home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Beragam Manfaat Koenzim Q10 (CoQ1), Termasuk untuk Jantung dan Energi Tubuh

Beragam Manfaat Koenzim Q10 (CoQ1), Termasuk untuk Jantung dan Energi Tubuh

Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau merawat anggota keluarga dengan penyakit jantung, pasti tidak asing dengan berbagai macam obat atau suplemen tertentu. Salah satu contohnya adalah koenzim Q10 yang cukup populer untuk menjaga kesehatan jantung. Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat koenzim Q10, simak ulasannya berikut ini.

Koenzim Q10 dan manfaatnya bagi jantung

obat jantung bengkak

Koenzim Q10 (CoQ10) adalah antioksidan yang terdapat pada hampir tiap sel pada tubuh manusia. Antioksidan ini menyerupai vitamin yang tubuh butuhkan dalam pengembangan sel, karena menghasilkan energi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan sel.

Selain itu, antioksidan ini juga dapat melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat molekul yang berbahaya bagi tubuh dan membantu enzim dalam tubuh untuk mencerna makanan.

Tingkat CoQ10 dalam tubuh Anda menurun seiring bertambahnya usia. Kadar CoQ10 lebih rendah biasanya terjadi pada orang dengan penyakit jantung, dan yang mengonsumsi obat penurun kolesterol yang disebut statin.

Antioksidan CoQ10 sebenarnya ada pada makanan, seperti daging, ikan, dan kacang-kacangan. Namun, jumlah CoQ10 dalam sumber makanan ini, bagaimanapun, tidak cukup untuk meningkatkan kadar CoQ10 secara signifikan dalam tubuh Anda. Nah, itulah beberapa orang mungkin perlu mendapatkannya dari suplemen.

Suplemen koenzim Q10 adalah suplemen untuk jantung, yang juga punya sebutan lain, yaitu ubiquinone. Bagi pasien dengan penyakit gagal jantung, mengkonsumsi koenzim Q10 memberi manfaat dalam mengurangi gejala gagal jantung yang timbul.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian tahun 2016 pada jurnal Circulation: Heart Failure, yang mengungkap hubungan antara kadar koenzim Q10 dengan peningkatan fungsi jantung.

Gagal jantung atau gagal jantung kongestif, terjadi ketika otot jantung Anda tidak memompa darah sebagaimana mestinya. Kondisi penyempitan arteri di jantung atau tekanan darah tinggi, bisa menjadi penyebab dari kondisi ini. Alasannya, jantung menjadi lemah atau kaku untuk mengisi dan memompa secara efisien dalam jangka panjang

Seseorang yang mengalami gagal jantung akan mengalami sesak napas, pembengkakan pada pergelangan tangan atau kaki, denyut jantung tidak beraturan, dan tubuh menjadi mudah lelah. Nyeri dada bisa saja terjadi jika penyebab gagal jantung adalah serangan jantung.

Manfaat koenzim Q10 (CoQ10) bagi tubuh Anda

methylphenidate adalah

Selain baik untuk kesehatan jantung dan suplemennya punya potensi sebagai obat pendukung penyakit jantung, ternyata ada juga manfat koenzim Q10 lainnya, di antaranya:

1. Menurunkan kolesterol pada penderita diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa CoQ10 dapat membantu menurunkan kolesterol LDL tinggi dan kadar kolesterol total pada penderita diabetes. Efeknya ini berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan performa fisik

CoQ10 terlibat dalam produksi energi, sehingga kemungkinan dapat meningkatkan kinerja fisik. Meski demikian, beragam penelitian membuahkan hasil yang beragam, sehingga butuh penelitian lebih lanjut.

3. Mencegah migrain

Penggunaan suplemen koenzim Q10 mungkin memberi manfaat efektif dalam mencegah migrain. Penelitian kecil yang diterbitkan pada Neurology, 42 pasien dengan migrain menerima 100 mg CoQ10 atau pil plasebo tiga kali sehari selama tiga bulan.

Kurang dari setengah peserta tersebut melaporkan penurunan 50 persen atau lebih mengalami serangan migrain, jika dibandingkan dengan hanya 14,4 persen orang yang menggunakan plasebo.

4. Memperbaiki garis halus dan kerutan

Banyak krim dan serum anti-penuaan menggunakan bahan CoQ10 untuk membantu memperbaiki garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Penelitian menunjukkan CoQ10 topikal dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan yang terlihat. Alasannya, pengurangan radikal bebas dan peningkatan kapasitas antioksidan.

Risiko efek samping suplemen koenzim Q10

Suplemen CoQ10 mungkin bermanfaat untuk mengobati kondisi seperti gagal jantung kongestif dan mencegah migrain. Penggunaan suplemen ini tergolong aman, dengan sedikit efek samping, antara lain:

  • Sakit perut bagian atas.
  • Kehilangan selera makan.
  • Mual dan muntah.
  • Diare.
  • Sakit kepala dan pusing.
  • Insomnia.
  • Kelelahan.
  • Kulit gatal atau ruam.
  • Iritabilitas atau agitasi.

Keamanan penggunaan suplemen CoQ10 selama kehamilan dan menyusui belum pasti, jadi sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter. Termasuk jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Hindari penggunaan suplemen obat pengencer darah, seperti warfarin (Jantoven). Pasalnya, keduanya bisa berinteraksi dan menyebabkan peningkatan risiko penggumpalan darah.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sharma, A., Fonarow, G. C., Butler, J., Ezekowitz, J. A., & Felker, G. M. (2016). Coenzyme q10 and heart failure. Circulation: Heart Failure, 9(4). doi:10.1161/circheartfailure.115.002639.

Gholnari T;Aghadavod E;Soleimani A;Hamidi GA;Sharifi N;Asemi Z;. (n.d.). The effects of Coenzyme Q10 supplementation on glucose Metabolism, Lipid Profiles, inflammation, and oxidative stress in patients with Diabetic NEPHROPATHY: A randomized, double-blind, placebo-controlled trial. Retrieved April 23, 2021, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29111905/.

Sándor, P., Clemente, L., Coppola, G., Saenger, U., Fumal, A., Magis, D., Schoenen, J. (2005, February 22). Efficacy of coenzyme q10 in migraine prophylaxis: A randomized controlled trial. Retrieved April 23, 2021, from https://n.neurology.org/content/64/4/713.

Coenzyme q10. (2020, November 10). Retrieved April 23, 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-coenzyme-q10/art-20362602.

Coenzyme q10. (n.d.). Retrieved April 23, 2021, from https://www.nccih.nih.gov/health/coenzyme-q10.

Knott A;Achterberg V;Smuda C;Mielke H;Sperling G;Dunckelmann K;Vogelsang A;Krüger A;Schwengler H;Behtash M;Kristof S;Diekmann H;Eisenberg T;Berroth A;Hildebrand J;Siegner R;Winnefeld M;Teuber F;Fey S;Möbius J;Retzer D;Burkhardt T;Lüttke J;Blatt T;. (n.d.). Topical treatment with coenzyme q10-containing formulas improves skin’s q10 level and provides antioxidative effects. Retrieved April 23, 2021, from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26648450/.

 

 

 

 

 

 

 

http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/coenzyme-q10/background/hrb-20059019 diakses pada 19 Januari 2017
http://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/coq10-miracle-vitamin-or-waste-of-money.aspx diakses pada 19 Januari 2017
http://www.healthline.com/health/coq10-and-statins#Statins2 diakses pada 19 Januari 2017
http://www.webmd.com/heart-disease/heart-failure/tc/coenzyme-q10-topic-overview#1 diakses pada 19 Januari 2017
http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/coenzyme-q10/evidence/hrb-20059019 diakses pada 19 Januari 2017

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 14/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x