3 Perawatan di Rumah yang Bisa Dicoba untuk Mengatasi Kelopak Mata Kering

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17/08/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kurangnya kelembapan, bisa menyebabkan mata kering. Tidak hanya mata, kulit sekitar kelopak mata juga bisa ikut mengering. Kondisi ini tentu membuat tampilan kulit jadi pecah-pecah, mengelupas, kasar ketika disentuh, dan gatal. Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi kelopak mata kering dengan beberapa perawatan di rumah berikut ini.

Perawatan rumahan untuk mengatasi kelopak mata kering

Kulit di sekitar kelopak mata lebih tipis dibandingkan dengan kulit bagian tubuh lainnya. Kulit ini juga sedikit mengandung lemak, namun memiliki banyak pembuluh darah. Kondisi kulit yang tipis inilah yang membuat kulit kelopak mata sangat rentan dengan berbagai masalah, salah satunya kering.

Bila kulit kelopak mata kering, rasa gatal akan muncul. Semakin sering menyentuh atau menggosok menggosok kulit sekitar mata yang gatal akan membuat Anda semakin berisiko terkena konjungtivitis, seperti dilansir dari CDC. Konjungtivitis adalah infeksi yang membuat mata merah.

Selain itu, rasa gatal tersebut tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Untungnya, kondisi ini dapat diatasi hanya dengan perawatan rumahan. Berikut beberapa cara mengatasi kelopak mata kering yang bisa Anda ikuti di rumah.

1. Kompres dengan air dingin

kompres es dingin
Sumber: Health Ambition

Kulit kelopak yang kering dan disertai rasa gatal bisa Anda redakan dengan kompres air dingin. Pertama-tama, siapkanlah handuk kecil lembut dan bongkahan es batu. Kemudian, bungkus beberapa bongkahan kecil es batu dengan handuk dan tempelkan pada mata Anda.

Sensasi dingin dari es batu bisa membantu mengatasi rasa gatal dan peradangan yang terjadi pada kulit kelopak mata yang kering. Anda bisa memakainya selama 10 hingga 20 menit.

Jangan tempelkan lebih lama dari waktu tersebut karena bisa mengiritasi kulit. Jangan lupa bersihkan dulu tangan Anda sebelum mengompres mata untuk mencegah infeksi lainnya.

2. Pakai pembersih wajah yang aman

mencuci muka saat berjerawat

Kulit kelopak yang kering bisa terjadi akibat salah memilih pembersih wajah. Untuk mengatasi kulit kelopak mata yang kering, Anda perlu mengganti pembersih wajah yang lebih aman.

Hindari pembersih yang mengandung bahan yang rentan mengiritasi, seperti pewangi atau alkohol yang bisa mengeringkan kulit. Jadi, selalu baca komposisi bahan yang ada di kemasan saat membeli produk.

Saat menggunakan produk tersebut, pastikan Anda memijatnya ke kulit bukan menggosoknya dengan kasar. Gunakan air hangat suam-suam kuku, bukan air panas untuk membasuh wajah.

3. Pakai pelembap

pelembap untuk kulit kering

Kondisi kulit yang kering harus dijaga kelembapannya dengan pelembap. Nah, ini juga menjadi cara untuk mengatasi kulit di sekitar kelopak mata yang kering. Anda bisa menggunakan petroleum jelly atau pelembap yang memang diformulasikan untuk kulit sekitar kelopak mata yang tipis.

Jika tidak juga membaik, lakukan hal ini

Sebagian besar kasus kulit kering pada kelopak mata bisa diatasi dengan mudah lewat perawatan rumahan yang sudah disebutkan di atas. Biasanya, kondisi tersebut mudah diatasi karena disebabkan oleh kelembapan udara yang buruk atau paparan air panas.

Bila tidak juga membaik, cara terbaik untuk mengatasi kelopak mata yang kering adalah memeriksakannya ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya, seperti eksim, psoriasis, atau blefaritis (peradangan kulit kelopak mata akibat bakteri).

Jika masalah pada kelopak mata ini disebabkan oleh eksim atau psoriasis, krim yang digunakan untuk melembapkan kulit biasanya mengandung hidrokortison. Selain itu, Anda juga perlu minum obat-obatan lain untuk mengatasi gejala selain kelopak mata kering yang mengganggu.

Bika dokter mencurigai kulit kelopak mata yang kering terjadi akibat alergi kosmetik, penggunaan kosmetik harus dihentikan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Menghilangkan Benjolan di Kelopak Mata (Kalazion)

Kalazion adalah kondisi timbulnya benjolan pada kelopak mata. Perlu cara khusus untuk menghilangkan benjolan di kelopak mata atau kalazion ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Dampak Polusi Udara pada Kesehatan Mata dan Cara Mencegahnya

Polusi udara tak hanya berbahaya untuk kesehatan pernapasan Anda, tapi juga kesehatan mata. Berikut berbagai cara untuk mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Hidup Sehat, Tips Sehat 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi yang Jarang Diketahui

Jika kulit Anda tampak kusam dan tidak sehat, kondisi ini mungkin menandakan kulit dehidrasi. Ini perbedaan antara kulit kering dan kulit dehidrasi.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 10/02/2020 . Waktu baca 3 menit

Bagaimana Mengatasi Mata Perih yang Terkena Pemutih Baju?

Saat mencuci, mata kena pemutih pakaian tentu terasa perih. Kondisi tersebut bahaya atau tidak, ya? Bagaimana cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hidup Sehat, Tips Sehat 26/01/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mata plus pada anak

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit
memilih kosmetik untuk kulit sensitif

Tips Memilih Kosmetik yang Aman bagi Kulit Sensitif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 04/06/2020 . Waktu baca 5 menit
gatal karena kulit kering

Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
perbedaan hydrating dan moisturizing

Apa Bedanya Skincare yang Hydrating dan Moisturizing untuk Kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 08/05/2020 . Waktu baca 4 menit