Pernahkah Anda mengalami migrain? Sakit kepala yang dialami akibat migrain ini sungguh menyakitkan dan membuat sulit konsentrasi. Ketika migrain menyerang, Anda butuh obat untuk meredakan rasa sakitnya. Lalu apa saja obat migrain yang bisa digunakan?

Obat migrain tanpa resep

obat meriang

Obat migrain yang bisa dibeli langsung di apotek secara bebas atau tanpa resep, antara lain:

  • Aspirin atau ibuprofen (Advil, Motrin IB).
  • Acetaminophen (Tylenol)

Kedua jenis obat ini digunakan untuk mengurangi nyeri akibat migrain dan seringnya digunakan untuk kasus migrain tingkat ringan.

Selain itu, terdapat juga obat yang berisi kombinasi acetaminophen, aspirin, dan kafein yang disebut dengan excedrin migraine. Ini adalah obat pereda nyeri akibat migrain yang digunakan untuk migrain tingkat sedang.

Obat pereda nyeri migrain ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang sebab bisa memicu terjadinya pendarahan sistem pencernaan, gejala maag, bahkan bertambah pusing.

Obat Triptans

naproxen
Sumber: MIMS

Obat-obatan dalam golongan triptans juga sering digunakan untuk mengobati migrain. Namun tidak semua orang yang mengalami migrain dapat menggunakan obat jenis ini. Pasalnya obat golongan triptans ini biasanya diberikan oleh dokter dengan resep.

Triptans membuat pembuluh darah menyempit dan memblokir jalur nyeri di otak. Triptan dengan efektif meredakan rasa nyeri dan meringankan gejala lain yang timbul bersama migrain Anda.

Obat kategori triptans ini tersedia dalam bentuk pil, patch, bahkan suntikan. Obat-obatan untuk migrain yang termasuk dalam kelompok triptans adalah:

  • Sumatriptan (Imitrex)
  • Rizatriptan (Maxalt)
  • Almotriptan (Axert)
  • Naratriptan (Amerge
  • Zolmitriptan (Zomig)
  • Frovatriptan (Frova)

Meskipun triptans bisa dikatakan ampuh, ada beberapa efek samping yang bisa timbul yakni mual, pusing, mengantuk, dan otot melemah. Obat golongan ini juga tidak dianjurkan untuk orang yang berisiko mengalami stroke dan serangan jantung.

Obat pencegah migrain

dokter kandungan

Ada juga obat yang bisa Anda gunakan untuk mencegah serangan migrain. Biasanya, obat ini akan diberikan pada orang yang mengalami 4 kali atau lebih serangan migrain dalam sebulan.

Obat ini diberikan pada orang yang mengalami 4 empat kali tau lebih serangan migrain dalam sebulan, mengalami serangan migrain bisa lebih dari 12 jam, obat penghilang rasa sakit sudah tidak membantu.

Jika Anda yang termasuk seperti ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai kebutuhan obat pencegah migrain.

Dokter akan memberikan resep obat untuk mencegah migrain selama beberapa minggu ke depan meskipun Anda sedang tidak mengalami migrain.

Beberapa obat pencegah migrain adalah propranolol (Ineral LA, Innopran XL), metoprolol tartrate (Lopressor), naproxen (Naprosyn), valporate (Depacon).

Dokter akan melihat perkembangan selanjutnya, jika hasilnya baik,  jumlah obat akan dikurangi, dan melihat apakah migrain kembali lagi atau tidak.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca