Berbagai Pilihan Obat Gondongan Ampuh yang Bisa Anda Coba

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Gondongan adalah salah satu penyakit yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Penyakit yang memiliki nama medis parotitis atau mumps ini dapat menyerang siapa saja di berbagai kalangan usia. Namun dalam banyak kasus, penyakit gondongan lebih sering menyerang anak-anak dan remaja. Meski terbilang umum, gondongan yang tidak segera diobati berpotensi menyebabkan peradangan dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Mengetahui berbagai pilihan obat gondongan ampuh adalah cara terbaik untuk mengurangi gejala, menghindari penularan virus ke orang lain, serta mencegah komplikasi.

Apa itu gondongan dan apa penyebabnya?

cara mengobati gondongan

Gondongan adalah salah satu penyakit menular. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus paramyxovirus pada kelenjar air liur, alias parotoid. Kelenjar air liur berada di sisi kanan dan kiri wajah, serta di belakang dan di bawah telinga.

Saat virus penyebab gondongan menginfeksi kelenjar air liur, maka kelenjar air liur Anda akan mengalami pembengkakan dan peradangan. Pembengkakan yang terjadi akan menyebabkan rasa sakit ketika menelan, mengunyah, berbicara atau bahkan sekadar ditekan.

Pembengkakan juga akan menyebabkan pipi, rahang, atau keduanya terlihat membesar. Ini adalah salah satu gejala gondongan yang paling khas, yang bisa dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, yang membedakan gejala gondongan dengan penyakit lainnya adalah pembengkakan akibat penyakit gondongan biasanya terasa lembut dan hangat ketika disentuh. Pembengkakan ini bisa bertahan hingga 10 sampai 12 hari.

Secara umum, gejala penyakit gondongan pada anak dan orang dewasa hampir sama. Hanya saja, gejala gondongan pada orang dewasa cenderung lebih parah. Gejala gondongan lainnya selain pembengkakan adalah:

  • Demam yang naik turun. Awalnya demam rendah, kemudian akan demam lagi hingga suhu tubuh mencapai 39° Celcius. Kemudian pembengkakan pada kelenjar air liur akan terjadi beberapa hari setelahnya, biasanya pada hari ketiga setelah terinfeksi.
  • Badan terasa pegal-pegal
  • Kehilangan selera makan
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan

Mungkin ada beberapa ciri-ciri atau gejala gondongan lain yang belum disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran terhadap gejala gondongan  tertentu, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Meski memiliki gejala yang khas, namun setiap orang mungkin akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Bahkan, ada pula pasien yang tidak merasakan gejala gondongan sama sekali. Ingat, setiap tubuh seeorang berbeda. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mendiskusikan dengan dokter Anda mengenai apa yang terbaik untuk kondisi Anda.

Gondongan dan gondok itu berbeda!

obat gondongan, penyakit gondongan, gondongan pada anak, penyebab gondongan

Mengingat penyembutan penyakit gondongan dan gondokan nampak sama, kedua penyakit ini ternyata berbeda. Ya, gondongan berbeda dengan penyakit gondok. Gondongan disebabkan oleh virus, sementara gondok biasanya disebabkan karena kekurangan zat gizi yodium. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit gondongan dapat menular.

Penularan virus penyebab gondongan sama seperti penyakit flu, yaitu melalui tetesan air liur. Saat orang yang terinfeksi bersin atau batuk, virus akan keluar bersama tetesan air liur dan terhirup oleh orang yang sehat. Virus penyebab gondongan juga bisa menyebar melalui pakaian, peralatan makan, bantal, atau benda lainnya dan menginfeksi orang yang melakukan kontak dengan benda-benda tersebut. Akan tetapi penularan dengan caranya ini jarang terjadi. Perlu Anda ketahui bahwa virus penyebab gondongan mungkin bisa berpindah pada benda, tapi virus tidak akan disebarkan oleh hewan.

Meski menular, penularan penyakit gondongan terbilang lebih lambat dibandingkan dengan penyakit campak atau cacar air. Namun, semakin sering dan semakin dekat Anda melakukan kontak dengan orang yang sakit, risiko penularannya jadi semakin besar.

Berbagai pilihan obat gondongan ampuh

Sebenarnya sampai saat ini tidak ada obat gondongan khusus untuk membunuh virus penyebabpenyakit ini. Berbagai obat gondongan pada anak maupun dewasa yang ada saat ini lebih ditujukan untuk meringankan gejala yang muncul sampai infeksi virus benar-benar hilang, dan tubuh dinyatakan sehat kembali.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa antibiotik tidak bisa dijadikan sebagai obat gondongan ampuh paada anak maupun orang dewasa. Pasalnya, antibiotik bekerja untuk melawan infeksi bakteri, bukan virus. Oleh sebabnya, penggunaan antibiotik sebagai obat gondangan tidaklah tepat.

Secara umum, berikut beberapa obat gondongan ampuh yang bisa Anda coba di rumah:

1. Minum obat pereda nyeri

aturan minum obat

Seperti yang sudah disinggung di atas, antibiotik bukanlah obat gondongan pada anak maupun orang dewasa yang ampuh. Meski begitu, Anda bisa meringankan gejala gondongan dengan minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan demam yang muncul akibat pembengkakan di kelenjar air liur.

Obat pereda nyeri yang bisa Anda konsumsi sebagai obat gondongan adalah paracetamol, ibuprofen, dan nafroxen. Obat gondongan ampuh ini bisa Anda beli secara bebas tanpa resep dokter di warung atau toko obat dekat rumah. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian obat tersebut pada label kemasan obat. Pasalnya, dosis obat mungkin dapat berbeda berdasarkan usia pasien. Jika Anda perlu jenis dan dosis yang lebih kuat, dokter dapat meresepkannya untuk Anda.

Penting untuk lebih berhati-hati saat memberikan obat aspirin pada penderita gondongan yang masih anak-anak atau remaja. Pasalnya, penggunaan aspirin pada anak-anak dikaitkan dengan sindrom Reye yang dapat mengancam kesehatan anak. Jadi, pastikan jika Anda tidak memberikan aspirin sebagai obat obat gondongan pada anak.

Untuk penyakit gondongan yang sudah komplikasi, menggunakan obat gondongan ini mungkin tidak akan memberikan efek kesembuhan yang optimal. Dalam banyak kasus, komplikasi akibat gondongan memerlukan perawatan lebih lanjut. Anda mungkin akan disarankan dokter untuk menjalani rawat inap.

2. Minum banyak air putih

minum air putih

Gejala gondongan paling umum adalah nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan disertai kaku pada rahang, sehingga sulit bagi penderitanya untuk membuka mulut. Akibatnya, banyak orang yang sakit gondongan kehilangan selera makan karena mereka sulit untuk mengunyah dan menelan makanan ataupun minuman. Termasuk sekadar untuk minum air.

Jika hal tersebut dibiarkan terus, maka orang yang sakit gondongan rentan mengalami dehidrasi. Padahal, asupan air yang terpenuhi dengan baik akan membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda.

Dilansir dari laman Medical News Today, tidak ada pantangan minuman yang harus Anda hindari saat sakit gondongan. Namun, kebanyakan para ahli lebih merekomendasikan pasiennya untuk memperbanyak air putih ketimbang minuman yang memiliki rasa. Pasalnya, kebanyakan minuman berasa, khususnya minuman kemasan atau jus, dapat merangsang produksi air liur yang justru membuat gondongan Anda makin sakit.

3. Pastikan Anda istirahat yang cukup

kurang tidur tekanan darah naik

Penyebaran virus penyebab gondongan dapat ditularkan melalui kontak langsung, percikan ludah, muntahan, dan urin orang yang terinfeksi dengan orang yang sehat. Oleh karena itu, jika Anda sakit gondongan biasanya dokter akan menganjurkan Anda untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain, alias orang yang sehat, selama beberapa waktu.

Dalam kasus gondongan pada anak-anak atau remaja, orangtua bisa meminta izin tidak masuk ke sekolah hingga kondisi mereka membaik. Hal yang sama pun bisa dilakukan oleh para orang dewasa. Demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sekaligus menghentikan penyebaran virus, sebaiknya istirahat di rumah dulu dan hindari bepergian keluar rumah untuk sementara waktu.

Bahkan Center for Disease Control and Prevention (CDC) juga menganjurkan hal serupa. CDC menyarankan orang yang sakit gondongan agar sebaiknya mengistirahatkan diri di rumah kurang lebih selama lima hari setelah kelenjar parotis mulai terlihat membengkak.

Bed rest juga bertujuan untuk mencegah penularan virus pada orang lain. Pasalnya, virus penyebab gondongan akan sangat menular bahkan hingga seminggu setelah kemunculan gejala.

3. Perhatikan asupan makanan Anda

makanan rendah kalori

Pemilihan asupan makanan yang tepat dapat menjadi salah satu obat sakit gondongan yang ampuh. Tak hanya itu saja, asupan makanan yang baik dan terkontrol juga dapat membantu menurunkan risiko komplikasi dari gondongan dan mempercepat proses penyembuhan penyakit satu ini. Oleh sebab itu, jangan sepelekan pemilihan makanan selama Anda sedang sakit gondongan.

Jika makan makanan keras membuat Anda susah menelan dan akhirnya jadi tidak nafsu makan, coba makan makanan lain yang lebih lunak. Sup, yogurt, kentang rebus tumbuk, bubur nasi, nasi tim, serta makanan lainnya yang tidak sulit dikunyah dan ditelan mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Sebisa mungkin hindari juga makan makanan asam, seperti buah yang mengandung citrus (jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dll) dan cuka. Pasalnya, makanan asam dapat memperbanyak produksi air liur. Produksi air liur yang berlimpah di dalam mulut dapat memperburuk gejala gondongan yang Anda alami. Anda juga disarankan untuk menghindari makanan pedas dan makanan yang berminyak.

5. Tempel kompres dingin pada leher yang bengkak

es batu untuk wajah

Obat gondongan ampuh lainnya yang bisa Anda coba di rumah adalah kompres dingin. Dalam banyak kasus, cara yang satu ini sudah terbukti ampuh untuk membantu meredakan pembengkakan serta mengurangi rasa sakit. Tak hanya itu saja, kompres dingin juga akan membantu untuk meredakan peradangan sekaligus memberikan rasa nyaman pada area leher yang sakit.

Suhu yang rendah dapat membantu mempersempit pembuluh darah dan memperlambat aliran darah pada lokasi yang terkena sakit gondong. Penurunan aliran darah ini akan menyebabkan berkurangnya zat-zat perangsang peradangan yang bergerak menuju area yang sakit gondong, sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri di area tersebut.

Pastikan Anda tidak menempelkan es langsung ke kulit ketika melakukan kompres dingin. Pasalnya, hal tersebut justru dapat menyebabkan radang beku dan kerusakan pada jaringan serta sistem saraf yang ada pada kulit Anda. Solusi terbaiknya, balut dulu es batu dengan waslap tipis sebelum ditempelkan ke kulit. Anda juga bisa merendam handuk dalam baskom berisi air dingin dan es batu, peras dulu sebelum ditempelkan ke kulit.

Kapan harus pergi ke dokter?

gondok dan gondongan

Gondongan adalah salah satu penyakit yang bukan bersifat kronis. Kebanyakan pasien dapat sepenuhnya pulih dalam beberapa minggu. Umumnya orang yang sakit gondongan akan sembuh dalam waktu 10 hari setelah terinfeksi. Meski begitu, penyakit ini membutuhkan perawatan yang tepat.

Penggunaan obat gondongan seperti pereda nyeri dapat mengurangi gejala akibat pembengkakan yang terjadi di kelenjar air liur. Selain itu perawatan rumah sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas juga dapat membantu tubuh tubuh lebih cepat menyembuhkan diri dari infeksi.

Tanpa perawatan yang tepat, infeksi pada kelenjar air liur dapat menyebar dan menyebabkan komplikasi. Bahkan, berakhir dengan cacat permanen atau kematian. Untungnya, komplikasi masih jarang terjadi.

Itu sebabnya, jika Anda menduga bahwa Anda atau anak sakit gondongan, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Diagnosis dini dan penanganan yang cepat dapat membantu meringankan gejala, menghindari komplikasi, mencegah penularan virus kepada orang lain, serta mempercepat proses penyembuhan.

Baiknya Anda atau orang terdekat Anda segera dibawa ke dokter jika mengalami gejala-gejala berikut:

  • Kekakuan pada leher
  • Mengalami kejang
  • Ngantuk tak tertahankan
  • Sakit kepala yang sangat parah
  • Pingsan
  • Sakit perut, bisa menandakan masalah pankreas pada pria atau masalah indung telur pada perempuan
  • Demam tinggi disertai pembengkakan pada buah zakar

Gejala yang disebutkan di atas umumnya muncul ketika infeksi virus sudah menyebar ke jaringan tubuh yang lain. Tanpa pikir panjang, segera cari bantuan medis untuk mengurangi risiko yang ada.

Berbagai komplikasi akibat penyakit gondongan

gondongan di testis penyebab pria tidak subur

Jika tidak diobati, penyakit gondongan bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti:

  • Pankreastitis. Pankreas Anda juga bisa membengkak karena virus penyebab gondongan bisa menyebar ke area pankreas. Kondisi ini menyebabkan pankreas Anda meradang dan menyebabkan pankreatitis.
  • Orchitis. Laki-laki yang sudah puber bisa mengalami komplikasi dari penyakit gondongan. Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar air liur dapat menyerang satu atau dua buah zakar (orchitis).
  • Ooforitis dan mastitis. Perempuan yang sudah puber bisa mengalami komplikasi dari penyakit infeksi kelenjar air liur. Peradangan akan menyebar ke area indung telur (ooforitis) dan payudara (mastitis). Kondisi ini jarang memengaruhi keseuburan wanita.
  • Radang otak. Infeksi virus penyebab gondongan dapat menyebabkan radang otak atau ensefalitis. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat mengancam nyawa, bahkan menyebabkan kematian.
  • Meningitis. Infeksi virus dapat menyebar melalui aliran darah dan menginfeksi membran dan cairan yang ada pada sumsum tulang belakang. Kondisi ini dikenal dengan meningitis.
  • Komplikasi lainnya. Penyakit gondongan juga bisa menyebabkan komplikasi seperti peradangan pada sendi (arthritis), infeksi otot jantung (miokardium), dan kondisi gangguan pada saraf, seperti sindrom Guillain-Barré (penyakit autoimun yang menyerang saraf tubuh) atau bell’s palsy (kelemahan otot-otot wajah), yang dikutip dari laman Medicine Net. Walaupun jarang terjadi, penyakit satu ini juga bisa menyebar ke area koklea dan bisa menyebabkan gangguan pendengaran permanen pada satu atau kedua telinga. Selain itu, penyakit gondongan dapat meningkatkan risiko wanita hamil mengalami keguguran dibanding wanita yang hamil sehat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca