backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

6 Jenis Olahraga untuk Persiapan Sebelum Hari Pernikahan

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 19/12/2023

6 Jenis Olahraga untuk Persiapan Sebelum Hari Pernikahan

Anda tentu ingin terlihat sesempurna mungkin di hari pernikahan. Selain diet, cara mendapatkan tubuh yang ideal dan bugar selama acara pernikahan adalah olahraga rutin. Kondisi tubuh yang sehat juga membuat Anda lebih fit ketika malam pertama. Berikut olahraga yang bisa Anda coba sebagai persiapan sebelum menikah.

Olahraga untuk persiapan sebelum menikah

Sebenarnya, Anda bisa melakukan olahraga atau program latihan apa pun menjelang pernikahan. Namun, beberapa pilihan olahraga berikut bisa meningkatkan kebugaran tubuh dalam waktu singkat.

Beberapa latihan yang disebutkan juga mendukung kesehatan fungsi organ reproduksi. Tidak hanya untuk keintiman, hal ini juga penting bagi Anda dan pasangan yang ingin langsung mencoba program hamil. 

1. Lari

Olahraga sebelum menikah yang baik dilakukan yaitu lari. Jenis olahraga ini merupakan bentuk olahraga kardiovaskular yang dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kekuatan tubuh.

Aktivitas ini melibatkan otot-otot, seperti otot perut, otot paha, dan otot betis. Rutin berlari membantu meningkatkan kekuatan otot, ketahanan stamina, dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Manfaat tersebut tentu sangat penting untuk menjalani berbagai rangkaian acara pernikahan, mulai dari melakukan upacara pernikahan, berdiri berjam-jam menyambut tamu, hingga berpesta saat resepsi. 

2. Berenang

Latihan agar tubuh fit saat menikah lain yang bisa Anda lakukan yaitu berenang. Olahraga ini melibatkan otot kaki, lengan, dan punggung. 

Aktivitas ini membantu membangun kekuatan otot dan daya tahan tubuh yang dibutuhkan saat menjalankan rangkaian acara pernikahan.

Selain itu, berenang membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Ini membantu Anda menenangkan pikiran dan mengendalikan kekhawatiran, sehingga lebih siap menghadapi acara pernikahan.

3. Angkat beban

Olahraga angkat beban juga baik dilakukan sebelum pernikahan. Angkat beban dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar untuk menjalankan berbagai aktivitas pernikahan ataupun persiapannya yang mungkin cukup intens.

Olahraga ini juga membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati. Pasalnya, perencanaan pernikahan bisa menjadi proses yang menantang secara emosional.

Bonusnya, olahraga ini juga dapat mendukung program diet Anda untuk menurunkan berat badan. Anda tak perlu khawatir lagi baju pernikahan tak muat.

4. Senam kegel

Senam Kegel adalah serangkaian latihan yang dirancang untuk menguatkan otot dasar panggul. Menurut UChicago Medicine, melatih daerah otot ini bermanfaat untuk hubungan intim saat malam pertama bagi pria maupun wanita.

Olahraga ini cocok dilakukan untuk pria saat malam pertama karena dapat meningkatkan aliran darah ke area panggul, membantu meningkatkan ereksi, dan kontrol ejakulasi. 

Sementara itu, manfaat senam Kegel untuk malam pertama wanita yaitu dapat meningkatkan pelumasan dan gairah saat bercinta.

5. Yoga

Olahraga sebelum menikah yang sebaiknya dilakukan lainnya yaitu yoga. Yoga menyatukan gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi, yang dapat memberikan sejumlah manfaat fisik, mental, dan emosional. 

Beberapa pose yoga dapat membantu membangun kekuatan otot dan stamina, yang dapat berguna saat menghadapi berbagai rangkaian acara pernikahan. 

Berlatih yoga juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini sangat penting untuk kebugaran fisik dan mental calon pengantin.

6. Pilates

Olahraga untuk menambah berat badan

Pilates bisa menjadi pilihan olahraga sebelum menikah yang sebaiknya dilakukan. Olahraga ini melibatkan gerakan yang melibatkan seluruh otot tubuh sehingga membantu membangun kekuatan tubuh. 

Latihan ini juga meningkatkan keseimbangan dan koordinasi yang dapat berguna selama berbagai aktivitas resepsi pernikahan.

Seperti yoga, pilates berfokus pada pernapasan dan gerakan yang terkoordinasi. Ini tentunya dapat mengurangi kecemasan atau overthinking berlebihan yang kerap menyerang calon pengantin.

Berolahraga sebelum menikah adalah langkah positif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental baik untuk Anda dan pasangan. Jangan lupa tentukan frekuensi, durasi, dan jenis latihan yang ingin Anda lakukan untuk membantu tetap termotivasi.

Selain itu, gabungkan berbagai jenis latihan untuk melibatkan seluruh tubuh dan mencegah kebosanan. Gabungan antara latihan kardio, kekuatan, dan fleksibilitas agar memberikan manfaat yang efektif.

Jika memungkinkan, ajak pasangan berolahraga bersama. Ini bisa menjadi cara menyenangkan untuk saling mendukung dan mempererat hubungan.

Jenis olahraga sebelum menikah

Beberapa jenis olahraga sebelum menikah yang dapat menunjang kekuatan tubuh saat hari pernikahan dan malam pertama yaitu lari, berenang, angkat beban, senam kegel, yoga, dan pilates.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 19/12/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan