Jangan Asal Pilih Permen Pelega Tenggorokan, Pastikan Ada Kandungan Ini

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Mei 6, 2020
Bagikan sekarang

Salah satu cara untuk melegakan radang tenggorokan adalah dengan menghisap permen pelega tenggorokan. Namun, untuk meredakan sakitnya, Anda perlu memilih kandungan yang tepat agar tenggorokan bisa pulih. Lalu, bagaimana cara memilihnya?

Alasan jangan sembarang pilih permen pelega tenggorokan

mengatasi sakit tenggorokan ibu menyusui

Ada beragam kandungan dalam tiap permen pelega tenggorokan (lozenges). Meskipun diformulasikan sebagai alternatif pelega tenggorokan, salah pilih permen bisa saja berdampak pada kesehatan Anda.

Anda perlu melihat lebih detail mengenai kandungan yang terdapat di dalam permen tersebut. Kandungan yang tepat membantu melegakan tenggorokan dan seharusnya tidak menimbulkan efek samping apapun. Namun, sebagian permen pelega tenggorokan cenderung mengandung gula sebagai bahan tambahannya.

Orang yang sakit radang tenggorokan akan mengisap beberapa permen pelega tenggorokan dalam satu hari untuk melegakan radang tenggorokannya. Sayangnya, gula bisa berdampak pada kerusakan gigi. 

Bakteri di dalam mulut memecah gula dan menghasilkan asam pada prosesnya. Asam bisa merusak enamel gigi yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Jika gigi bersentuhan dengan gula terus-menerus tentu membuat enamel gigi semakin terkikis karena asam yang terbentuk, sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang.

Ada baiknya Anda memilih permen dengan kandungan rendah atau tidak mengandung gula sama sekali. Namun, tetap pilih permen yang mengandung bahan aktif meredakan tenggorokan tanpa merusak enamel gigi. Lalu, kandungan seperti apa yang tepat?

Kandungan yang sebaiknya ada pada permen untuk meredakan radang tenggorokan

obat penghancur batu empedu

Radang tenggorokan jika tak segera disembuhkan akan sangat mengganggu kegiatan Anda. Ada yang minum obat untuk memulihkan radang tenggorokan, tetapi sebagian memilih alternatif lain dengan mengisap permen khusus untuk meredakan radang tenggorokan.

Sebelumnya diulas bahwa permen yang mengandung gula bisa saja berdampak buruk bagi kesehatan gigi. Anda bisa mencari pilihan yang lebih baik dengan kandungan zat yang ampuh mengatasi radang tenggorokan.

Terdapat dua kandungan yang mampu membantu penyembuhan radang tenggorokan di dalam permen, yakni amylmetacresol dan dibenal. Kedua kandungan tersebut di dalam permen pelega tenggorokan bersifat antiseptik.

Permen ini diisap di dalam mulut, sehingga menstimulasi terjadinya produksi saliva atau air ludah. Dengan begitu, saliva bisa membantu lubrikasi pada tenggorokan yang sakit. Permen ini dapat membantu ketidaknyamanan karena radang tenggorokan. 

Penelitian dalam International Journal of Clinical Practice, membuktikan bahwa permen atau tablet hisap dengan kandungan amylmetacresol dan dibenal menjadi perawatan yang aman bantu mengatasi sakit tenggorokan. Studi tersebut melibatkan 660 orang dewasa sebagai peserta yang mengalami sakit tenggorokan.

Mereka diminta untuk mengonsumsi permen pelega tenggorongan dengan kandungan  amylmetacresol dan dibenal. Setelah 2 jam mengonsumsi permen, peserta mengaku nyeri pada tenggorokan mereka terasa berkurang.

Diketahui juga bahwa permen ini tidak menimbulkan efek samping yang serius, sehingga dapat dikonsumsi segera saat seseorang sakit tenggorokan.

Jangan lupakan kandungan vitamin C

alergi paracetamolRadang tenggorokan merupakan salah satu gejala infeksi saluran pernapasan yang perlu diatasi segera. Ini bisa dibantu dengan kandungan vitamin C.

Nah, saat memilih permen pelega tenggorokan, jangan lupakan kandungan vitamin C. Kandungan ini berperan penting juga untuk melegakan tenggorokan Anda.

Di dalam tubuh, vitamin C bisa melawan infeksi dan bakteri penyebab radang tenggorokan. Hal ini disebutkan pula dalam jurnal Nutrients, bahwa vitamin C dapat meringakan beragam infeksi, termasuk gangguan pada saluran pernapasan (seperti batuk pilek).

Sakit tenggorokan bisa segera berkurang dengan pertolongan pertama permen pelega tenggorokan. Anda juga bisa kembali melanjutkan aktivitas tanpa perlu tersiksa karena menahan sakit tenggorokan. Pastikan kandungan amylmetacresol, dibenal, serta vitamin C hadir di dalam permen yang Anda isap.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Langkah Tepat Mengatasi Sakit Tenggorokan Pada Ibu Menyusui

Sakit tenggorokan saat menyusui, pasti membuat Anda tidak nyaman. Jangan cemas, Anda bisa mengatasi sakit tenggorokan saat menyusui dengan cara ini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Parenting, Menyusui September 10, 2019

Sudah Sembuh dari Batuk, Kenapa Tenggorokan Masih Gatal dan Suka Berdeham?

Kadang tenggorokan tetap masih terasa gatal meski batuk sudah sembuh cukup lama. Penyebabnya ternyata berbeda-beda pada tiap orang.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik Agustus 8, 2019

6 Pilihan Minyak Esensial untuk Bantu Melegakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan tidak selalu membutuhkan obat. Namun untuk meredakan gejala sakit tenggorokan, coba gunakan beberapa alternatif minyak esensial berikut.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini

Kenapa Tenggorokan Sering Terasa Sakit Setelah Menangis?

Selain merasa lelah, Anda mungkin pernah mengalami tenggorokan sakit setelah menangis. Kira-kira, apa penyebabnya, ya? Apakah ini hal yang wajar?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Fakta Unik Februari 1, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

7 Tips Sehat Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

7 Tips Sehat Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal tayang Mei 19, 2020
Apakah Boleh Makan Es Krim saat Radang Tenggorokan?

Apakah Boleh Makan Es Krim saat Radang Tenggorokan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal tayang Maret 9, 2020
Bisakah Kunyit Digunakan untuk Meredakan Radang Tenggorokan?

Bisakah Kunyit Digunakan untuk Meredakan Radang Tenggorokan?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal tayang November 22, 2019
Mengulik Penyebab dan Cara Cepat Mengobati Sariawan di Tenggorokan

Mengulik Penyebab dan Cara Cepat Mengobati Sariawan di Tenggorokan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal tayang September 15, 2019