6 Penyebab Lengan Bawah Terasa Sakit (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 31/03/2018 . 6 mins read
Bagikan sekarang

Lengan bawah terdiri dari dua tulang yang berbeda dan menyatu di pergelangan tangan. Kedua tulang itu bernama radius dan ulna. Jika Anda raba lengan bawah Anda, tulang radius adalah tulang yang sejajar menghubungkan ibu jari Anda hingga siku. Sedangkan tulang ulna adalah tulang yang menghubungkan dari jari kelingking Anda hingga siku. Nah, cedera di sekitar tulang radius dan ulna ini bisa membuat Anda merasakan nyeri lengan bawah. Lalu apa saja yang bisa membuat lengan bawah sakit? Dan bagaimana menanganinya di rumah? Simak ulasan berikut ini.

Apa penyebab lengan bawah terasa sakit?

Ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan lengan sakit khususnya lengan di bagian bawah, mulai dari cedera hingga kondisi medis tertentu yang menimbulkan kerusakan saraf, tulang, atau sendi. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Cedera

Cedera yang terjadi seperti jatuh, terbentur dengan keras, atau terjepit. Ya, cedera-cedera semacam ini bisa menyebabkan patah tulang di tulang lengan bawah atau merusak kondisi ligamen dan tendon yang berada di lengan bawah. Akibatnya, timbul nyeri yang menusuk atau nyut-nyutan. 

2. Penggunaan tangan yang berlebihan

Beberapa olahraga seperti tenis atau angkat beban, memberikan penekanan yang sangat berat pada otot di lengan bawah. Kondisi ini bisa membuat otot menegang dan akhirnya timbul rasa sakit setelah olahraga.

Selain itu, penggunaan komputer berlebihan juga dapat menimbulkan kekakuan otot di lengan bawah, yang dikenal dengan cedera regangan berulang. Kondisi ini sering ditemukan pada karyawan kantoran yang menggunakan komputer setiap hari.

3. Arthritis

Arthritis atau radang sendi bisa terjadi di pergalangan tangan atau siku, menyebabkan sakit di lengan bawah. Ciri-ciri Anda mengalami arthritis yaitu rasa nyeri bisa muncul bahkan ketika Anda tidak bergerak dan menggunakan lengan bawah sama sekali serta muncul kemerahan di sekitar sendi yang sakit.

4. Carpal tunnel syndrome

Kondisi carpal tunnel syndrome membuat saraf di pergelangan tangan yang mengarah ke jari mulai menyempit, akibat penyempitan ini akhirnya saraf mendapatkan tekanan, dan lama-lama akan menimbulkan rasa sakit.

5. Postur tubuh yang buruk

Postur tubuh seperti membungkuk juga bisa memengaruhi lengan bawah Anda. Ketika bahu Anda pada posisi melengkung ke depan ini bisa menekan saraf di lengan bagian bawah.

6. Masalah saraf

Bisa juga nyeri lengan bawah Anda adalah efek samping dari kondisi medis lain yang memengaruhi saraf lengan bawah, seperti diabetes atau kelainan tiroid.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi lengan bawah sakit?

Mengistirahatkan tangan

Mengurangi aktivitas yang melibatkan lengan bawah akan membantu tendon, ligamen, otot, tulang atau saraf yang cidera untuk segera pulih. Bagi orang yang aktif berolahraga sebaiknya menghindari atau mengurangi penggunaan lengan bawahnya selama proseslatihan hingga rasa sakitnya mereda.

Minum obat

Anda juga bisa menggunakan ibuprofen sebagai obat pereda nyeri atau obat anti peradangan untuk mengatasi lengan bawah sakit. Lebih jelasnya, konsultasikan dengan dokter Anda obat mana yang paling tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Imobilisasi

Dalam kasus yang parah hingga membuat lengan bagian bawah ini sangat sakit, seseorang mungkin memerlukan pembidaian untuk membatasi pergerakan dan menjaga agar bagian tulang yang bermasalah tidak bergerak (imobilisasi) selama beberapa waktu.

Kompres dingin, lalu kompres hangat

Kompres dingin bisa membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit. Setelah sudah tidak terjadi lagi pembengkakan atau radang, Anda bisa memberikan kompres hangat.

Peregangan

Beberapa dokter juga menyarankan peregangan untuk mengurangi lengan bawah sakit. Namun, Anda sebaiknya tidak memulai latihan atau peregangan tanpa persetujuan dokter atau ahli fisioterapis, Jika tidak, ini hanya akan menambah parah kondisi lengan bawah yang sudah terasa nyeri.

Ada beberapa gerakan peregangan yang biasanya bisa dilakukan yakni:

1. Wrist extensor stretch

  • Luruskan ke depan tangan yang terasa nyeri dengan posisi telapak tangan ke bawah.
  • Gunakan tangan satunya untuk menarik telapak tangan yang menggantung ke bawah masuk mengarah ke tubuh Anda
  • Tahan posisi peregangan ini selama 20 detik
  • Ulangi hingga 5 kali

2. Wrist turn

Gerakan ini membutuhkan benda yang sedikit berat tapi bisa Anda genggam dengan satu tangan, contohnya, termos minuman, atau kaleng makanan.

  • Genggam benda yang sudah Anda siapkan di salah satu tangan Anda.
  • Luruskan tangan kedepan sambil menggenggam bendanya dengan posisi telapak tangan mengarah ke atas.
  • Putar genggaman Anda hingga telapak tangan mengarah ke bawah.
  • Lakukan 3 set pengulangan. Dalam 1 set terdiri dari 10 kali pengulangan menggenggam benda dengan posisi telapak ke atas dan memutarnya menggenggam benda dengan posisi telapak tangan ke bawah.

3. Elbow bend

  • Berdiri tegak dengan kedua tangan di bagian samping.
  • Tekuk tangan kanan ke atas hingga menyentuh bahu Anda, Jika Anda tidak mampu hingga menyentuhkan tangan ke bahu, sebisa mungkin arahkan tangan Anda ke arah bahu sedikit mungkin meskipun tidak sampai menempel.
  • Tahan posisi menyentuh bahu selama 15-30 detik.
  • Kemudian kembali luruskan tangan ke bawah.
  • Ulangi hingga 10 kali.
  • Ulangi gerakan yang sama pada tangan sisi sebelahnya.

Pembedahan atau suntikan

Jika kondisinya memang tidak bisa ditangani dengan penanganan sederhana di rumah, dokter akan memberikan penanganan lain melalui pembedahan atau memberikan suntikan untuk mengobatinya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kondisi lengan bawah sakit yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter Anda.

Mencegah lengan bawah sakit

  • Hindari aktivitas yang memberikan ketegangan berlebihan pada lengan bawah.
  • Istirahatkan tangan secara teratur saat bekerja menggunakan peralatan kerja seperti komputer, dan gunakan peralatan kerja yang lebih ergonomis.
  • Perkuat lengan bawah dan kekuatan menggenggam melalui latihan kekuatan yang teratur.
  • Jaga postur tubuh agar tetap tegak, tidak membungkuk saat bekerja maupun saat berjalan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 mins read

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 mins read

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

Direkomendasikan untuk Anda

anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 mins read
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 mins read