Pilihan Obat Alami untuk Bantu Atasi Gondongan

    Pilihan Obat Alami untuk Bantu Atasi Gondongan

    Gondongan atau parotitis disebabkan oleh infeksi virus pada kelenjar ludah atau air liur. Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, Anda pun bisa kesulitan bicara, menelan atau mengunyah. Untungnya, selain minum obat pereda nyeri, Anda juga bisa mencoba bahan-bahan alami di rumah untuk bantu atasi gondongan. Simak rekomendasi obat gondongan alami berikut.

    Berbagai pilihan obat alami untuk penyakit gondongan

    Penyakit gondongan termasuk dalam salah satu penyakit infeksi virus yang sangat menular. Sayangnya, belum ada obat antivirus khusus untuk membunuh virus penyebab gondongan.

    Biasanya obat-obatan yang digunakan disesuaikan dengan gejala. Sebagai contoh, untuk mengatasi demam, pasien dapat minum obat ibuprofen. Bila gondongan terasa nyeri, obat pereda nyeri seperti parasetamol bisa menjadi solusinya.

    Selain obat-obatan medis, ternyata ada beberapa obat gondongan alami yang bisa bantu memulihkan kondisi Anda. Apa saja?

    1. Air putih

    minum air putih

    Bengkak akibat gondongan bisa menimbulkan nyeri dan kaku pada rahang belakang yang membuat Anda sulit mengunyah dan menelan. Karena itu, banyak orang kehilangan selera makan dan enggan minum saat sakit gondongan.

    Namun, Anda tetap harus banyak minum air putih, sebab kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan dehidrasi.

    Tetaplah penuhi kebutuhan air minum ssehari-hari. Asupan air yang terpenuhi dengan baik akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, sistem imun bisa semakin kuat melawan infeksi virus.

    Kemudian, hindari minum minuman manis atau bersoda. Pasalnya, kebanyakan minuman kemasan atau jus dapat merangsang produksi air liur yang justru membuat nyeri akibat bengkak gondongan bertambah parah.

    2. Es batu

    Es batu bisa dimanfaatkan sebagai kompres dingin. Dalam banyak kasus, kompres dingin terbukti ampuh meredakan pembengkakan serta mengurangi rasa sakit.

    Tak hanya itu, kompres dingin juga dapat meredakan peradangan sekaligus memberikan rasa nyaman pada area leher yang sakit.

    Ini lantaran suhu rendah dapat memperlambat aliran darah pada area yang terkena gondongan, membuat zat pemicu peradangan yang bergerak menuju area tersebut berkurang.

    Pastikan Anda tidak menempelkan es langsung ke kulit ketika melakukan kompres dingin. Balut terlebih dulu es batu dengan kain atau lap tipis sebelum ditempelkan ke kulit.

    Anda juga bisa merendam handuk dalam baskom berisi air dingin dan es batu, lalu peras dulu sebelum ditempelkan ke kulit.

    3. Jahe

    Jahe sudah sering digunakan sebagai obat alami untuk berbagai masalah kesehatan, tak terkecuali gondongan di leher. Sebuah penelitian dalam jurnal PharmaNutrition menunjukkan, konsumsi jahe bisa membantu mengatasi peradangan.

    Jahe dikatakan mampu mengurangi zat-zat pemicu peradangan dan nyeri, seperti TNF-alpha, IL-6, dan IL-10.

    Anda boleh langsung memakan jahe, mengolahnya menjadi minuman, atau menghaluskannya sampai berbentuk pasta untuk dioleskan pada area yang terkena gondongan.

    4. Aloe vera

    Mungkin aloe vera atau lidah buaya lebih dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kulit. Faktanya, masih banyak lagi manfaat kesehatan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan tumbuhan ini.

    Aloe vera mengandung senyawa kimia anti-peradangan bernama antrakuinon yang dapat membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, obat gondongan alami ini juga memberikan sensasi menyejukkan yang akan mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit akibat pembengkakan.

    Bila tidak memiliki tanamannya, kini telah banyak tersedia variasi produk gel aloe vera dari merk yang berbeda-beda di pasaran. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

    5. Bawang putih

    Bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat gondongan alami karena sifat antiradangnya. Bahan ini dapat membantu meredakan nyeri akibat pembengkakan.

    Selain itu, bawang putih juga berpotensi membantu tubuh melawan infeksi virus dengan meningkatkan kerja sistem imun. Namun, perlu dicatat, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

    Khasiat bawang putih bisa Anda peroleh lebih maksimal ketika dimakan mentah. Bila dimasak, sebaiknya suhu tidak melebihi 60 derajat selsius. Pilihan lainnya, gunakan minyak bawang putih.

    Kebanyakan bahan di atas aman untuk digunakan. Meski demikian, apa pun bahan alaminya, lebih baik konsultasikan dahulu penggunaannya kepada dokter agar lebih terjamin keamanannya.

    Kapan harus pergi ke dokter?

    gondok dan gondongan

    Orang yang sakit gondongan umumnya sembuh dalam 10 hari hingga beberapa minggu setelah terinfeksi. Meski begitu, penyakit ini membutuhkan perawatan yang tepat.

    Penggunaan obat gondongan seperti pereda nyeri dapat mengurangi gejala akibat pembengkakan yang terjadi pada kelenjar ludah.

    Selain itu, obat alami sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas juga dapat membantu tubuh pulih lebih cepat dari infeksi virus gondongan.

    Tanpa pengobatan gondongan yang tepat, infeksi pada kelenjar air liur dapat menyebar dan menyebabkan komplikasi, seperti cacat permanen atau kematian. Untungnya, komplikasi akibat gondongan jarang terjadi.

    Itu sebabnya, jika gejala gondongan tidak juga membaik sekalipun Anda telah melakukan perawatan di rumah, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

    Nantinya, dokter akan meresepkan obat penyakit gondongan sesuai dengan gejala yang Anda alami.

    Diagnosis dini dan penanganan yang cepat dapat membantu meringankan gejala, menghindari komplikasi, mencegah penularan virus kepada orang lain, serta mempercepat proses penyembuhan.

    Segera periksa ke dokter bila mengalami:

    • kekakuan pada leher,
    • ngantuk tak tertahankan,
    • sakit kepala yang sangat parah,
    • kejang,
    • pingsan,
    • sakit perut, serta
    • demam tinggi yang disertai pembengkakan pada buah zakar.

    Gejala yang disebutkan umumnya muncul ketika infeksi virus sudah menyebar ke jaringan tubuh yang lain. Segera cari bantuan medis untuk mengurangi risiko komplikasi gondongan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Gouma, S., Koopmans, M. P., & van Binnendijk, R. S. (2016). Mumps virus pathogenesis: Insights and knowledge gapsHuman vaccines & immunotherapeutics12(12), 3110–3112. Retrieved June 3, 2022.

    Smith, S. D., & Gemmill, I. (2011). Mumps: resurgence of a vanquished virus. Canadian family physician Medecin de famille canadien, 57(7), 786–e248. Retrieved June 3, 2022.

    Davison, P., & Morris, J. (2020). Mumps. Statpearls Publishing. Retrieved June 3, 2022 from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK534785/

    Mumps. (2020). Centers for Disease Control and Prevention. Retrieved June 3, 2022, from https://www.cdc.gov/mumps/hcp.html

    Mumps – Symptoms and causes. (2020). Mayo Clinic. Retrieved June 3, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mumps/symptoms-causes/syc-20375361

    Funk, J. L., Frye, J. B., Oyarzo, J. N., Chen, J., Zhang, H., & Timmermann, B. N. (2016). Anti-Inflammatory Effects of the Essential Oils of Ginger (Zingiber officinale Roscoe) in Experimental Rheumatoid ArthritisPharmaNutrition4(3), 123–131. Retrieved June 3, 2022.

    Aloe Vera: Not Just for Sunburn. (2019). Penn Medicine. Retrieved June 3, 2022, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2019/august/aloe#

    The Health Benefits of Garlic. (2022). Cleveland Clinic. Retrieved June 3, 2022, from https://health.clevelandclinic.org/6-surprising-ways-garlic-boosts-your-health/#

    Garlic. (n.d.). University of Rochester Medical Center. Retrieved June 3, 2022, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=19&contentid=Garlic#

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Jun 24
    Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa