7 Tips Mengatasi Sendi Kaku di Pagi Hari Akibat Rematik

Oleh

Jika Anda penderita rheumatoid arthritis (RA) alias rematik, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kekakuan sendi di pagi hari. Pagi hari bisa menjadi saat-saat paling menyiksa, padahal waktu tersebut merupakan waktu yang paling penting untuk memulai kegiatan. Sendi kaku, terutama pada pagi hari, memang merupakan gejala yang paling sering muncul dan menjadi salah satu kunci untuk mendiagnosis rematik. Walau, kekakuan tersebut akan mereda dalam beberapa jam, kondisi ini tentu sangatlah mengganggu. Untungnya, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan sendi kaku di pagi hari.

7 Cara mengatasi sendi kaku akibat rematik

1. Makan biskuit dan obat, sejam sebelum bangun

Minumlah obat penghilang nyeri satu jam sebelum Anda bangun. Sebelum tidur, siapkan obat penghilang nyeri, satu gelas air, dan beberapa biskuit di meja di samping tempat tidur Anda. Kemudian, aturlah alarm Anda agar berbunyi satu jam sebelum waktu bangun Anda yang biasa. Keesokan paginya, ketika alarm berbunyi, Anda cukup bangun untuk memakan beberapa keping biskuit diikuti dengan obat penghilang nyeri. Selanjutnya, Anda dapat kembali tidur selama satu jam sampai waktu bangun tidur Anda yang biasa.

2. Berolahraga di tempat tidur saat baru bangun

Setelah Anda bangun pada jam yang biasa, obat penghilang nyeri Anda mungkin sudah bekerja. Akan tetapi, jangan terburu-buru untuk beraktivitas dulu. Lakukan peregangan dan latihan ringan di tempat tidur terlebih dulu. Hal ini dapat membantu ‘membangunkan’ otot-otot Anda dan melonggarkan sendi-sendi Anda yang berderit.

BACA JUGA: 8 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur

Saat masih di dalam selimut, berbaringlah dengan punggung Anda di bagian bawah. Regangkan tubuh bagian atas terlebih dulu. Pertama, gerakkan kepala Anda ke kedua sisi untuk merelaksasi bagian leher. Kemudian secara berurutan lakukan peregangan pada setiap sendi jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku, dan bahu. Lakukan pula hal yang sama pada tubuh bagian bawah yaitu sendi jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pinggul. Lakukan peregangan dan gerakan sendi sebanyak yang Anda inginkan secara perlahan dan lembut. Saat sendi Anda sudah terasa lebih tidak kaku dan tidak sakit, Anda dapat bangun dari tempat tidur Anda.

3. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat merupakan salah satu metode terbaik untuk meredakan kekakuan sendi. Suhu panas menyebabkan darah mengalir ke permukaan kulit dan menghangatkan daerah sendi. Jika Anda dapat berendam, cobalah rendam diri Anda selama 10-20 menit. Selama berendam, gerakkan sendi-sendi Anda dan pijat secara ringan dengan kain atau waslap. Jika Anda mandi dengan menggunakan pancuran atau shower yang dapat dipegang, arahkan pancuran air ke bagian sendi yang terasa kaku dan nyeri. Nikmati waktu mandi Anda untuk meredakan rasa nyeri pada sendi Anda.

BACA JUGA: Tidur Lebih Nyenyak Dengan Mandi di Malam Hari, Benarkah?

4. Mulai hari Anda dengan sarapan berkualitas

Mengonsumsi sarapan yang ringan namun bernutrisi dapat membantu meringankan sendi kaku di pagi hari. Anda dapat mengonsumsi sebutir telur atau yogurt dengan roti gandum panggang, atau semangkuk sereal gandum dengan susu. Pilihan sarapan ini dapat memberikan kalori yang cukup untuk memulai hari. Rheumatoid arthritis (RA) merupakan penyakit autoimun yang berarti tubuh Anda menyerang sendi Anda sendiri. Untuk itu, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk memperbaiki kerusakan ini.

5. Gunakan rasa panas

Memakai salep yang panas dapat membantu meringankan kekakuan dan nyeri sendi. Pijat secara lembut di area sendi yang terasa nyeri sehingga suhu panasnya meresap ke dalam dan dapat bertahan selama beberapa jam. Sebagai alternatif lain, Anda dapat mengisi kantong kain dengan beras atau kacang-kacangan, dan memanaskannya selama satu menit di microwave. Benda ini dapat berfungsi sebagai kompres hangat yang dapat dibawa ke mana-mana.

6. Berolahraga setiap hari

Rheumatoid Arthritis (RA) dapat membuat latihan terasa berat. Ketika sedang kambuh, sendi Anda dapat terasa sangat nyeri hingga tidak dapat digerakkan. Kunci utama untuk berolahraga bagi penderita rematik adalah dengan tidak melakukannya secara berlebihan. Hindari memberi beban pada sendi yang nyeri, dan coba gerakkan sendi lain yang dapat digerakkan.

BACA JUGA: 7 Tips Mengatasi Rasa Tidak Suka Berolahraga

Berjalan selama 15-20 menit sehari dapat memperkuat otot yang menyokong sendi Anda. Melakukan peregangan dan gerakan ringan dapat mencegah sendi Anda dari kekakuan dan kelemahan. Menjaga tubuh Anda tetap fit dan kuat juga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan hingga kekakuan pagi hari Anda mereda.

7. Hindari stress

Pagi hari mungkin akan menjadi waktu yang paling berat bagi penderita remaik. Jangan ragu untuk meminta pertolongan dari orang-orang di sekitar Anda. Anda juga dapat mengelola pikiran Anda untuk menghindari stress dengan cara meditasi. Rematik memang menyakitkan, namun Anda selalu punya cara untuk menghadapinya.

Share now :

Direview tanggal: Desember 6, 2016 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca