Ini Dia Manfaat Potensial Minyak Wijen bagi Kolesterol Tinggi

    Ini Dia Manfaat Potensial Minyak Wijen bagi Kolesterol Tinggi

    Memiliki kadar kolesterol tinggi mengharuskan Anda lebih berhati-hati dalam persoalan makanan. Pasalnya, salah memilih menu makanan tertentu justru bisa memicu lonjakan kadar kolesterol. Nah, salah satu jenis bahan makanan yang memiliki potensi manfaat untuk penderita kolesterol adalah minyak wijen. Apa saja khasiatnya?

    Manfaat minyak wijen untuk penderita kolesterol

    Tahukah Anda bahwa keberadaan kolesterol di dalam tubuh sebenarnya tidak selalu berarti buruk?

    Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk membentuk sel, menghasilkan hormon, serta menjalankan beberapa fungsi tubuh agar dapat tetap bekerja dengan normal. Di dalam tubuh, terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

    Nah, jenis kolesterol yang paling sering menjadi biang dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya adalah LDL alias kolesterol jahat.

    Jika kolesterol jahat dibiarkan meningkat, hal ini berpotensi membentuk penumpukan plak pada pembuluh arteri. Bila dibiarkan, plak yang menumpuk akan mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan mengeras. Kondisi ini disebut dengan aterosklerosis.

    Pengerasan arteri yang disebabkan oleh kolesterol tinggi berisiko menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari serangan jantung hingga stroke.

    Tidak perlu khawatir jika Anda sudah telanjur mengalami kenaikan kadar kolesterol. Anda bisa melakukan berbagai perubahan gaya hidup untuk menjaga kolesterol supaya tetap stabil.

    Memilih menu makanan yang sehat dan bergizi sangatlah penting dalam mengendalikan kadar kolesterol. Salah satu bahan masakan yang patut diperhitungkan adalah minyak wijen. Tak hanya menambah kenikmatan masakan, ternyata minyak wijen diyakini bermanfaat untuk membantu mengatasi kolesterol tinggi secara alami.

    manfaat minyak wijen

    Apa saja khasiat yang terkandung di dalam minyak wijen untuk kolesterol?

    1. Menurunkan kadar kolesterol

    Minyak wijen merupakan minyak nabati yang diekstrak dari biji wijen. Aromanya yang khas membuat sajian apa pun terasa lebih nikmat dengan sedikit saja takaran minyak wijen. Nah, di dalam biji dan minyak wijen, terdapat komponen antioksidan yang disebut dengan sesamol.

    Sesamol memiliki banyak peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, mulai dari mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker serta mengatasi gangguan pembekuan darah. Tak hanya itu saja, kandungan sesamol dalam minyak wijen juga dipercaya efektif untuk mengatasi kolesterol tinggi.

    Sebuah studi dari jurnal Lipids menunjukkan bahwa sesamol membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah, serta mempercepat pembuangannya dari tubuh.

    2. Memelihara kesehatan jantung

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko dari penyakit jantung. Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi juga wajib menjaga kesehatan jantungnya.

    Kabar baiknya, minyak wijen ternyata juga bermanfaat untuk jantung, khususnya bagi Anda yang sudah menderita kolesterol tinggi. Minyak wijen diperkaya dengan asam lemak tak jenuh, khususnya asam lemak omega-6. Asam lemak jenis ini memiliki peranan penting untuk mencegah penyakit jantung.

    Menurut sebuah penelitian dari Journal of Medicinal Food, kandungan di dalam minyak wijen dapat membantu memperlambat penumpukan plak pada pembuluh arteri. Dengan arteri yang bebas dari penumpukan plak, risiko Anda untuk terserang penyakit jantung pun akan menurun.

    3. Mengurangi risiko hipertensi

    Selain masalah jantung, penderita kolesterol juga lebih rentan untuk mengalami tekanan darah tinggi alias hipertensi.

    Ketika pembuluh arteri mengeras dan menyempit akibat penumpukan plak kolesterol, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnya, tekanan darah akan meningkat.

    Untungnya, kandungan di dalam minyak wijen dipercaya memiliki potensi penurun tekanan darah tinggi. Mengonsumsi masakan dengan campuran minyak wijen diyakini membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik Anda sehingga mengurangi risiko hipertensi.

    Itulah 3 manfaat yang bisa Anda peroleh dari minyak ini untuk mengendalikan kadar kolesterol tinggi.

    Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan. Pasalnya, minyak wijen masih tergolong dalam minyak berkalori tinggi. Oleh karena itu, bila Anda ingin menggunakan minyak wijen sebagai bagian dari pola makan sehat, ingatlah untuk selalu mengonsumsinya dalam batas wajar.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

    General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


    Ditulis oleh Shylma Na'imah · Tanggal diperbarui 26/08/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan