5 Manfaat Super yang Bisa Anda Raih Jika Rajin Makan Makanan Tinggi DHA

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Agar tubuh Anda bisa menjalankan setiap fungsinya dengan baik, Anda perlu asupan nutrisi dari makanan yang mengandung DHA. DHA adalah kependekan dari docosahexaenoic acid, asam lemak yang termasuk dalam kelompok omega-3. Beberapa contoh makanan yang termasuk tinggi DHA adalah ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden; rumput laut; kacang kenari; minyak ikan dan minyak canola; dan biji chia (chia seeds). Lantas, kenapa kita perlu mencukupi asupan DHA dari makanan?

Apa manfaatnya makan makanan yang mengandung DHA?

Tubuh manusia sebenarnya memproduksi DHA secara alami oleh tubuh, tapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Maka dari itu, kita harus bantu mencukupi asupannya dari makanan sehari-hari.

Mengutip berbagai penelitian yang dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat yang bisa kita dapat kalau rajin makan makanan yang mengandung DHA:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

mencegah penyakit jantung keturunan

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Penyakit ini biasanya terjadi akibat tekanan darah tinggi atau penyumbatan pembuluh darah jantung (aterosklerosis) karena penumpukan plak dari kolesterol.

Nah, makanan yang mengandung DHA ternyata baik untuk kesehatan jantung. DHA dianggap lebih unggul untuk meningkatkan kesehatan jantung dibanding rekan sejawatnya, EPA. DHA dilaporkan lebih efektif ketimbang EPA untuk menurunkan lemak trigliserida dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat DHA lainnya adalah meningkatkan fungsi endotel, yaitu kemampuan pembuluh darah untuk melebar. Jika fungsi endotel baik, maka aliran darah tidak terhambat sehingga menurunkan risiiko stroke.

2. Menurunkan risiko ADHD pada anak

punya anak kembar

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah gangguan perilaku yang ditandai dengan sulit konsentrasi dan perilaku impulsif. Anak dengan gangguan ini umumnya memiliki tingkat DHA dalam darah yang lebih rendah.

DHA berperan penting untuk meningkatkan aliran darah di sekitar otak. Kandungan asam lemak omega-3 pada makanan yang mengandung DHA turut membantu menguatkan fungsi otak anak. Itu kenapa  ortu harus sebisa mungkin mencukupi kebutuhan DHA anak untuk mencegah terjadinya ADHD.

3. Mencegah bayi lahir prematur

Selain anak-anak, DHA juga penting untuk ibu hamil dan juga janinnya. Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi makanan mengandung DHA memiliki risiko melahirkan prematur lebih kecil dibandingkan wanita hamil yang tidak mengonsumsi DHA.

Selain itu, DHA juga penting untuk perkembangan otak dan mata bayi. Jadi, penuhi kebutuhan DHA dari makanan atau suplemen atas rekomendasi dokter untuk mencegah dua hal tersebut.

4. Membantu melawan peradangan

vaksin untuk lansia

Penyakit jantung, rematik, atau masalah gusi terjadi akibat adanya peradangan pada tubuh. DHA memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi atau melawan peradangan tersebut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien rematik yang mengonsumsi 2.100 mg DHA setiap hari, menurunkan pembengkakan pada sendi sebesar 28% dibanding pasien yang tidak mengonsumsi DHA.

Selain itu, meningkatkan asupan DHA juga membantu menyeimbangkan kadar asam lemak omega 6 yang berlebih sehingga mencegah timbulnya peradangan.

5. Mencegah kanker dan penyakit Alzheimer

aktif berhubungan seks lansia

Periset percaya bahwa makanan yang mengandung DHA mampu mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan sel yang abnormal di dalam tubuh.

Peradangan kronis merupakan faktor risiko kanker. Mengonsumsi makanan tinggi DHA ternyata dapat mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kolorektal, prostat, dan pankreas, menurut beberapa penelitian.

Sifat antiradang dari DHA juga berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer yang ditandai dengan penurunan fungsi kognitif otak. DHA dapat meningkatkan fungsi otak jadi lebih baik sehingga penyakit Alzheimer bisa dicegah atau diperlambat perkembangannya.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Beragam Jenis Makanan yang Ampuh Cegah Herpes Genital Kambuh Lagi

Kabar bainya, ada jenis makanan tertentu yang bisa membantu mencegah herpes genital kambuh. Agar tak salah pilih, ikuti panduan berikut ini, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Seksual, Penyakit Menular Seksual 18 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Menakjubkan Ulat Sagu Bagi Kesehatan Tubuh (Berani Coba?)

Orang-orang Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua cukup sering ulat sagu sehari-hari. Penasaran apa manfaatnya ulat sagu buat tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 November 2018 . Waktu baca 3 menit

4 Khasiat Menakjubkan dari Minyak Biji Anggur (Grapeseed) untuk Kesehatan

Minyak grapeseed adalah minyak esensial yang didapat dari hasil pemrosesan biji anggur. Lalu, apa saja manfaat minyak biji anggur untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 16 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

Apakah Memasak Pakai Minyak Canola Dijamin Lebih Sehat?

Minyak canola termasuk salah satu pilihan minyak goreng yang baik untuk memasak. Tetapi apakah minyak ini benar lebih sehat untuk tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Fakta Gizi, Nutrisi 18 Mei 2018 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

omega 3 untuk ibu hamil

Pilihan Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
makanan mengandung omega 3

8 Sumber Makanan Terbaik yang Kaya Asam Lemak Omega 3

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2019 . Waktu baca 5 menit
asam lemak untuk wajah

Sebenarnya, Perlukah Pakai Asam Lemak Esensial untuk Merawat Wajah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
asam lemak dalam susu organik untuk anak

Pentingnya Asam Lemak dari Susu Organik untuk Anak

Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Juli 2019 . Waktu baca 5 menit