home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Jenis Senam dan Manfaatnya bagi Kesehatan yang Penting Anda Ketahui

6 Jenis Senam dan Manfaatnya bagi Kesehatan yang Penting Anda Ketahui

Berolahraga merupakan metode efektif yang bisa Anda lakukan untuk meraih kebugaran jasmani. Salah satu olahraga yang bisa dengan mudah dan murah Anda lakukan adalah senam. Tak perlu banyak peralatan dan bisa dilakukan di rumah, senam bisa menjadi opsi untuk Anda pilih. Ada macam-macam senam yang memiliki manfaat berbeda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Macam-macam senam

Cabang olahraga atau cabor senam pertama kali dipertandingkan dalam ajang Olimpiade modern pada 1896. Dikutip dari laman Olympic.org, induk organisasi senam dunia atau Fédération Internationale de Gymnastique (FIG) didirikan sejak 1881. Hal ini sekaligus menjadikannya organisasi olahraga internasional tertua di dunia.

Selain macam-macam senam yang dipertandingkan, ada pula jenis olahraga senam yang bisa Anda jadikan rutinitas sehari-hari dan dapat dipraktikkan dengan mudah untuk menjaga kebugaran tubuh.

Berikut penjelasan mengenai berbagai macam senam, teknik melakukan, beserta manfaatnya.

1. Senam artistik

senam lantai untuk hipertensi

Senam artistik atau juga dikenal sebagai senam lantai adalah salah satu bentuk senam paling populer dan banyak dipraktikkan. Jenis senam ini utamanya terdiri dari penggunaan berbagai alat senam, serta penggunaan lantai untuk berbagai latihan.

Dalam pertandingan, cabang olahraga ini dibagi menjadi senam artistik putra dan senam artistik putri. Keduanya dapat dilakukan individu atau tim dengan nomor alat yang berbeda antara putra dan putri.

  • Senam artistik pria: terdiri dari 6 alat, yakni palang tunggal (horizontal bar), palang sejajar (parallel bars), kuda pelana (pommel horse), gelang-gelang (still rings), meja lompat (vaulting), dan lantai (floor exercises).
  • Senam artistik putri: terdiri dari 4 alat, yakni palang bertingkat (uneven bars), balok keseimbangan (balance beams), meja lompat (vaulting), dan lantai (floor exercises).

Walaupun alat senam dan teknik yang dilakukan berbeda, baik senam artistik putra maupun putri menekankan pada beberapa aspek, seperti daya tahan, koordinasi, kekuatan, dan koreografi yang indah.

2. Senam ritmik

senam irama

Senam ritmik atau senam irama adalah pertunjukkan berbagai gerakan senam yang diiringi musik, tanpa atau dengan berbagai alat bantu senam. Alat bantu senam tersebut dapat berupa, bola (ball), pita (ribbon), simpai (hoops), gada (club), dan tali (rope).

Hanya atlet putri saja yang bersaing dalam senam ritmik pada ajang Olimpiade. Senam ritmik dapat dilakukan individu atau tim.

  • Penampilan individu dilakukan melalui beberapa rutinitas dengan 4-5 alat bantu senam.
  • Penampilan tim terdiri dari 5 pesenam yang tampil sebanyak dua kali, sekali semua pesenam menggunakan gada serta sekali lagi dengan 2 pesenam menggunakan simpai dan 3 pesenam menggunakan pita.

Olahraga ini menggabungkan unsur balet, akrobatik, dan penggunaan alat bantu senam untuk menampilkan ketangkasan, ketahanan tubuh, dan koordinasi mata-tangan.

3. Senam trampolin

senam trampolin

Senam trampolin adalah jenis senam yang menggunakan trampolin untuk membantu pesenam melompat hingga ketinggian sekitar 9 meter di udara. Pertandingan mencakup lompatan dasar hingga kombinasi gerakan untuk menghasilkan manuver dan poin sebanyak-banyaknya.

Olahraga trampolin perdana dipertandingkan pada ajang Olimpiade Sydney 2000 yang menampilkan pertandingan individu putra dan putri saja. Pada ajang lain, ada pula pertandingan yang dikenal sebagai synchronised trampoline dan double mini-trampoline.

  • Individual trampoline. Pertandingan individu dengan sebuah trampolin.
  • Synchronised trampoline. Pertandingan tim yang terdiri dari 2 pesenam dengan 2 trampolin terpisah untuk melakukan keterampilan yang sama (sinkronisasi) pada waktu yang bersamaan.
  • Double mini-trampoline. Pertandingan individu dengan trampolin kecil dan memiliki dua tingkat, yakni bagian miring dan datar. Pesenam berlari dan melompat ke ujung mirip, kemudian melompat ke bagian datar sebelum turun ke matras.

4. Power tumbling

power tumbling

Power tumbling atau tumbling adalah pengembangan latihan trampolin yang dipadukan dengan kecepatan dan kemampuan akrobatik. Pertandingan dapat dilakukan secara individu atau tim.

Berbeda dengan trampolin biasa, power tumbling menggunakan trampolin kecil yang disusun membentuk sebuah trek lurus sepanjang 25 meter. Pesenam akan melakukan dua kali set, di mana setiap set menunjukkan delapan keterampilan.

Untuk melakukan power tumbling dengan baik, pesenam harus memiliki kekuatan, keseimbangan tubuh, koordinasi, dan kesadaran spasial yang luar biasa.

5. Senam akrobatik

akrobatik

Senam akrobatik adalah jenis senam beregu putra dan putri. Terdapat tiga jenis gerakan akrobatik, yakni rutinitas keseimbangan—fokus pada kekuatan, ketenangan, dan fleksibilitas; rutinitas dinamis—fokus pada lemparan, jungkir balik, dan tangkapan; rutinitas gabungan—mencakup elemen keseimbangan dan dinamis.

Jenis senam ini memiliki kesamaan dengan senam ritmik, yakni menggunakan arena yang sama dan diiringi oleh musik. Perbedaannya, senam akrobatik tidak menggunakan alat bantu sama sekali.

Olahraga ini terkenal akan manuver dan risiko cedera yang tinggi. Senam akrobatik dapat dilakukan dua, tiga, hingga empat orang dalam satu tim dengan komposisi:

  • Women’s pair (dua pesenam putri)
  • Men’s pair (dua pesenam putra)
  • Mixed pair (pesenam putra dan pesenam putri)
  • Women’s group (tiga pesenam putri)
  • Men’s group (empat pesenam putra)

6. Senam aerobik

senam aerobik untuk hipertensi

Senam aerobik atau juga dikenal sebagai olahraga aerobik adalah jenis senam yang bisa orang awam lakukan tanpa memerlukan keahlian khusus. Latihan ini bisa dilakukan secara individu, pasangan, atau kelompok tanpa menggunakan peralatan khusus.

Gerakan senam aerobik biasanya menekankan kekuatan, fleksibilitas, dan kebugaran jasmani. Alhasil, olahraga ini bisa bermanfaat untuk membantu menjaga stamina, tekanan darah normal, hingga membantu menurunkan berat badan.

Macam-macam manfaat senam untuk kesehatan tubuh

Macam-macam olahraga senam bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Dikutip dari Gymnastic Victoria, beberapa manfaat senam bagi kesehatan tubuh Anda antara lain seperti berikut ini.

  • Mengikuti latihan senam secara teratur bisa menurunkan risiko masalah kesehatan, seperti asma, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.
  • Beberapa gerakan senam dapat meningkatkan kelenturan tubuh sehingga tidak mudah mengalami cedera.
  • Senam menjadi pilihan gaya hidup sehat yang cenderung murah dan mudah dilakukan, di mana hal ini juga bisa dibarengi dengan asupan pola makan dan istirahat yang cukup.
  • Latihan senam bisa meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, refleks tubuh, dan konsentrasi pada orang dewasa.
  • Anak-anak dan remaja yang mengikuti latihan senam dapat meningkatkan disiplin, meningkatkan perkembangan keterampilan motorik, dan mempercepat pembelajaran.
  • Program senam dapat meningkatkan kesehatan mental dan kualitas tidur hamil berdasarkan studi yang diterbitkan Taiwanese Journal of Obstetrics & Gynecology.

Bagi orang awam, melakukan senam aerobik di rumah selama beberapa menit setiap harinya sudah cukup untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghindari berbagai risiko penyakit.

Namun jika Anda tertarik mencoba jenis senam lainnya, pastikan mendapatkan arahan dan pengawasan dari instruktur guna menghindari risiko cedera.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Understanding the 5 Different Types of Gymnastics. Blog.pinngym.com. (2018). Retrieved 2 March 2021, from https://blog.pinngym.com/understanding-the-5-different-types-of-gymnastics.

Artistic, Rhythmic, Trampoline & Tumbling…A Breakdown of Gymnastic Classes. Gymnastics HQ. (2014). Retrieved 2 March 2021, from https://gymnasticshq.com/artistic-rhythmic-trampoline-tumbling-a-breakdown-of-gymnastic-classes/

Introduction to gymnastics: Types of gymnastics. ActiveSG. Retrieved 2 March 2021, from https://www.myactivesg.com/Sports/Gymnastics/How-To-Play/Gymnastics-for-Beginners/Introduction-to-gymnastics-Types-of-gymnastics

International Gymnastics Federation – Olympic Sport. International Olympic Committee. Retrieved 2 March 2021, from https://www.olympic.org/international-gymnastics-federation

Benefits of Gymnastics. Gymnasticsvictoria.org.au. (2018). Retrieved 2 March 2021, from http://www.gymnasticsvictoria.org.au/VIC/Posts/News_Articles/2018/July/Benefits_of_Gymnastics_.aspx

Kocsis, I., Szilágyi, T., Turos, J., Bakó, A., & Frigy, A. (2017). Effect of a gymnastics program on sleep characteristics in pregnant women. Taiwanese journal of obstetrics & gynecology, 56(2), 204–209. https://doi.org/10.1016/j.tjog.2017.02.001

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 23/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x