home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Agar Hasilnya Maksimal, Harus Zumba Berapa Kali Seminggu?

Agar Hasilnya Maksimal, Harus Zumba Berapa Kali Seminggu?

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan dance yang energik, senam zumba bisa jadi pilihan olahraga Anda secara rutin. Zumba termasuk olahraga yang bisa menyehatkan tubuh dengan cara menyenangkan karena gerakannya yang lincah dan alunan musik yang mengasyikkan.

Namun, sebaiknya berapa kali melakukan senam ini dalam seminggu kalau mau tubuh yang bugar dan berat badan yang ideal? Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang olahraga berikut ini.

Apa itu senam Zumba?

manfaat zumba

Zumba merupakan senam jenis aerobik yang menggabungkan beberapa gerakan tarian seperti salsa, flamenco, atau bahkan terdapat tarian modern di dalamnya. Tidak hanya dengan satu lagu yang diulang terus, senam ini biasanya menggunakan beberapa gabungan lagu dalam satu kali sesi untuk meningkatkan mood dan mengimprovisasi gerakan senam.

Ada beberapa jenis kelas senam zumba, dari mulai yang dilakukan di dalam air, kelas untuk pemula, untuk anak-anak, kelas dengan tingkatan level, bahkan ada yang khusus untuk kelas orang lanjut usia.

Apa saja manfaat olahraga ini?

Senam zumba merupakan salah satu latihan aerobik yang dapat membakar banyak kalori di tiap gerakannya. Rata-rata, satu kali latihan dapat membakar 400-600 kalori per jam. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang dalam proses menurunkan berat ke jumlah yang ideal.

Selain karena gerakanya yang dapat membakar kalori, pada olahraga ini juga terdapat gerakan tarian beat merengue atau melakukan beberapa set gerakan jongkok yang diikuti dengan lompatan plyometric. Gerakan tersebut dapat membakar lemak dan menguatkan otot tubuh.

1. Seluruh anggota tubuh ikut bergerak dan terlatih

Saat Anda melakukan olahraga ini secara maksimal, senam ini juga menawarkan gerak menyeluruh dari atas sampai bawah bagian tubuh. Pada bagian tubuh atas, umumnya tangan, bahu, dan perut yang akan bergerak banyak mengikuti irama.

Lalu untuk bagian bawah tubuh, area pantat, pinggul, dan kaki Anda semuanya bergerak secara bersamaan. Di samping itu, ada manfaat tersembunyi zumba yang dapat melatih kelenturan sendi tubuh.

Pasalnya senam jenis aerobik ini akan melatih fleksibilitas Anda dalam gerakan yang dimulai dari sesi pemanasan, isi sesi senam, dan sampai pendinginan.

2. Mencegah stress dan bikin happy

Salah satu manfaat yang paling terasa dari senam ini adalah hilangnya stres dan penat. Saat Anda senam zumba, Anda akan diiringi bermacam lagu dengan irama musik semangat, kekinian, dan pastinya dengan tema up beat. Mendengarkan musik sembari berjoget lincah menyehatkan juga bisa bikin mood Anda senang, lho.

Jika Anda sedang dilanda stres akibat pekerjaan, cobalah untuk melakukan olahraga senam zumba. Adanya alunan musik semangat dan menggoda tubuh ingin bergerak lincah, hal ini dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik.

Selain alasan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, latihan zumba juga dapat menjadi obat sehat bagi Anda yang sedang merasa stres ataupun bosan.

Senam zumba adalah sebuah rangkaian gerakan tarian dengan musik latin dan internasional. Senam zumba menggabungkan latihan interval dengan adanya ritme cepat dan lambat, juga latihan ketahanan otot sehingga semakin kuat.

Seberapa sering harus melakukan olahraga ini?

gerakan senam untuk mengatasi nyeri haid

Untuk melakukan senam zumba yang umumnya dengan musik latin dan internasional, Anda harus tahu seberapa banyak melakukannya agar tubuh sehat. Pasalnya, senam ini menggabungkan latihan interval dengan adanya ritme cepat dan lambat, dan juga latihan ketahanan otot sehingga semakin kuat.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, zumba termasuk ke dalam olahraga aerobik. Sebagai latihan aerobik, sebaiknya lakukan senam jenis ini minimal 150 menit per minggu dengan intensitas latihan yang sedang. Anda dapat melakukan senam zumba minimal selama 75 menit per minggu dengan intensitas yang lebih berat.

Karena ini hanya rekomendasi minimal, Anda bisa melakukannya lebih dari waktu tersebut. Semakin banyak Anda melakukan senam aerobik ini, maka akan semakin banyak manfaat kesehatan yang didapatkan. Dengan catatan, Anda bisa mengukur kemampuan diri sendiri. Sebab senam yang berlebihan dan mati-matian juga bisa merugikan Anda.

Anda dapat membagi-bagi waktu tersebut ke dalam beberapa hari, sebaiknya tidak langsung 150 menit. Apalagi bagi Anda yang termasuk pemula, tubuh perlu beradaptasi dengan aktivitas tersebut.

Contohnya, Anda olahraga 160 menit per minggu, Anda bisa membaginya menjadi 4 hari dalam seminggu. Dengan durasi tiap latihan minimal 40 menit. Senam zumba 40 menit ini sudah dapat membantu membakar sekitar 369 kalori Anda.

Mengenali intensitas senam zumba

Untuk mengetahui seberat apa intensitas senam zumba Anda, caranya cukup sederhana. Semakin berat intensitas latihan, maka akan semakin cepat jantung berdetak, begitu pun dengan keluarnya keringat yang semakin banyak dengan intensitas tinggi. Semakin berat intensitasnya, Anda sampai tidak bisa berbicara saat olahraga.

Jadi, ketika senam zumba Anda membuat jantung berdetak sangat cepat, keringat keluar sangat banyak, dan Anda sudah tidak mampu berbicara karena sangat ngos-ngosan untuk menarik napas kembali secepatnya, itu artinya latihan yang dilakukan termasuk intensitas berat untuk tubuh Anda.

Setiap orang memiliki intensitas olahraganya masing-masing. Jika Anda sudah merasakan ngos-ngosan sampai tidak mampu berbicara, belum tentu orang lain merasakan hal yang sama meskipun dengan beban olahraga yang sama.

Bolehkah senam zumba setiap hari?

olahraga aerobik dan anaerobik

Beberapa orang mungkin ketagihan, atau sangat menggebu ingin menurunkan berat badan melalui zumba. Maka itu, ada orang yang melakukan zumba setiap hari baik.

Melakukan senam ini setiap hari tentunya boleh saja, yang penting Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda dari overtraining. Jangan sampai, tujuan menjadi sehat justru jadi overtraining alias olahraga mati-matian. Rasakan tubuh Anda sendiri, jika sudah terlalu lelah sebaiknya jangan lakukan setiap hari.

Jika Anda mulai merasa sangat lelah sepanjang hari, mulai sensitif atau mudah marah secara emosional, nafsu makan semakin menurun, itu bisa jadi tanda kalau Anda terlalu banyak olahraga.

Olahraga memang bermanfaat, tetapi tubuh Anda tetap butuh waktu untuk beristirahat. Kalau tubuh Anda memang sudah terlatih dan terbiasa olahraga setiap hari, boleh saja dilakukan.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. 2016. Healthy Lifestyle Fitness. [Online] Tersedia pada: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/zumba/faq-20057883 (Diakses 22 Oktober 2018)

Vulcan Nicole. Tanpa tahun. Do You Do Zumba Every Day?. [Online] Tersedia pada: https://healthyliving.azcentral.com/zumba-day-19293.html (Diakses 22 Oktober 2018)

Zumba workout fitness http://www.livestrong.com/article/68324-zumba-workout-benefits/ Diakses pada 15 Maret 2019

Benefit of zumba http://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-zumba#1 Diakses pada 15 Maret 2019

Healthy benefit of zumba http://www.huffingtonpost.com/2011/11/02/12-healthy-benefits-of-zumba_n_1011261.html Diakses pada 15 Maret 2019

Zumba workouts https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/zumba-workouts Diakses pada 15 Maret 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 15/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x