Terus pantau perkembangan soal COVID-19 di sini.

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Redakan Gejala, Coba Pilihan Obat dan Perawatan Alami Herpes Ini

Redakan Gejala, Coba Pilihan Obat dan Perawatan Alami Herpes Ini

Infeksi kelompok virus herpes dapat menyebabkan berbagai penyakit. Beberapa yang paling dikenal adalah herpes kulit akibat infeksi herpes simpleks dan varicella zoster, yaitu penyebab hepster zoster dan cacar air. Namun, virus herpes penyebab mononukleosis juga bisa mengakibatkan sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar. Berbagai gangguan yang disebabkan virus herpes ini bisa dibantu pemulihannya dengan obat alami dan perawatan rumahan.

Obat alami untuk penyakit herpes

Losion lidah buaya untuk obat alami herpes

Penyakit herpes biasanya ditangani dengan obat antivirus, seperti acyclovir, dan beberapa obat tambahan, seperti pereda nyeri. Obat herpes ini tersedia dalam bentuk tablet ataupun salep yang berguna untuk menghentikan infeksi sekaligus meredakan rasa gatal dan perih di kulit

Pengobatan herpes melalui antivirus akan semakin baik jika dikombinasikan dengan obat alami. Beberapa bahan tradisional dapat diolah untuk membantu mengatasi masalah kulit yang disebabkan infeksi virus herpes.

1. Oatmeal

Oatmeal diketahui memiliki kandungan protein yang bersifat antioksidan dan antiradang. Bahan alami ini juga dapat berfungsi sebagai emolien, yaitu bahan yang dapat meningkatkan kelembapan kulit, khususnya pada kulit kering.

Saat kulit terinfeksi, kulit akan lebih mudah kehilangan kelembapan sehingga semakin sulit untuk pulih. Oatmeal dapat melembapkan bagian kulit yang terinfeksi virus cacar air dan meringankan rasa gatal yang timbul dari ruam cacar.

Sebagai obat herpes alami, oatmeal biasanya dicampurkan ke dalam air hangat yang digunakan untuk mandi atau berendam anak-anak yang terinfeksi cacar air. Selain menggunakan biji oatmeal mentah, Anda juga bisa memakai oatmeal yang telah dilarutkan untuk dicampur ke dalam air hangat.

2. Soda kue

Bahan dapur seperti soda kue dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan rasa gatal pada kulit yang terkena infeksi herpes.

Sama seperti oatmeal, Anda bisa melarutkan soda kue ke dalam air hangat yang digunakan untuk mandi dan berendam. Soda kue terdiri atas sodium dan ion biokarbonat yang bisa larut dengan mudah di dalam air.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pasta soda kue untuk dioleskan secara lembut menggunakan kapas pada bagian kulit yang terdampak. Mengoleskannya secara rutin dapat mempercepat luka herpes mengering.

Selain soda kue, bahan dapur lain yang bisa digunakan sebagai obat tradisional herpes yang diolah dengan cara yang sama adalah tepung jagung.

3. Madu

Madu memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan infeksi akibat virus herpes. Selain itu, kandungan propolis dalam madu juga dapat melembapkan kulit yang kering karena infeksi.

Penggunaan madu sebagai obat alami bisa langsung dioleskan pada bagian ruam atau luka herpes yang mengering, tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu. Agar lebih aman, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

Dalam salah satu penelitian dari Translational Biomedicine, jenis madu manuka diketahui mempunyai sifat antiradang yang lebih kuat dibandingkan dengan madu biasa. Dengan begitu, madu manuka disebut bisa mengurangi jumlah virus varicella zoster pada kulit yang terinfeksi.

Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji keampuhan madu manuka sebagai obat alami cacar air dan cacar api.

4. Lidah buaya

Lidah buaya dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk pemulihan berbagai penyakit kulit.

Sebagai obat alami herpes, lidah buaya dapat menenangkan kulit yang mengalami peradangan akibat infeksi. Lidah buaya bisa diambil cairan atau ekstraknya tanpa perlu dilarutkan sebelumnya. Anda kemudian dapat mengoleskannya secara langsung pada bagian ruam luka herpes yang kering sehingga lebih cepat sembuh.

5. Tea tree

Bahan alami yang juga memiliki sifat antiradang dan antivirus lainnya adalah tea tree. Namun untuk penggunaan tea tree yang aman sebagai obat alami herpes, tea tree perlu dilarutkan secara kimia terlebih dulu.

Tea tree yang dioleskan secara langsung pada kulit justru berisiko menimbulkan iritasi. Cara yang lebih aman adalah dengan memakai produk losion yang mengandung tea tree. Namun, berhati-hatilah menggunakan tea tree sebagai obat herbal herpes karena dapat menyebabkan kulit menjadi terlalu kering.

6. Bawang putih

Kandungan allicin pada bawang putih diketahui bisa membantu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks.

Namun, secara umum, bawang putih memang memiliki sifat antiradang yang kuat sehingga bisa meringankan sakit yang disebabkan oleh virus herpes jenis lainnya.

Bawang putih sebagai obat tradisional herpes bisa dikonsumsi secara langsung untuk mengatasi demam kelenjar (mononukleosis) atau dioleskan ke kulit yang terdampak setelah ditumbuk dan dicampur dengan minyak kelapa atau zaitun.

Cara mengatasi herpes kulit di rumah

Losion untuk gatal dan ruam herpes

Beberapa perawatan rumahan sederhana juga bisa diterapkan untuk mengatasi gejala herpes. Berikut ini adalah cara-cara mengatasi herpes kulit secara alami di rumah untuk membantu meredakan rasa gatal dan perih di kulit serta rasa nyeri di bagian tubuh lainnya, seperti sakit tenggorokan.

1. Mengompres luka dengan air

Tanpa mencampurkan bahan-bahan alami lain, Anda bisa langsung mengompres luka herpes dengan air dingin atau air hangat.

Cara perawatan alami ini dapat menenangkan kulit yang terasa sakit dan gatal akibat infeksi herpes. Anda bisa mengompres luka setiap kali terlihat bengkak, kering, dan terasa perih.

2. Batasi waktu mandi

Jika Anda ingin berendam atau mandi dengan obat alami herpes, seperti baking soda dan oatmeal, pastikan untuk tidak terlalu lama. Usahakan agar kulit terkena air tidak lebih dari 20 menit sehingga tidak lebih mudah mengering setelahnya.

3. Mengoleskan pelembap

Cobalah untuk mengoleskan losion atau pelembap pada bagian kulit yang terasa gatal. Pilihlah losion yang mengandung calamine karena efektif menjaga kelembapan kulit dan menghilangkan rasa gatal.

Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa mengoleskannya secara rutin setelah selesai mandi guna menjaga kulit tetap lembap dan tidak mudah kering.

4. Tidak menggaruk luka yang gatal

Meskipun Anda sudah menjalani pengobatan medis, menggunakan obat alami, dan cara perawatan lainnya, luka herpes akan sulit untuk sembuh bila Anda terus menggaruknya. Terutama ketika luka masih berupa lenting.

Apabila digaruk, lenting bisa pecah dan menjadi luka terbuka. Saat luka terbuka, bakteri dari luar bisa masuk dan menyebabkan infeksi sekunder. Alhasil, gejala herpes akan semakin parah.

Itu sebabnya, usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggaruk luka yang gatal. Berikan losion atau bedak untuk membantu meredakan rasa gatal.

Jenis Makanan yang Jadi Pantangan Saat Anak Sakit Cacar Air

5. Berkumur dengan air garam

Infeksi virus herpes penyebab mononukleosis bisa menyebabkan bengkak pada kelenjar di leher dan menyebabkan sakit tenggorokan. Salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi gejala ini adalah dengan berkumur air garam.

Larutkan setengah sendok air garam dalam satu gelas air dan berkumurlah selama beberapa 3-4 kali dalam sehari.

6. Perbanyak konsumsi cairan dan istirahat

Infeksi virus herpes dapat menyebabkan tubuh mengalami demam dan kelelahan. Kondisi ini bisa memicu dehidrasi sehingga sakit lebih susah pulih.

Pastikan Anda mengonsumsi cairan yang cukup dengan memperbanyak minum air putih. Tak hanya air putih, Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dari sup kaldu hangat, jus buah tanpa gula, dan teh herbal.

7. Mengonsumsi suplemen

Beberapa kandungan dalam bahan alami yang digunakan sebagai obat untuk herpes juga bisa ditemukan pada suplemen.

Pilihlah suplemen yang mengandung mineral yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zink, vitamin B kompleks, lisin, dan probiotik.

Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen bersamaan dengan antivirus yang diresepkan. Beberapa kandungan dari suplemen bisa menimbulkan reaksi efek samping serius saat dikonsumsi bersamaan dengan kandungan obat tertentu.

Meskipun obat alami dan perawatan rumahan dapat meringankan gejala herpes, cara ini tetap tidak dapat menggantikan peran obat medis. Obat dan bahan alami ini hanya bersifat melengkapi.

Sebelum menggunakannya, Anda pun perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada efek samping yang berbahaya. Pengobatan medis sangat dianjurkan ketika gejala herpes bertambah parah sekalipun Anda telah mencoba obat dan cara perawatan alami ini.

Lawan COVID-19 bersama!

Ikuti informasi terbaru dan cerita para pejuang COVID-19 di sekitar kita. Ayo gabung komunitas sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

CDC. (2020). Genital Herpes Treatment.  Retrieved 4 November 2020, from https://www.cdc.gov/std/herpes/treatment.htm

Shahzad, A., & Cohrs, R. J. (2012). In vitro antiviral activity of honey against varicella zoster virus (VZV): A translational medicine study for potential remedy for shingles. Translational biomedicine, 3(2), 2. https://doi.org/10.3823/434

A, F., & MR, N. (2009). Aloe vera in dermatology: a brief review. Giornale Italiano Di Dermatologia E Venereologia : Organo Ufficiale, Societa Italiana Di Dermatologia E Sifilografia, 144(1). Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19218914/

Natural remedies for Herpes simplex. (2006). Alternative Medicine Review : A Journal Of Clinical Therapeutic, 11(2). Retrieved from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16813459/

Álvarez, D. M., Castillo, E., Duarte, L. F., Arriagada, J., Corrales, N., Farías, M. A., Henríquez, A., Agurto-Muñoz, C., & González, P. A. (2020). Current Antivirals and Novel Botanical Molecules Interfering With Herpes Simplex Virus Infection. Frontiers in microbiology, 11, 139. https://doi.org/10.3389/fmicb.2020.00139

Leyla Bayan, A. (2014). Garlic: a review of potential therapeutic effects. Avicenna Journal Of Phytomedicine, 4(1), 1. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4103721/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fidhia Kemala Diperbarui 28/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x