik untuk meningkatkan kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan. Termasuk meningkatkan jumlah sperma pada pria, serta merangsang dan memperkuat sel telur wanita.

Cara ampuh lainnya agar cepat hamil

Beberapa penelitian memang berhasil menunjukkan hasil positif madu penyubur kandungan. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk benar-benar mengetahui khasiat madu penyubur kandungan. Nah, agar program kehamilan Anda cepat terwujud, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antaranya seperti:

1. Cek masa subur

Tips Menghitung Masa Subur dan Merencanakan Kehamilan

Berhubungan seksual pada saat masa subur merupakan salah satu kunci sukses agar Anda cepat hamil. Sayangnya, masih banyak wanita yang tidak tahu cara menghitung masa suburnya sendiri.

Untuk mengetahui kapa masa subur Anda, Anda bisa memerhatikan siklus haid setiap bulan. Pasalnya, hal tersebut dapat memberikan petunjuk kapan masa subur Anda bakal terjadi.

Anda bisa mengetahui lebih lanjut kapan masa subur datang dengan menggunakan kalkulator masa subur yang sudah disediakan Hello Sehat.

Ingat, tanpa mengetahui masa subur, kemungkinan Anda untuk hamil lebih sedikit, walaupun Anda sudah sering melakukan hubungan intim.

2. Menerapkan pola hidup sehat

panduan memilih makanan agar cepat hamil

Pola hidup yang sehat ternyata juga memengaruhi peluang Anda untuk hamil. Anda bisa memulainya dengan cara memerhatikan asupan makan sehari-hari. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Pada pria, makanan yang bernutrisi tinggi dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sehingga dapat membuah sel telur wanita dengan baik.

Selain itu, Anda juga diharuskan untuk konsisten untuk menerapkan gaya hidup sehat mulai dari berhenti merokok, rajin olahraga, dan mengurangi konsumsi alkohol.

3. Coba posisi yang tepat

posisi bercinta woman on top

Ada banyak posisi yang bisa Anda coba dengan pasangan saat berhubungan intim agar cepat hamil. Mulai dari yang biasa saja sampai yang ekstrem sekalipun. Apapun yang Anda dan pasangan pilih, kuncinya hanya satu. Cobalah posisi yang membuat Anda berdua merasa nyaman saat berhubungan seksual.

4. Hindari stres

posisi seks bikin stres

Jangan terlalu terfokus pada tujuan Anda untuk cepat punya momongan karena hal tersebut justru membuat Anda stres. Padahal, stres dapat mengganggu proses ovulasi (pelepasan telur), sehingga Anda pun akan lebih sulit untuk hamil. Stres pada pria juga bisa memengaruhi kualitas dan kuantitas sel sperma yang mereka hasilkan.

Nah, oleh karena itu, pastikan Anda dan pasangan sama-sama berusaha untuk menghindari stres. Dari pada pusing memikirkan apakah Anda berhasil hamil atau tidak, lebih baik fokuslah pada momen-momen ketika Anda dan pasangan berhubungan seksual. Pastikan kalau Anda berdua sama-sama nyaman dan menikmati setiap prosesnya.

5. Periksa ke dokter kandungan

bidan atau dokter kandungan

Jika berbagai hal di atas belum juga menunjukkan hasil yang positif, Anda bisa berkonsultasi ke dokter kandungan untuk merencanakan kehamilan Anda. Jangan lupa, ajak pasangan Anda ketika berkonsultasi ke dokter kandungan.

Dokter kandungan umumnya akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat kesehatan. dokter juga akan memberi tahu kapan waktu terbaik untuk berhubungan seksual agar cepat hamil berdasarkan masa subur Anda.

Jika diperlukan, dokter dapat menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan labolatorium dan pemeriksaan lainnya untuk mencari perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca