5 Cara Mengatasi Kelopak Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 10/01/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pembengkakan pada kelopak mata dapat disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari penyebab sederhana seperti terlalu lama menangis hingga masalah kesehatan berupa iritasi, infeksi, dan reaksi alergi. Agar tak salah tanggap, cara mengatasi kelopak mata yang bengkak perlu disesuaikan dengan penyebabnya.

Berbagai cara menangani kelopak mata yang bengkak

Berdasarkan penyebabnya, kelopak mata yang bengkak dapat diatasi dengan kompres, obat tetes mata, atau penggunaan antibiotik. Pada kasus yang langka seperti penyakit Graves, pembengkakan mungkin perlu diatasi dengan kombinasi obat dan operasi.

Di antara banyaknya cara mengatasi kelopak mata bengkak, berikut adalah beberapa yang paling umum:

1. Kompres hangat

Sumber: Health Beauty Idea

Kompres hangat dapat meredakan bengkak akibat sejumlah kondisi. Di antaranya penyumbatan kelenjar minyak dan saluran air mata, bintitan, radang kelopak mata (blefaritis), serta radang selaput mata akibat infeksi bakteri atau virus (konjungtivitis).

Suhu hangat dari kompres akan melancarkan aliran darah serta mengurangi sumbatan di area sekitar kelopak mata. Untuk memperoleh manfaat ini, rendam kain bersih dalam air hangat. Kemudian, tempelkan kain pada kelopak mata selama beberapa menit.

2. Kompres dingin

Kelopak mata juga bisa membengkak akibat terlalu banyak menangis dan kurang tidur. Hal ini terjadi karena darah dan cairan menumpuk pada kelopak mata. Kompres dingin adalah cara efektif untuk mengatasi kelopak mata bengkak akibat kondisi ini.

Namun, manfaatnya tak berhenti sampai di situ. Kompres dingin juga mengurangi gatal sehingga bisa digunakan untuk mengatasi bengkak akibat reaksi alergi. Cukup rendam lap bersih dalam air dingin, lalu tempelkan pada kelopak mata selama beberapa menit.

3. Penggunaan antibiotik

salep jerawat

Jika bengkak tidak juga mereda, kelopak mata Anda mungkin terserang infeksi. Infeksi kelopak mata dapat muncul dalam beragam rupa, mulai dari selulitis, konjungtivitis, bintitan, blefaritis, atau akibat penyumbatan saluran air mata yang bertambah parah.

Dokter biasanya meresepkan antibiotik guna mengatasi kelopak mata bengkak akibat infeksi. Berdasarkan penyebab dan keparahannya, antibiotik bisa diberikan dalam bentuk salep, tetes mata, krim, obat minum, atau melalui infus pada kasus selulitis yang parah. Ingat, jangan menggunakan antibiotik tanpa resep dokter

4. Menghindari pemicu alergi

Bengkak pada kelopak mata terkadang disebabkan oleh kontak dengan kotoran, debu, produk perawatan kulit, kosmetik, ataupun beragam pemicu alergi lainnya. Alergi pada mata umumnya tidak berbahaya, tapi gejalanya sangat mengganggu.

Cara terbaik untuk mencegah alergi adalah dengan menghindari pemicunya. Bila gejala sangat mengganggu, Anda pun bisa meminum obat alergi berupa antihistamin. Namun, jika obat tidak juga mengurangi reaksi alergi, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

5. Operasi (pada penyakit Graves)

Penyakit Graves adalah penyakit autoimun yang membuat kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Penyakit ini juga membuat sistem kekebalan tubuh keliru menyerang jaringan tubuh yang sehat, termasuk pada kelopak mata.

Melansir American Thyroid Association, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelopak mata bengkak akibat penyakit Graves, di antaranya:

  • Menggunakan kompres dingin.
  • Memakai kacamata hitam karena mata lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Menggunakan obat tetes mata untuk melembapkan mata.
  • Menggunakan krim steroid (sesuai resep dokter).
  • Operasi perbaikan bentuk kelopak mata.
  • Operasi perbaikan otot-otot mata.
  • Operasi kelenjar tiroid.

Mengenali penyebab bengkak pada kelopak mata akan membantu Anda untuk mengatasi kondisi ini dengan benar. Pembengkakan bahkan dapat berkurang dengan cepat apabila Anda menggunakan cara yang tepat.

Namun, jika bengkak pada kelopak mata tidak berkurang, mengganggu penglihatan, atau bertambah parah, segera periksakan diri Anda ke dokter. Pembengkakan mungkin menandakan masalah kesehatan yang lebih serius dan perlu ditangani dengan segera.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Sindrom Angioedema, Pembengkakan Pada Kaki Hingga Organ Intim

Pembengkakan pada mata, bibir, tangan, kaki, hingga alat kelamin dapat terjadi akibat sindrom angioedema. Yuk, kenali lebih dalam kondisi ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Fakta Unik 11/08/2019 . Waktu baca 4 menit

Mata Merah dan Sensitif Akibat Keratitis? Ini 3 Kunci Penting Mengobatinya

Keratitis bisa menyebabkan mata merah, terasa pedih, dan sensitif terhadap cahaya. Temukan berbagai cara mengobati infeksi mata akibat keratitis disini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 20/03/2019 . Waktu baca 4 menit

7 Mitos Mata Merah Akibat Konjungtivitis yang Perlu Diluruskan

Ada banyak sekali mitos keliru yang beredar di masyarakat mengenai mata merah. Yuk cari tau fakta sebenarnya agar tak salah kaprah.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 14/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Takut Alami Infeksi Mata Karena Pakai Softlens? Yuk, Hindari Dengan 4 Cara Ini

Infeksi mata adalah efek pakai softlens yang kerap terjadi. Jangan cemas, begini cara pakai softlens yang benar supaya bebas infeksi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 25/02/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
cara mengobati kalazion benjolan di mata

6 Cara Menghilangkan Benjolan di Kelopak Mata (Kalazion)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab konjungtivitis

Macam-macam Penyebab Konjungtivitis atau Peradangan Mata

Ditulis oleh: dr. Laura Agnestasia Dj.
Dipublikasikan tanggal: 10/03/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata kering

Kelopak Mata Anda Kering? 4 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15/08/2019 . Waktu baca 3 menit