home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Zumba dan Senam Aerobik

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Zumba dan Senam Aerobik

Zumba dan senam aerobik sama-sama dilakukan dengan iringan musik. Kedua olahraga ini juga ampuh membakar lemak. Meski demikian, kedua jenis senam ini memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Apa saja perbedaan tersebut?

Beda zumba dan senam aerobik

Meski mirip, zumba dan senam aerobik bisa dibedakan dari berbagai aspek. Misalnya saja, jumlah kalori yang dibakar, musik dan pola gerakan yang digunakan, serta bagian tubuh yang terlatih.

Di bawah ini adalah beberapa perbedaan dari kedua olahraga ini.

1. Musik dan tempo yang digunakan

senam Zumba

Senam aerobik umumnya dimulai dengan pemanasan, lalu dilanjutkan dengan gerakan yang lebih intens untuk meningkatkan denyut jantung. Musik yang digunakan biasanya bertempo agak cepat dan selalu konstan sepanjang senam.

Sementara zumba menggunakan musik Latin yang memacu energi. Tempo musik terkadang berubah-ubah sehingga gerakannya pun menjadi bervariasi.

2. Kalori yang dibakar

Rata-rata, Anda dapat membakar hingga 498 kalori dengan melakukan senam aerobik selama satu jam. Jumlah ini dapat bertambah besar, tergantung intensitas senam aerobik dan berat badan Anda.

Tak jauh berbeda dengan senam aerobik, zumba dalam durasi yang sama dapat membakar hingga 360-532 kalori. Anda bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan lebih sering melakukan zumba serta memperluas jangkauan tangan dan kaki.

3. Kategori olahraga

manfaat zumba

Meski memiliki perbedaan, zumba dan senam aerobik sebenarnya sama-sama berasal dari kategori olahraga kardio. Olahraga ini bertujuan melatih jantung untuk mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh dengan lebih efektif.

Bedanya, zumba juga memiliki variasi gerakan lain yang tidak termasuk dalam kategori olahraga kardio. Variasi gerakan zumba biasanya tergolong dalam olahraga ketahanan (resistance). Selain bermanfaat untuk melatih jantung, zumba juga memperkuat otot.

4. Otot tubuh yang terlatih

Senam aerobik dan zumba sama-sama melatih banyak otot tubuh dalam waktu bersamaan, tapi ada perbedaan pada otot yang dilatih ketika Anda melakukan kedua olahraga ini. Senam aerobik akan melatih otot lengan, pundak, kaki, sendi, serta perut.

Sementara itu, fokus utama zumba adalah melatih otot inti tubuh, kaki, serta bokong. Tidak hanya melatih, olahraga terbaik untuk membakar lemak ini juga dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot-otot tersebut.

5. Jenis gerakan yang digunakan

olahraga aerobik dan anaerobik

Perbedaan lain dari kedua olahraga ini ada pada set gerakan yang digunakan. Senam aerobik lebih banyak menggunakan gerakan-gerakan atletik yang dilakukan berulang kali. Hal ini bertujuan untuk membakar kalori dalam jumlah besar.

Gerakan zumba banyak mendapat pengaruh dari gaya tarian Latin. Langkah-langkah yang digunakan cukup sederhana, tapi Anda akan lebih sering melakukan gerakan dengan pinggul sehingga seluruh tubuh Anda ikut bergerak.

Zumba dan senam aerobik merupakan olahraga andalan untuk membakar lemak dengan cara yang menyenangkan. Dengan mengetahui perbedaan dua jenis olahraga ini akan membantu Anda dalam memilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan kebutuhan. Meski demikian, Anda pun bisa melakukan keduanya secara bergantian untuk memperoleh manfaat optimal.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Kind of Music Is Used in Zumba Aerobics? https://healthyliving.azcentral.com/kind-music-used-zumba-aerobics-17685.html Diakses pada 16 Agustus 2019.

Aerobic Dance. https://www.rehab.research.va.gov/mono/lowerlimb/dance.pdf Diakses pada 16 Agustus 2019.

How Many Calories Does a Dance Fitness Class Really Burn? https://www.shape.com/fitness/how-many-calories-does-dance-fitness-class-really-burn Diakses pada 16 Agustus 2019.

How Many Calories Are Burned With Dance Workouts? https://woman.thenest.com/many-calories-burned-dance-workouts-3036.html Diakses pada 16 Agustus 2019.

Zumba. https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/zumba-workouts Diakses pada 16 Agustus 2019.

Pantelic, S., Milanovic, Z., Sporis, G. & Stojanovic-Tosic, J. (2013). Effects of a twelve-week aerobic dance exercises on body compositions parameters in young women. Int. J. Morphol., 31(4):1243-1250.

Comparison of Aerobic Dance & Zumba. https://livehealthy.chron.com/comparison-aerobic-dance-zumba-5015.html Diakses pada 17 Agustus 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 17/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x