Agar Hasilnya Maksimal, Harus Zumba Berapa Kali Seminggu?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan dance yang energik, senam Zumba bisa jadi pilihan olahraga Anda secara rutin. Zumba termasuk olahraga yang bisa menyehatkan tubuh dengan cara menyenangkan karena gerakannya yang lincah dan alunan musik yang mengasyikkan.

Namun, sebaiknya berapa kali melakukan senam ini dalam seminggu kalau mau tubuh yang bugar dan berat badan yang ideal? Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang olahraga berikut ini.

Apa itu senam Zumba?

manfaat zumba

Zumba merupakan senam jenis aerobik yang menggabungkan beberapa gerakan tarian seperti salsa, flamenco, atau bahkan terdapat tarian modern di dalamnya. Tidak hanya dengan satu lagu yang diulang terus, senam ini biasanya menggunakan beberapa gabungan lagu dalam satu kali sesi untuk meningkatkan mood dan mengimprovisasi gerakan senam.

Ada beberapa jenis kelas senam Zumba, dari mulai yang dilakukan di dalam air, kelas untuk pemula, untuk anak-anak, kelas dengan tingkatan level, bahkan ada yang khusus untuk kelas orang lanjut usia.

Apa saja manfaat olahraga ini?

Senam Zumba merupakan salah satu latihan aerobik yang dapat membakar banyak kalori di tiap gerakannya.  Rata-rata, satu kali latihan dapat membakar 400-600 kalori per jam. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang dalam proses menurunkan berat ke jumlah yang ideal.  

Selain karena gerakkanya yang dapat membakar kalori, pada olahraga ini juga terdapat gerakan tarian beat merengue atau melakukan beberapa set gerakan jongkok yang diikuti dengan lompatan plyometric. Gerakan tersebut dapat membakar lemak dan menguatkan otot tubuh.

Berikut manfaat lainnya:

  • Seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan terlatih

Saat Anda melakukan olahraga ini secara maksimal, senam ini juga menawarkan gerak menyeluruh dari atas sampai bawah bagian tubuh. Pada bagian tubuh atas, umumnya tangan, bahu dan perut yang akan bergerak banyak mengikuti irama.

Lalu untuk bagian bawah tubuh, area pantat, pinggul dan kaki Anda semuanya bergerak secara bersamaan. Di samping itu, ada manfaat tersembunyi Zumba yang dapat melatih kelenturan sendi tubuh.

Pasalnya senam jenis aerobik ini akan melatih fleksibilitas Anda dalam gerakan yang dimulai dari sesi pemanasan, isi sesi senam, dan sampai pendinginan.

  • Mencegah stress dan bikin happy

Salah satu manfaat yang paling terasa dari senam ini adalah hilangnya stres dan penat. Saat Anda senam Zumba, Anda akan diiringi bermacam lagu dengan irama musik semangat, kekinian, dan pastinya dengan tema up beat. Mendengarkan musik sembari berjoget lincah menyehatkan juga bisa bikin mood Anda senang, lho.

Jika Anda sedang dilanda stres akibat pekerjaan, cobalah untuk melakukan olahraga sena,m Zumba. Adanya alunan musik semangat dan menggoda tubuh ingin bergerak lincah, hal ini dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik.

Selain alasan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, latihan Zumba juga dapat menjadi obat sehat bagi Anda yang sedang merasa stres ataupun bosan.

senam Zumba adalah sebuah rangkaian gerakan tarian dengan musik latin dan internasional. Senam Zumba menggabungkan latihan interval dengan adanya ritme cepat dan lambat, dan juga latihan ketahanan otot sehingga semakin kuat.

Seberapa sering harus melakukan olahraga ini?

gerakan senam untuk mengatasi nyeri haid

Untuk melakukan senam Zumba yang umumnya dengan musik latin dan internasional, Anda harus tahu seberapa banyak melakukannya agar tubuh sehat. Pasalnya, senam ini menggabungkan latihan interval dengan adanya ritme cepat dan lambat, dan juga latihan ketahanan otot sehingga semakin kuat.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, Zumba termasuk ke dalam olahraga aerobik. Sebagai latihan aerobik, sebaiknya lakukan senam jenis ini minimal 150 menit per minggu dengan intensitas latihan yang sedang. Atau Anda dapat melakukan senam Zumba minimal selama 75 menit per minggu dengan intensitas yang lebih berat.

Karena ini hanya rekomendasi minimal, Anda bisa melakukannya lebih dari waktu tersebut. Semakin banyak Anda melakukan senam aerobik ini, maka akan semakin banyak manfaat kesehatan yang didapatkan. Dengan catatan, Anda bisa mengukur kemampuan diri sendiri. Sebab senam yang berlebihan dan mati-matian juga bisa merugikan Anda.

Anda dapat membagi-bagi waktu tersebut ke dalam beberapa hari, sebaiknya tidak langsung 150 menit. Apalagi bagi Anda yang termasuk pemula, tubuh perlu beradaptasi dengan aktivitas tersebut.

Contohnya, Anda olahraga 160 menit per minggu, Anda bisa membaginya menjadi 4 hari dalam seminggu. Dengan durasi tiap latihan minimal 40 menit. Senam Zumba 40 menit ini sudah dapat membantu membakar sekitar 369 kalori Anda.

Mengenali intensitas senam Zumba

Untuk mengetahui seberat apa intensitas senam Zumba Anda, caranya cukup sederhana. Semakin berat intensitas latihan, maka akan semakin cepat jantung berdetak, begitupun dengan keluarnya keringat yang semakin banyak dengan intensitas tinggi. Semakin berat intensitasnya, Anda sampai tidak bisa berbicara saat olahraga.

Jadi, ketika senam Zumba Anda membuat jantung berdetak sangat cepat, keringat keluar sangat banyak, dan Anda sudah tidak mampu berbicara karena sangat ngos-ngosan untuk menarik napas kembali secepatnya, itu artinya latihan yang dilakukan termasuk intensitas berat untuk tubuh Anda.

Setiap orang memiliki intensitas olahraganya masing-masing. Jika Anda sudah merasakan ngos-ngosan sampai tidak mampu berbicara, belum tentu orang lain merasakan hal yang sama meskipun dengan beban olahraga yang sama.

Bolehkah senam Zumba setiap hari?

olahraga aerobik dan anaerobik

Beberapa orang mungkin ketagihan, atau sangat menggebu ingin menurunkan berat badan melalui Zumba. Maka itu, ada orang yang melakukan Zumba setiap hari baik.

Melakukan senam ini setiap hari tentunya boleh saja, yang penting Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda dari overtraining. Jangan sampai, tujuan menjadi sehat justru jadi overtraining alias olahraga mati-matian. Rasakan tubuh Anda sendiri, jika sudah terlalu lelah sebaiknya jangan lakukan setiap hari.

Jika Anda mulai merasa sangat lelah sepanjang hari, mulai sensitif atau mudah marah secara emosional, nafsu makan semakin menurun, itu bisa jadi tanda kalau Anda terlalu banyak olahraga.

Olahraga memang bermanfaat, tetapi tubuh Anda tetap butuh waktu untuk beristirahat. Kalau tubuh Anda memang sudah terlatih dan terbiasa olahraga setiap hari, boleh saja dilakukan.

 

Berapa Banyak Kalori yang Berhasil Saya Bakar Saat Berolahraga?

Ingin tahu berapa banyak kalori yang berhasil kamu bakar dalam sehari? Efektifkah olahraga yang kamu pilih untuk membakar kalori? Cek selengkapnya.

Mau Cari Tahu!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ingin jantung selalu sehat? Cobalah untuk mencoba senam jantung sehat. Yuk, lihat manfaat sekaligus panduan gerakan-gerakannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Jantung, Kesehatan Jantung 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Olahraga Pagi atau Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ada yang suka berolahraga setelah bangun pagi, ada juga yang lebih senang olahraga pulang kantor. Sebetulnya, lebih baik olahraga pagi atau malam?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Olahraga Lainnya, Kebugaran 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Sit Up Tidak Bisa Menghilangkan Lemak Perut?

Sudah rajin sit up tapi perut masih buncit? Wajar saja, karena kita tidak bisa hanya menghilangkan lemak di bagian tertentu saja. Jadi harus bagaimana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 24 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
minum kopi sebelum olahraga

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit