Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Olahraga tetap sangat mungkin rutin dilakukan saat liburan. Bahkan jika Anda sedang dalam perjalanan tamasya bersama keluarga. Meski terikat dengan jadwal padat, liburan bukan alasan bagi Anda absen olahraga.

Anda sebaiknya tetap mengatur waktu untuk berolahraga bersama, terutama dengan anak-anak. Sebab, kebiasaan mager saat liburan panjang dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko obesitas pada anak. Yuk, simak beragam tips olahraga yang mudah diterapkan agar Anda sekeluarga tetap bisa aktif saat liburan.

Apa saja jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan saat liburan?

Ada beberapa pilihan olahraga yang masih bisa dilakukan saat liburan bersama keluarga. Beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak terasa seperti olahraga, sehingga anak mungkin semangat untuk turut serta.. Ulasan di bawah ini sekaligus membahas tips dalam melakukannya. 

Jalan kaki

Anda bisa mengajak keluarga berjalan kaki setelah makan malam. Jalan kaki santai membantu membakar kalori dan mencegahperut Anda terasa begah setelah makan.

Tak perlu terlalu lama atau terlalu jauh dari rumah maupun tempat penginapan. Namun, pastikan Anda sekeluarga memakai sepatu olahraga yang tepat. Anda pun bisa mendorong stroller untuk membawa anak Anda yang masih bayi atau balita. 

Main gim

Anda tidak perlu susah payah membujuk anak Anda untuk berolahraga. Jika anak sedang asyik bermain gim konsol, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bergabung bersama mereka. 

Suasana liburan akan semakin menyenangkan jika Anda sekeluarga bermain bersama, terutama permainan yang membutuhkan gerakan fisik. Anggaplah kegiatan itu sebagai olahraga saat liburan.

Pilihlah permainan yang berbau olahraga, seperti “Bowling” atau “Just Dance”. 

Mendaki

Jika panas matahari tak terlalu menusuk kulit, ajak anggota keluarga Anda mendaki bersama sebagai pilihan olahraga saat liburan di luar kota. Kegiatan ini selalu menyenangkan dan membangkitkan adrenalin, terlebih jika dilakukan bersama. 

Jika Anda bepergian bersama bayi atau balita, Anda mungkin memerlukan ransel bayi dengan pelindung matahari dan kantong botol air. Anda bisa menggendong si kecil di ransel tersebut sambil menikmati perjalanan mendaki dengan gembira.  

Yoga

Jika Anda dan keluarga tidak terlalu suka aktivitas di luar ruangan, yoga adalah pilihan yang tepat. Banyak studio olahraga yang memungkinkan Anda berolahraga bersama keluarga atau pasangan. Anda juga bisa melakukan yoga dengan mengikuti gerakan di DVD atau YouTube. 

Surfing

Bermain di pantai tentu menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga dan orang tercinta. Kegiatan olahraga saat liburan di pantai pun seakan tak terbatas jenisnya, termasuk surfing (berselancar). 

Surfing atau berselancar memang tidak mudah dilakukan, tapi kegiatan ini akan membangkitkan jiwa petualang Anda dan keluarga.

Bayangkan Anda dan pasangan berselancar bersama, sedangkan anak-anak Anda tertawa sambil bermain air. Menyenangkan bukan? 

Tips agar tetap rajin olahraga saat liburan

Selain beberapa hal yang telah disebutkan, berikut tips umum untuk olahraga saat liburan:

Bawa perlengkapan olahraga

Mayo Clinic menyebutkan Anda sebaiknya membawa perlengkapan olahraga ke destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Perhatikan juga barang olahraga untuk pasangan dan anak Anda. Barang-barang tersebut di antaranya:

  • Sepatu atletik
  • Baju olahraga
  • Baju renang
  • Lompat tali
  • Matras yoga

Persiapan

Ketika Anda dan keluarga tiba di lokasi liburan, mulailah dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki untuk memeriksa keadaan. Jika tidak memungkinkan, jadwalkan di hari lain dan jadikan hal itu sebagai kegiatan wajib dalam liburan. 

Jangan memaksakan keadaan

Jika Anda dan keluarga mengalami kelelahan atau bahkan jetlag setelah menempuh perjalanan jauh menuju lokasi liburan, jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Perjalanan bisa mengganggu jadwal tidur dan makan Anda. Karena itu, tentukan waktu terbaik untuk berolahraga demi kebugaran Anda sekeluarga. 

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ingin jantung selalu sehat? Cobalah untuk mencoba senam jantung sehat. Yuk, lihat manfaat sekaligus panduan gerakan-gerakannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Jantung, Kesehatan Jantung 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ada yang suka berolahraga setelah bangun pagi, ada juga yang lebih senang olahraga pulang kantor. Sebetulnya, lebih baik olahraga pagi atau malam?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Olahraga Lainnya, Kebugaran 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Sit Up Tidak Bisa Menghilangkan Lemak Perut?

Sudah rajin sit up tapi perut masih buncit? Wajar saja, karena kita tidak bisa hanya menghilangkan lemak di bagian tertentu saja. Jadi harus bagaimana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
minum kopi sebelum olahraga

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit