backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

5 Cara Menghilangkan Gelambir di Lengan

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Risky Candra Swari · Tanggal diperbarui 21/12/2020

    5 Cara Menghilangkan Gelambir di Lengan

    Memiliki lengan yang besar bahkan bergelambir memang sangat menyebalkan, terlebih bagi wanita. Pasalnya, memiliki lemak berlebih di lengan acap kali membuat wanita tak percaya diri ketika mengenakan pakaian tertentu. Hal ini seringnya membuat para wanita harus pintar-pintar memilih pakaian yang cocok untuk menutupi si lengan yang bergelambir. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gelambir di lengan.

    1. Mengurangi asupan kalori

    Sangat penting untuk dipahami bahwa Anda harus mengeluarkan lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi agar mampu menurunkan berat badan. Anda harus membakar 3.500 kalori untuk menurunkan setidaknya setengah kilogram lemak dalam tubuh. Membakar kalori dengan olahraga dan mengurangi asupan kalori Anda setiap hari bisa membantu Anda menghilangkan lemak di lengan.

    2. Olahraga aerobik

    Membakar kalori dengan latihan aerobik untuk menghancurkan lemak di lengan adalah salah satu cara yang ampuh. Pasalnya, tidak hanya menghilangkan gelambir di area lengan saja melainkan lemak di seluruh area tubuh.

    Lakukan olahraga aerobik selama 30 menit setiap hari dalam seminggu dengan intensitas sedang. Anda juga bisa menggabungkan aerobik dengan olahraga lain seperti lari, tinju, muay thai atau berenang. Intinya lakukan olahraga yang berfokus pada gerakan tubuh bagian atas Anda untuk membantu menghilangkan lemak di tangan.

    3. Yoga

    Anda juga bisa melakukan yoga untuk membentuk otot-otot lengan Anda. Yoga mampu membuat seluruh tubuh Anda bekerja – menggunakan berat tubuh Anda sendiri untuk melatih ketahanan dan kekuatan otot terutama bagian bisep, trisep, dan bahu.

    Gerakan yang direkomendasikan untuk mengencangkan lengan Anda guna menghilangkan gelambir adalah dengan melakukan pose plank. Cara melakukan pose plank awalnya seperti mengambil pose push up. Titik tumpu berat berada di lengan, siku, perut dan kaki.

    Posisikan lengan di bawah bahu dengan seluruh tubuh berada dalam satu garis lurus dan pastikan jika bagian belakang benar-benar datar, tidak melengkung ataupun bulat. Tahan pose ini selama 30 detik sampai satu menit.

    4. Membangun kekuatan otot dengan dumbbells

    Fokuskan kekuatan pada otot-otot yang berbeda di lengan Anda seperti trisep, bisep, dan bahu menggunakan dumbell. Caranya, buka kaki selebar bahu. Letakkan dumbells pada tangan kanan dan kiri. Perlahan angkat dumbell, di depan dada. Gerakan tangan ke samping membentuk huruf V.  

    Pastikan perut dalam posisi dikunci, dan dada membusung selain itu posisikan kepala lurus menghadap ke depan. Tarik nafas saat dumbell diangkat, embuskan saat kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama dengan variasi berbeda seperti ke atas dan ke bawah. Ulangi sebanyak 15 kali dalam 4 set.

    5. Memilih makanan yang tepat

    Kurangi mengonsumsi makanan olahan, alkohol, soda dan makanan cepat saji yang memiliki kalori kosong karena jenis makan tersebut tidak memberikan asupan nutrisi yang tubuh Anda butuhkan. Sebaliknya, makanan ini justru mampu menaikan berat badan. Batasi makanan ini untuk mengurangi lemak. Sebaiknya banyaklah mengonsumsi makanan jenis biji-bijian, daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak. 

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Risky Candra Swari · Tanggal diperbarui 21/12/2020

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan