5 Cara Menghilangkan Gelambir di Lengan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Memiliki lengan yang besar bahkan bergelambir memang sangat menyebalkan, terlebih bagi wanita. Pasalnya, memiliki lemak berlebih di lengan acap kali membuat wanita tak percaya diri ketika mengenakan pakaian tertentu. Hal ini seringnya membuat para wanita harus pintar-pintar memilih pakaian yang cocok untuk menutupi si lengan yang bergelambir. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gelambir di lengan.

1. Mengurangi asupan kalori

Sangat penting untuk dipahami bahwa Anda harus mengeluarkan lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi agar mampu menurunkan berat badan. Anda harus membakar 3.500 kalori untuk menurunkan setidaknya setengah kilogram lemak dalam tubuh. Membakar kalori dengan olahraga dan mengurangi asupan kalori Anda setiap hari bisa membantu Anda menghilangkan lemak di lengan.

2. Olahraga aerobik

Membakar kalori dengan latihan aerobik untuk menghancurkan lemak di lengan adalah salah satu cara yang ampuh. Pasalnya, tidak hanya menghilangkan gelambir di area lengan saja melainkan lemak di seluruh area tubuh.

Lakukan olahraga aerobik selama 30 menit setiap hari dalam seminggu dengan intensitas sedang. Anda juga bisa menggabungkan aerobik dengan olahraga lain seperti lari, tinju, muay thai atau berenang. Intinya lakukan olahraga yang berfokus pada gerakan tubuh bagian atas Anda untuk membantu menghilangkan lemak di tangan.

3. Yoga

Anda juga bisa melakukan yoga untuk membentuk otot-otot lengan Anda. Yoga mampu membuat seluruh tubuh Anda bekerja – menggunakan berat tubuh Anda sendiri untuk melatih ketahanan dan kekuatan otot terutama bagian bisep, trisep, dan bahu.

Gerakan yang direkomendasikan untuk mengencangkan lengan Anda guna menghilangkan gelambir adalah dengan melakukan pose plank. Cara melakukan pose plank awalnya seperti mengambil pose push up. Titik tumpu berat berada di lengan, siku, perut dan kaki.

Posisikan lengan di bawah bahu dengan seluruh tubuh berada dalam satu garis lurus dan pastikan jika bagian belakang benar-benar datar, tidak melengkung ataupun bulat. Tahan pose ini selama 30 detik sampai satu menit.

4. Membangun kekuatan otot dengan dumbbells

Fokuskan kekuatan pada otot-otot yang berbeda di lengan Anda seperti trisep, bisep, dan bahu menggunakan dumbell. Caranya, buka kaki selebar bahu. Letakkan dumbells pada tangan kanan dan kiri. Perlahan angkat dumbell, di depan dada. Gerakan tangan ke samping membentuk huruf V.  

Pastikan perut dalam posisi dikunci, dan dada membusung selain itu posisikan kepala lurus menghadap ke depan. Tarik nafas saat dumbell diangkat, embuskan saat kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama dengan variasi berbeda seperti ke atas dan ke bawah. Ulangi sebanyak 15 kali dalam 4 set.

5. Memilih makanan yang tepat

Kurangi mengonsumsi makanan olahan, alkohol, soda dan makanan cepat saji yang memiliki kalori kosong karena jenis makan tersebut tidak memberikan asupan nutrisi yang tubuh Anda butuhkan. Sebaliknya, makanan ini justru mampu menaikan berat badan. Batasi makanan ini untuk mengurangi lemak. Sebaiknya banyaklah mengonsumsi makanan jenis biji-bijian, daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak. 

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ragam Manfaat Makan Buah Markisa untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa asam manis yang khas dan menyegarkan, ternyata buah markisa memiliki banyak manfaat kesehatan loh! Simak ulasannya berikut ini:

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Strategi Latihan Agar Tak Kehabisan Napas Saat Main Badminton

Badminton atau bulu tangkis memang perlu ketangkasan. Anda pun jadi mudah kehabisan napas. Yuk, cari tahu cara menjaga napas saat main badminton di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 6 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

10 Ide Resep Makan Siang Gluten Free

Baik karena Anda memiliki penyakit Celiac, atau hanya ingin mencoba diet baru, berikut ini 10 resep gluten free yang sehat dan mengenyangkan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Resep Sehat, Nutrisi 24 November 2020 . Waktu baca 12 menit

4 Aturan Utama Melakukan “Cheat Day” Saat Sedang Diet

'Cheat day' adalah satu hari dalam diet Anda, di mana Anda membebaskan diri untuk makan apa saja. Tapi, ada aturan cheat day agar diet Anda tak malah gagal.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 23 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bahaya Olahraga Di Siang Hari

Ini Bahayanya Jika Anda Berolahraga di Siang Hari Saat Panas Terik

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
senam mata untuk mata lelah

Berbagai Gerakan Senam Mata untuk Mengatasi Mata Lelah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
pakaian olahraga hijab

5 Kiat Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman Buat Wanita Berhijab

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 19 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit