5 Pilihan Cara Mengobati Gondongan yang Manjur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gondongan atau parotitis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Virus yang menyebabkan gondongan biasanya menginfeksi kelenjar parotis (kelenjar ludah), sehingga kelenjar ludah membengkak. Gejala gondongan lainnya meliputi demam dan pipi bengkak, sakit kepala, serta rasa nyeri saat menelan, berbicara, mengunyah, atau minum air yang asam. Gondongan biasanya menyerang anak usia 2-14 tahun. Lantas, bagaimana cara mengobati gondongan?

Cara mengobati gondongan yang manjur

Banyak orang yang salah sangka bahwa gondongan bisa diobati dengan antibiotik. Nyatanya, antibiotik adalah obat untuk melawan infeksi bakteri, bukan virus. Maka, cara mengobati gondongan dengan antibiotik tidaklah tepat.

Berbagai cara mengobati gondongan yang ada saat ini lebih ditujukan untuk meringankan gejala yang muncul sampai infeksi virus benar-benar hilang, dan tubuh dinyatakan sehat kembali.

Nah, berikut ini beberapa cara mengobati gondongan yang bisa Anda coba:

1. Istirahat yang cukup

kurang tidur tekanan darah naik

Demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sekaligus menghentikan penyebaran virus, sebaiknya istirahat di rumah dulu dan hindari bepergian keluar rumah untuk sementara waktu.

Hal ini diperkuat juga oleh pernyataan dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), bahwa penderita gondongan sebaiknya mengistirahatkan diri di rumah kurang lebih selama lima hari setelah kelenjar parotis mulai terlihat membengkak.

Bed rest juga bertujuan untuk mencegah penularan virus pada orang lain. Pasalnya, virus gondongan akan sangat menular bahkan hingga seminggu setelah kemunculan gejala.

2. Minum banyak air putih

air minum tercemar

Gondongan bisa membuat tenggorokan Anda sakit sehingga sulit untuk mengunyah dan menelan makanan ataupun minuman. Itu sebabnya, banyak orang yang kehilangan nafsu makan dan jadi malas mengonsumsi apapun, termasuk minum air.

Padahal, minum banyak air putih bisa bantu mencegah dehidrasi selama demam yang Anda alami saat gondongan. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dengan baik juga membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda.

Dilansir dari laman Medical News Today, konsumsi cairan apapun sebenarnya diperbolehkan. Namun, akan lebih ideal jika memperbanyak air putih. Hindari jus buah, karena jus biasanya merangsang produksi air liur yang justru membuat gondongan Anda makin sakit.

3. Perhatikan sumber makanan Anda

makanan rendah kalori

Jangan sepelekan pemilihan makanan selama Anda sedang sedang mengobati gondongan. Nyatanya, pemilihan makanan yang tepat akan bantu menurunkan risiko komplikasi dari gondongan dan mempercepat proses penyembuhan.

Jika makan makanan keras membuat Anda susah menelan dan akhirnya jadi tidak nafsu makan, coba makan makanan lain yang lebih lunak. Sup, yogurt, kentang rebus tumbuk, serta makanan lainnya yang tidak sulit dikunyah dan ditelan mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Sebisa mungkin hindari juga makan makanan asam, seperti buah jeruk, karena bisa memperbanyak produksi air liur.

4. Minum obat antinyeri

obat biduran

Antibiotik tidak menyembuhkan gondongan, tapi Anda masih dapat minum obat antinyeri untuk menghilangkan rasa sakit dan demam yang muncul akibat gondongan. Misalnya saja seperti paracetamol, ibuprofen, atau aspirin. Obat-obatan ini bisa dibeli bebas di warung atau toko obat dekat rumah. Jika Anda perlu jenis dan dosis yang lebih kuat, dokter dapat meresepkannya untuk Anda.

Penting untuk lebih berhati-hati saat memberikan obat aspirin pada penderita gondongan yang masih anak-anak atau remaja. Pasalnya, penggunaan aspirin banyak dikaitkan dengan sindrom reye yang mengancam kesehatan anak.

5. Tempel kompres dingin pada leher yang bengkak

kompres es dingin
                                                                    Sumber: Health Ambition

Cara mengobati gondongan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompres area leher yang membengkak dengan memakai kompres dingin. Selain berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, kompres dingin juga akan membantu untuk meredakan peradangan sekaligus memberikan rasa nyaman pada area leher yang sakit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jangan Asal, Pengobatan Leher Bengkak Itu Berbeda Tergantung Penyebabnya

Beda penyebabnya, beda pula cara yang dilakukan untuk mengobati leher bengkak. Agar tak keliru, simak ulasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 April 2019 . Waktu baca 6 menit

Masalah Hormon Tiroid dan Kadar Kolesterol Tinggi, Apa Hubungannya?

Faktor keturunan, pola makan, serta gaya hidup kerap diyakini sebagai penyebab kolesterol tinggi. Lantas, apakah hormon tiroid juga dapat turut andil?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 12 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Obat Gondongan yang Ampuh Mengatasi Bengkak

Anda sakit gondongan? Cari tahu obat gondongan ampuh di sini untuk mengurangi gejala, menghindari penularan virus ke orang lain, serta mencegah komplikasi. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Infeksi, Infeksi Virus 4 September 2018 . Waktu baca 8 menit

Apa Itu Kelenjar Tiroid, dan Apa Akibatnya Jika Tiroid Bermasalah?

Selain dari otak, produksi hormon di dalam tubuh juga dihasilkan dari kelenjar tiroid. Namun sayangnya, fungsi kelenjar ini juga bisa mengalami kerusakan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 9 Agustus 2018 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit gondok

Gondok

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
vaksin MMR

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit
cara mencegah hipertiroid

4 Cara untuk Menurunkan Risiko Hipertiroid (Kelenjar Tiroid yang Terlalu Aktif)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24 November 2019 . Waktu baca 4 menit
penyakit hashimoto

Kupas Tuntas Hashimoto Disease, Penyakit yang Menyerang Kelenjar Tiroid

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 5 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit