Tips Memilih Sabun yang Ampuh untuk Menghilangkan Bau Badan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019
Bagikan sekarang

Bau badan merupakan isu yang sensitif. Sayang, mungkin tidak semua jenis sabun mandi tergolong efektif menghilangkannya. Nah di lain kali Anda berniat membeli sabun penghilang bau badan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan agar efeknya dapat bertahan dalam jangka panjang.

Kenapa badan bisa bau?

Seseorang dikatakan memiliki bau badan ketika tubuhnya mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Penyebabnya bukan berasal dari keringat, sebab keringat manusia pada dasarnya tidak memiliki bau apa pun.

Bau badan muncul akibat bakteri yang ada pada permukaan tubuh. Bau tak sedap dapat bersumber dari ketiak, kaki, selangkangan, pusar, organ intim, anus, rambut tubuh dan kemaluan, serta bagian belakang telinga.

Bakteri-bakteri ini menguraikan protein pada keringat dan mengubahnya menjadi sejenis asam. Proses ini, ditambah bakteri yang terus berkembang, akhirnya menimbulkan bau tidak sedap.

Memilih sabun penghilang bau badan terbaik

Mengingat penyebabnya berasal dari bakteri, maka Anda harus memilih sabun penghilang bau badan yang cara kerjanya khusus untuk memberantas mikroorganisme ini.

Sabun mandi biasa memang dapat menyingkirkan kotoran dan kuman, tapi produk ini tidak dapat membunuh bakteri pada kulit Anda. Anda membutuhkan sabun yang lebih ampuh sebagai penghilang bau badan, yakni sabun antibakteri.

Saat membeli sabun, pilihlah sabun yang memiliki keterangan ‘antibakteri’ pada kemasannya. Alternatifnya, Anda dapat memilih sabun yang berlabel ‘antiseptik’.

Sabun antibakteri dan antiseptik sebenarnya bekerja dengan cara serupa. Namun, sabun antiseptik juga dapat membunuh jamur, protozoa, dan virus.

Bagaimana cara kerja sabun antibakteri?

Sabun bekerja membersihkan tubuh dengan mengikat kotoran dan kuman yang ada di permukaan kulit, lalu membawanya pergi dari tubuh Anda saat dibilas dengan air.

Nah, sabun antibakteri mengandung bahan khusus yang disebut triclosan, atau triclocarban pada beberapa produk. Triclosan dan triclocarban adalah senyawa khusus yang hanya dapat larut dalam minyak atau senyawa berlemak, contohnya membran sel bakteri.

Triclosan dan triclocarban yang larut kemudian menembus membran tersebut. Begitu berada di dalam bakteri, keduanya bekerja seperti racun terhadap sejenis enzim yang mengatur pembentukan membran bakteri.

Bakteri tidak lagi dapat membentuk membran pelindung dan akhirnya mati. Lebih hebatnya lagi, satu molekul triclosan sudah bisa menghentikan fungsi enzim tersebut secara permanen. Ini sebabnya triclosan merupakan antimikroba yang ampuh.

Terkadang, sabun penghilang bau badan saja tidak cukup

Sabun antibakteri terbilang efektif untuk urusan membasmi bakteri pada kulit. Akan tetapi, mandi secara rutin menggunakan sabun antibakteri terkadang belum cukup untuk mencegah bau badan timbul kembali.

Agar hasilnya semakin optimal, Anda disarankan untuk turut melakukan upaya pencegahan lain. Misalnya:

  • Membersihkan seluruh bagian tubuh secara merata ketika mandi
  • Selalu mengenakan pakaian yang bersih
  • Mengenakan pakaian berbahan alami agar kulit dapat bernapas
  • Menggunakan deodoran atau antiperspiran secara rutin
  • Segera mengganti pakaian, kaus kaki, dan sepatu usai berolahraga

Menggunakan sabun penghilang bau badan hanyalah satu dari banyak cara mencegah timbulnya bau tak sedap. Terkadang, beberapa orang justru perlu menggunakan cara lain karena tidak semua orang cocok menggunakan sabun antibakteri.

Sejumlah produk sabun antibakteri dapat menimbulkan efek samping berupa kulit kering. Jika Anda mengalami efek tersebut, hentikan pemakaian dan cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang lebih sesuai.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Ragam Makanan yang Bisa Bantu Hilangkan Bau Badan Tak Sedap

Bau badan tak sedap bisa muncul dari beragam makanan yang Anda makan lho. Maka itu, yuk kenali apa saja makanan yang bisa jadi penghilang bau badan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari

Pacar Bau Badan? Begini Cara Bijak Memberi Tahu Tanpa Menyakiti Hatinya

Punya pasangan yang bau badan tentu bikin pusing tujuh keliling. Mau jujur rasanya sungkan, tapi kalau disimpan saja dalam hati jadi keki. Harus bagaimana?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Cara Pakai Deodoran yang Tepat Menurut Ahli

Deodoran tidak hanya asal dioles di kulit ketiak saja. Supaya dapat bekerja lebih optimal, penting untuk mengetahui cara pakai deodoran yang tepat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Panduan Memilih Produk Deodoran yang Aman untuk Kulit Sensitif

Pemilik ketiak sensitif harus pintar-pintar ketika memilih produk deodoran yang akan digunakan. Ketahui cara memilih deodoran untuk kulit sensitif di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Direkomendasikan untuk Anda

tidak mandi saat liburan

Bolehkah Tidak Mandi Sama Sekali Selama Liburan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26/12/2019
menyukai bau badan pasangan

Mengapa Ada Orang yang Suka Mencium Bau Pasangannya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 25/11/2019
bau matahari

Panas-panasan Bikin Badan ‘Bau Matahari’. Apa Sebenarnya Bau Matahari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 09/10/2019
harus menggunakan deodoran

Apakah Semua Orang Perlu Pakai Deodoran Agar Tidak Bau Badan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 30/08/2019