8 Tips Mudah Mengatasi Kepala Pusing Saat Pilek

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Saat sedang terserang flu atau pilek, tidak jarang gejala-gejala seperti sakit kepala atau pusing muncul. Hal ini tentu buat Anda tidak nyaman beraktivitas, ditambah lagi hidung sulit bernapas dengan normal karena tersumbat. Lalu, bagaimana cara mengatasi pusing saat pilek menyerang? Simak penjelasannya di bawah.

Mengapa kepala terasa pusing saat pilek?

Pusing yang disebabkan pilek umumnya terjadi akibat adanya penyumbatan di dalam saluran sinus pada hidung.

Sinus adalah ruang kosong yang terletak di dahi, tulang pipi, dan bagian belakang batang hidung Anda. Pada kondisi normal, sinus memproduksi lendir dalam jumlah yang sedikit.

Namun, apabila sinus meradang, hal tersebut dapat mengakibatkan saluran sinus tersumbat. Lendir akan menumpuk di dalam sinus dan menyebabkan pembengkakan di dalam hidung.

Rasa sakit akibat bengkak dan hidung tersumbat ini akan terasa di kepala, yang terkadang juga merambat ke tulang pipi dan batang hidung.

Penyebab peradangan sinus di antaranya adalah infeksi virus influenza, reaksi alergi, atau kemungkinan adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti polip hidung dan sinusitis kronis.

Pusing saat pilek biasanya disertai pula dengan gejala lainnya, seperti demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, mual, dan kehilangan nafsu makan.

Tips mengatasi pusing saat pilek

Untungnya, pusing yang muncul saat pilek dapat diatasi dengan berbagai cara yang mudah, bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa tips mengatasi pusing saat pilek:

1. Kompres dengan air hangat dan dingin secara bergantian

Untuk mengurang rasa sakit di kepala dan area sinus, Anda dapat mengompresnya dengan handuk yang dibasahi air. Air yang digunakan adalah air hangat dan dingin.

Caranya cukup mudah. Basahi handuk dengan air hangat terlebih dahulu, lalu letakkan di dahi Anda selama 3 menit. Kemudian, ganti kompres dengan air dingin dan letakkan di dahi selama 30 detik. Ulangi lagi dari langkah pertama sebanyak 2 kali, dan lakukan pengompresan sebanyak 4 kali sehari.

2. Semprotkan nasal spray

Hidung yang tersumbat dapat diatasi dengan menyemprotkan larutan garam. Cara membuat larutan garam ini pun cukup mudah.

Pertama, rebus 1 gelas air hingga matang. Setelah matang dan dibiarkan dalam suhu ruangan, campurkan ½ sendok teh garam dan sedikit baking soda ke dalam air. Pastikan Anda memilih garam yang tidak mengandung iodium.

Tuangkan larutan tersebut ke botol spray atau injeksi khusus pembersih sinus yang dapat Anda beli di apotik terdekat.

3. Menggunakan humidifier

Apabila Anda berada di ruangan yang dingin dan kering seperti ruangan ber-AC, lendir di dalam hidung akan sulit terurai. Maka dari itu, Anda bisa mencoba menambah kelembaban udara dengan memasang humidifier.

Dengan adanya humidifier, udara menjadi lebih lembab dan lendir dalam hidung lebih mudah dikeluarkan. Pusing pun akan berkurang setelah rongga hidung Anda terasa lebih lega.

4. Mandi air hangat

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pusing saat pilek adalah mandi dengan air hangat. Uap hangat yang keluar saat mandi dapat membantu mengencerkan lendir yang menumpuk dan melegakan hidung.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga membantu tubuh terasa lebih rileks dan nyaman, sehingga rasa sakit di kepala berpotensi hilang.

5. Minum air rebusan jahe

Jahe mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk zat antioksidan dan antiinfamasi. Anda dapat meminum air rebusan jahe untuk mengatasi pusing saat pilek.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe berpotensi membantu mengurangi rasa sakit di kepala, serta membantu mengatasi gejala-gejala seperti mual dan muntah.

6. Menggunakan essential oil

Penggunaan essential oil juga diyakini mampu mengatasi pusing saat pilek. Kandungan yang terdapat di dalam essential oil berpotensi mengurangi gejala-gejala peradangan, membunuh bakteri, dan mengurangi rasa sakit.

Beberapa jenis essential oil yang bisa Anda pilih adalah peppermint dan daun eukaliptus. Anda dapat mencampurkan minyak tersebut dengan air hangat untuk mandi atau ke dalam humidifier. 

Sebelum menggunakan essential oil ini, ada baiknya Anda melakukan tes reaksi alergi di kulit terlebih dahulu. Lihat reaksinya selama 24 jam, jika tidak ada reaksi apapun berarti essential oil ini aman bagi Anda.

7. Istirahat yang cukup

Jangan paksakan beraktivitas berat saat Anda sedang pilek, terlebih lagi jika sakit kepala menyerang. Gunakan waktu istirahat Anda semaksimal mungkin, supaya tubuh Anda lebih cepat pulih.

Pastikan Anda juga mendapatkan tidur yang cukup. Tidurlah selama 7 hingga 9 jam setiap malam saat Anda sakit.

8. Minum air putih yang banyak

Cara mengatasi pusing saat pilek yang paling penting adalah banyak minum air putih. Tubuh yang terhidrasi dapat membantu lendir di dalam hidung mengalir lebih mudah, sehingga tekanan pada sinus berkurang dan pusing pun hilang.

Baca Juga:

Sumber